Cara Mencari Pertolongan Kesehatan di Mina

Solid Gold

Di sepanjang jalur melontar, ada beberapa jemaah Indonesia yang sakit. Beberapa bahkan ada yang cukup parah sehingga perlu mendapat perawatan intensif. Kondisi fisik yang lelah setelah wukuf di Arafah dan mabit di Muzdalifah, ditambah perjalanan jauh membuat beberapa jemaah ‘tumbang’.

Cara mencari pertolongan kesehatan | PT. Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

Ada beberapa jemaah Indonesia yang sakit saat menjalani prosesi lontar jumrah. Bila ada kerabat atau jemaah Anda yang sakit di Mina, begini cara mencari pertolongan kesehatan:

Bagaimana cara mencari pertolongan kesehatan di Mina? Berikut beberapa informasinya:

Petugas Satgas Mina dan Tim Gerak Cepat

Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono pernah menyebut akan ada tim gerak cepat kesehatan di Armina. Jumlah anggotanya mencapai 46 orang, terdiri dari 40 tenaga kesehatan dan 6 orang dari tenaga musiman.

“Tim gerak cepat dilengkapi dengan peralatan untuk pertolongan pertama pada jamaah dan tentunya kita telah kerjasama dengan pemerintah Arab Saudi untuk siapakan mekanisme evakuasi yang ada,” kata Anung.

Belum ada informasi di titik mana saja tim ini bekerja. Cara mudah untuk mencarinya adalah melihatnya dari seragam bertuliskan ‘Petugas Kesehatan Haji Indonesia’.

Ada juga beberapa petugas PPHI Arab Saudi Satgas Mina yang bersiaga di sejumlah sudut Mina. Mereka bisa membantu mengkoordinasikan dengan tenaga kesehatan bila ada kebutuhan bantuan.

Petugas kesehatan kloter

Petugas kesehatan kloter adalah tenaga kesehatan terdekat dengan jemaah. Sejak keberangkatan di embarkasi sampai kepulangan, mereka akan terus menempel. Laporkan gangguan kesehatan Anda pada petugas kesehatan kloter.

Idealnya, para petugas itu akan selalu mendampingi sampai selesai Mina. Mereka juga ada yang membawa peralatan kesehatan dan kursi roda.

Namun sayangnya, jumlah petugas kesehatan kloter ini sangat sedikit, bila dibandingkan dengan jumlah jemaah di kloter.

Petugas Kesehatan Saudi

Petugas kesehatan Saudi tidak stanby di semua titik. Namun sejumlah klinik ada di Mina dan ambulans sebagian bersiaga. Salah satu klinik terdekat di Jamarat ada di dekat jalan King Malik Fahd. Tepatnya di samping perkemahan Amerika Serikat.

Cara lain untuk meminta bantuan para petugas kesehatan Saudi adalah mengontak nomor emergency 997. Namun operator telepon ini hanya bisa berbahasa Arab.

Petugas Kesehatan KKHI Mina

Bila Anda berada dekat dengan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mina langsung saja bawa pasien ke sana. Ada banyak petugas kesehatan yang standby di sana dengan pelayanan layaknya sebuah klinik rumah sakit.

Posisi KKHI berada dekat dengan pemondokan maktab-maktab Indonesia. Dari arah Jamarat, Anda harus berjalan menuju terowongan Moaisem. Selepas terowongan, KKHI ada di sebelah kanan jalan.

Melontar Jumrah Aqabah, Jemaah Banyak Terpisah dari Rombongan | PT. Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

Melontar jumrah merupakan salah satu wajib haji. Jemaah yang tidak melontar wajib membayar dam (denda) berupa seekor kambing. Kalau tidak mampu, boleh membayar fidyah atau berpuasa 10 hari, yaitu 3 hari di masa haji di Tanah Suci dan sisanya di Tanah Air.

PT. Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

Sepanjang Senin ini, jemaah haji melontar jumrah Aqabah di Mina, Mekah, Arab Saudi. Mereka mulai bergerak dari Muzdalifah setelah sebelumnya bermalam di Arafah.

Kondisi ruang jamarat yang dipenuhi lautan manusia membuat tak sedikit jemaah haji Indonesia terpisah dari rombongan. Seperti yang dialami Nurdin Jalal. Jemaah asal Palembang, Sumatera Selatan, bersama sang istri Nurhayati, kebingungan mencari teman-temannya. Keduanya ditemukan oleh jemaah haji dari Malaysia.

“Tertinggal, rombongan jalan duluan enggak tengok lagi ke belakang,” cerita Nurhayati kepada Liputan6.com, Senin (12/9/2016).

Sepanjang jalan menuju maupun keluar jamarat, para jemaah melantunkan talbiyah. Ada juga mereka yang secara serentak mengucapkan takbir di hari Idul Adha ini.

Dia menuturkan, suaminya mengalami nyeri pada kaki, sehingga berjalan agak pelan dan tak bisa mengimbangi gerak rombongannya. “Sudah berobat kemarin. Darahnya tinggi, 160,” ujar dia.

Tak hanya Indonesia, jemaah seluruh dunia tak henti-hentinya datang silih berganti di ruang jamarat di Mina. Mereka ada yang membawa bendera negaranya, maupun nama rombongan dari jemaah itu sendiri.

Solid Gold

 

This entry was posted in Solid Gold and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s