Gempa 7,1 Magnitudo di Selandia Baru, Peringatan Tsunami Telah Dicabut

Peringatan adanya potensi tsunami sempat dikeluarkan namun kini telah dicabut. Pencabutan dilakukan pada pukul 08.33 waktu setempat.

Solid Gold Berjangka

Gempa tidak hanya kali ini mengguncang Selandia Baru. Pada 2011, kota Christchurch di South Island mengalami kerusakan berat akibat gempa bumi 6,3 magnitudo yang menewaskan 185 orang.

Sebelumnya, otoritas setempat telah meminta penduduk di kawasan Teluk Tologa untuk mengungsi ke tempat-tempat lebih tinggi sebagai antisipasi kemungkinan tsunami.

Gempa dahsyat berkekuatan 7,1 magnitudo mengguncang North Island, Selandia Baru, dengan pusat gempa berada di laut, pada Jumat (2/9/2016) dini hari, sekitar pukul 04.38 waktu setempat.

Sejumlah warga menuturkan mereka merasakan guncangan kuat, namun sejauh ini belum ada laporan adanya kerusakan besar.

Survei Geologi Amerika Serikat menyebutkan gempa terjadi pada Jumat dini hari (02/09). Pusat gempa berada sekitar 170 km dari arah barat laut kota Gisborne. Seperti dilaporkan BBC, guncangan berlangsung selama sekitar satu menit.

Setiap tahun lebih dari 15.000 gempa tercatat di Selandia Baru, tetapi hanya sekitar 150 gempa yang dapat dirasakan karena sebagian besar skala kekuatannya kecil.

“Berdasarkan data yang tersedia, puncak aktivitas tsunami telah terlewati. Namun demikian, wilayah pantai masih belum normal, arus laut dan fluktuasi permukaan air masih berlangsung dalam beberapa jam ke depan,” begitu pengumuman dari kementerian setempat.

Kementerian Pertahanan Sipil dan Manajemen Kedaruratan telah membatalkan peringatan ancaman tsunami di pantai Nort Coast di North Island.

“Tetap jauhi air laut. Jika kamu merasakan ada goncangan (gempa susulan) yang telalu kuat, atau lebih dari 1 menit berlangsung, segera lari ke daerah yagn lebih tinggi,” lanjut pengumuman tadi.

Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in Solid Gold Berjangka and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s