Jokowi Ingatkan Menteri Tak Langsung Ajukan Tambahan Anggaran ke DPR

PT. Solid Gold Berjangka

Rapat terbatas Kabinet Kerja | PT. Solid Gold Berjangka

Menurut Jokowi, selama ini masih ada sejumlah kementerian dan lembaga yang mengajukan penambahan anggaran langsung ke DPR.

Presiden Joko Widodo mewanti-wanti para menteri di Kabinet Kerja untuk tidak langsung mengajukan tambahan anggaran ke mitra komisi di DPR RI.

“Harus melalui koordinasi dengan kami, dengan mekanisme pemerintah. Kalau tidak anggaran kita buyar lagi,” ucapnya.

“Sekali lagi saya ingatkan hanya sampai program tidak sampai satuan tiga. Kalau tidak diingatkan nanti ada yang masih dibicarakan disana sampai satuan tiga. Tidak ada,” ucap Jokowi.

Padahal, seharusnya penambahan anggaran dikoordinasikan dulu dengan internal pemerintahan.

“Tidak ada lagi yang seperti ini, sendiri-sendiri masuk ke komisi-komisi di DPR,” kata Jokowi, saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (16/9/2016).

Rapat terbatas Kabinet Kerja juga membahas mengenai perkembangan APBN-P Tahun 2016 dan RAPBN Tahun 2017.

Jokowi juga mengingatkan agar pembahasan anggaran antara kementerian dan lembaga dengan DPR hanya sampai program secara umum.

Presiden Jokowi Minta Menteri Kabinet Kerja Kawal RAPBN 2017 | PT. Solid Gold Berjangka

Jokowi menginstruksikan seluruh kementerian dan lembaga untuk fokus menyelesaikan pembahasan RAPBN 2017 bersama komisi dan badan anggaran (banggar) masing-masing.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para menteri kabinet kerja untuk fokus menyelesaikan pembahasan RAPBN 2017 sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Sampai saat ini, deregulasi masih dikawal oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, dan hasilnya sudah banyak perizinan-perizinan yang dipotong. “Nanti akan saya tunjukkan masih banyak dipotong di sini muncul, di aturan-aturan yang lainnya, nggak ada artinya kalau kita terus-terusan seperti ini. Saya tunjukan nanti pada suatu saat, pada rapat yang lebih khusus,” tukasnya.

Jika tidak diambil, maka penugasan akan diberikan kepada BUMN atau BUMD. “Saya kira step-step seperti ini terus akan kita lakukan,” tambahnya. Menurut Jokowi, untuk mengawal keberhasilan RAPBN 2017 harus mendukung iklim investasi berupa deregulasi yang menjamin kepastian usaha, perizinan dan juga insentif.

“Kalau tidak anggaran kita buyar lagi, dan juga pembahasan anggaran di kementerian dan lembaga, di komisi dilakukan hanya sampai program, sekali lagi saya ingatkan hanya sampai program, tidak sampai pada satuan tiga. kalau nggak diingatkan nanti ada yang masih dibicarakan di sana, satuan tiga tidak ada,” tambahnya. Tidak hanya itu, sambung Jokowi, RAPBN 2017 tidak lagi harus membiayai program-program prioritas, program prioritas harus dibiayai oleh investasi non-APBN. Dengan begitu, pemerintah harus memperbaiki iklim usaha, mengundang investasi dan menjaga pertumbuhan ekonomi.

“Prioritaskan APBN 2017 untuk menampung luncuran proyek atau kegiatan yang mendesak, yang mengalami penundaan di tahun 2016, agar tidak ada yang namanya pemberhentian proyek prioritas,” kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/9/2016). Jokowi mengingatkan, tidak ada lagi kementerian dan lembaga yang tiba-tiba mengusulkan anggaran tambahan kepada masing-masing komisi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Menurut Jokowi, pola-pola seperti harus ditinggalkan, dan harus mulai membiasakan berkoordinasi sesama pemerintah.

Jokowi menyebutkan, program prioritas harus bisa diberikan kepada pihak swasta dan inisiatif para swasta untuk terlibat pada program-program prioritas pemerintah tidak boleh dimatikan. Bahkan, kata Jokowi, jikalau swasta tidak mampu membiayai penuh program pembangunan di Indonesia harus dicarikan jalan atau skema lain, seperti PPP.

PT. Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s