Korut Uji Coba Nuklir, Obama Telepon Presiden Korsel dan Pastikan Perlindungan

Solid Gold

Kantor kepresidenan Korse | PT. Solid Gold Berjangka Pusat

Kantor kepresidenan Korsel, Blue House menyatakan seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (9/9/2016), dalam percakapan telepon selama sekitar 15 menit tersebut, Obama mengatakan akan mengambil tindakan sesuai traktat pertahanan bersama dengan Korsel. Termasuk memberikan perlindungan nuklir untuk melindungi Korsel dari setiap ancaman Korut.

Sebelumnya, kepada para wartawan, Obama memastikan bahwa AS akan melindungi negara-negara sekutu dari setiap ancaman Korut.

Untuk kelima kalinya, Korea Utara (Korut) kembali melakukan uji coba nuklir sebagai pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB. Presiden Amerika Serikat Barack Obama langsung menelepon sekutunya, Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye usai uji coba nuklir tersebut.

“Kami akan memastikan bahwa kami akan melakukan langkah-langkah defensif sehingga Amerika terlindungi, sekutu-sekutu kami terlindungi,” ujar Obama kepada para wartawan di Laos.

Uji coba nuklir terbaru yang digelar Korut pada Jumat (9/9) ini ditaksir berdaya ledak 20-30 kiloton. Pengamat memperkirakan uji coba nuklir kelima itu memiliki kekuatan terbesar dibandingkan uji coba sebelumnya yang pernah dilakukan Korut.

Disebutkan Blue House, kedua pemimpin sepakat menggunakan semua cara-cara yang ada untuk menekan Korut agar menghentikan program nuklirnya. Ini termasuk, mengeluarkan resolusi baru Dewan Keamanan PBB.

“Kami akan terus memberikan tekanan-tekanan paling keras terhadap Korut sebagai konsekuensi atas tindakannya ini,” tegasnya.

Sejauh ini, Korut tercatat telah menggelar lima kali uji coba nuklir yang selalu memicu kecaman internasional. Terakhir kali, Korut menggelar uji coba nuklir pada Januari 2016 lalu dan daya ledak saat itu diperkirakan hanya mencapai 6 kiloton saja.

Uji coba nuklir terbaru Korut itu memicu getaran yang terdeteksi oleh badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) sebagai gempa 5,3 SR. Pusat gempa dilaporkan berada di sekitar Punggye-ri, yang diketahui merupakan lokasi uji coba nuklir Korut.

Uji Coba, Korut Ledakkan 10 Kiloton Nuklir | PT. Solid Gold Berjangka

Media Kyodo News mewartakan, Pemerintah Jepang telah mengajukan protes resmi atas tindakan Korut ini. Nota protes dikirim ke Pyongyang melalui jaringan diplomatis China. Otoritas keamanan Amerika Serikat (AS) juga mengatakan terus menghubungi sekutunya di Semenanjung Korea untuk memastikan Korut memang mengadakan uji coba nuklir. Dewan Keamanan Nasional AS juga menyatakan terus memonitor situasi di sana.

Solid Gold

“Berdasarkan hasil analisis, kami berkesimpulan bahwa Korut telah mengadakan uji coba nuklir,” ujar pejabat Kemhan Korsel, sebagaimana dikutip dari Yonhap, Jumat (9/9/2016).

Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) membenarkan kabar bahwa Korea Utara (Korut) diduga kembali melakukan uji coba nuklir. Uji coba yang diadakan di Fasilitas Nuklir Korut Pyunggye-ri di Kilju itu menimbulkan guncangan yang serupa dengan gempa.

Pejabat itu menambahkan, kekuatan dari ledakan nuklir Korut tersebut diduga sebesar 10 kiloton. Dilaporkan, Presiden Korea Selatan Park Geun-hye juga akan mengadakan rapat darurat di Gedung Biru (Istana Kepresidenan Korsel) terkait laporan uji coba nuklir Korut.

Solid Gold

Advertisements
This entry was posted in Solid Gold and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s