Cerita Dubes Inggris Peluk Islam dan Tunaikan Haji

Collis bersama istri sedang mengenakan ihram | PT. Solid Gold Berjangka Cabang Makasar

Informasi pertama memang datang dari penulis Arab Saudi, Fawzah Al Bakr, yang mengunggah foto Collis bersama istri sedang mengenakan ihram, Selasa (13/9) lalu. Meskipun Collin menolak permintaan media untuk wawancara pada Rabu (14/9), konfirmasi kalau ia telah memeluk Islam sempat terlontar.

PT. Solid Gold Berjangka Cabang Makasar

Tergabung di Foreign and Commonwealth Office (FCO) Inggris sejak 1978, Collis memang memiliki kemampuan berbahasa Arab dengan fasih. Sejak 1981, ternyata ia sudah malang melintang dan bertugas di negara-negara Islam seperti Bahrain, Irak, Suriah, Qatar, Dubai, Basra, dan India.

Sekitar 19 ribu jamaah Inggris yang melaksanakan haji tahun ini. Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi, Simon Paulus Collis, merupakan satu dari puluhan ribu jamaah tersebut.

“Saya telah memeluk Islam setelah berada di masyarakat Muslim selama 30 tahun, dan tepat sebelum menikah dengan Huda (istri),” kata Collis seperti dilansir Arab News, Kamis (15/9).

Kabar seorang Duta Besar Inggris memeluk Islam memang menjadi angin segar, terutama saat banyak publisitas negatif terhadap Islam dan Muslim. Fakta kalau Collis memeluk Islam dan menjalankan ibadah haji, sekaligus membenarkan daya tarik Islam yang begitu besar secara universal.

Meski begitu, ia baru menjabat sebagai Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi pada Januari tahun lalu, menggantikan Sir John Perkins yang pensiun. Sementara, foto-foto Collis menjalankan ibadah haji itu sendiri langsung tersebar di sejumlah media sosial seperti Twitter, Facebook, Whatsapp, dan Instagram.

Allahu Akbar, Dubes Inggris Masuk Islam dan Berhaji | PT. Solid Gold Berjangka Cabang Makasar

Foto tersebut diunggah di media sosial oleh aktivis hak perempuan Saudi, Fawziah Al Bakr. Unggahan tersebut dibubuhi tulisan, ” Duta Besar Inggris pertama di Saudi yang menjalankan ibadah haji setelah memeluk Islam.”

Ada yang beda dari penampilan Duta Besar Inggris untuk Kerajaan Arab Saudi, Simon Collis. Pria 60 tahun itu berfoto bersama sang istri, Huda Mujarkech, di depan Konsulat Inggris di Mekah. Apa istimewanya?

” Simon Collis dengan istrinya, Nyonya Huda di Mekah. Terima kasih pada Tuhan,” tulis Fawziah.

Biasanya, pasangan ini, seperti kebanyakan pejabat kedutaan negara lain, berfoto mengenakan pakaian resmi. Tapi, dalam foto yang diambil pada musim haji tahun ini, Collis dan Mujarkech mengenakan pakaian ihram.

Proses Mualaf

Kantor Urusan Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris membenarkan Collis telah memeluk Islam. Tetapi, mereka enggan berkomentar dan menyebut agama Collis merupakan urusan pribadi.

Collis membenarkan dia telah memeluk Islam setelah 30 tahun tinggal di lingkungan masyarakat Islam. Karena telah berhaji, dia dapat menggunakan gelar Duta Besar Haji Collis.

Diyakini Collis memeluk Islam sebelum pernikahannya pada 2011. Menjadi seorang Muslim merupakan persyaratan sebelum menikah dengan seorang Muslimah.

Perjalanan Karier

Collis kemudian ditunjuk sebagai Duta Besar Inggris di Doha, Qatar dari 2005 hingga 2007, Damaskus, Suriah dari 2007 hingga 2012, serta di Baghdad, Irak sejak 2012 hingga 2014. Dia menjabat sebagai Duta Besar di Saudi sejak Januari 2015.

Berdasarkan biografi dinasnya, Collis bergabung dengan Kantor Urusan Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris pada 1978 setelah menyelesaikan kajian tentang dunia Arab. Dia ditunjuk sebagai pejabat yang melayani kawasan Timur Tengah dan Asia Selatan.

Di Dubai, dia dipercaya memegang jabatan sebagai Konsul Jenderal Inggris dari 2000 hingga 2004. Jabatan yang sama dia jalankan pada 2004 hingga 2005 di Basra.

Collis pertama kali berdinas sebagai sekretaris ke dua di Bahrain, dari 1981 hingga 1984. Dia juga menjadi Deputy Headof Mission di Tunisia dari 1988 hingga 1990, dan jabatan yang sama di Amman dari 1996 hingga 1999.

PT. Solid Gold Berjangka Cabang Makasar

Advertisements
This entry was posted in PT. Solid Gold Berjangka Cabang Makasar and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s