Korut Klaim Sukses Gelar Uji Coba Mesin Roket Terbaru

Solid Gold

Otoritas Korea Utara (Korut) | Solid Gold

Uji coba mesin roket ini dilakukan setelah Korut menggelar uji coba lebih dari 20 rudal balistik dan dua bom nuklir sejak awal tahun ini. Para pakar memandang uji coba ini menjadi upaya percepatan pengembangan persenjataan negara komunis ini, di tengah kecaman global.

Otoritas Korea Utara (Korut) mengklaim sukses menggelar uji coba mesin roket terbaru bertenaga tinggi miliknya. Korut mengklaim roket ini akan berguna dalam misi peluncuran satelit ke luar angkasa.

“Segera sempurnakan persiapan peluncuran satelit sesegera mungkin,” demikian laporan KCNA mengutip arahan Kim Jong Un kepada para pejabat, ilmuwan dan teknisi usai uji coba digelar.

“Program luar angkasa Korut difokuskan pada pengembangan kendaraan peluncur yang bisa dengan mudah digunakan untuk rudal daripada mengembangkan satelit yang sesungguhnya,” imbuhnya kepada AFP.

Dilaporkan kantor berita Korut, KCNA, dan dilansir AFP, Selasa (20/9/2016), mesin roket terbaru ini diklaim mampu membawa berbagai macam satelit ke luar angkasa. Uji coba ini dipimpin langsung oleh pemimpin Korut, Kim Jong Un, di lokasi peluncuran satelit Sohae.

KCNA menambahkan, Kim Jong menyampaikan kepuasan luar biasa atas hasil uji coba sistem roket itu. Dalam pernyataannya, menurut KCNA, Kim Jong Un juga menyerukan peluncuran roket lebih banyak di masa mendatang.

Halaman depan surat kabar Korut, Rodong Sinmun, menampilkan foto nyala api panjang yang keluar dari mesin roket yang disangga oleh struktur beton. Foto lainnya menunjukkan Kim Jong Un sedang menyaksikan uji coba ini dan satu foto lainnya menunjukkan Kim sedang tertawa saat memantau uji coba.

Dalam pernyataan terpisah, ilmuwan roket dari Institut Penelitian Luar Angkasa Korea Selatan, Chae Yeon Seok menyebut, dengan mesin roket yang baru itu, Korut nantinya bisa meluncurkan rudal balistik ke wilayah Amerika Serikat (AS).

“Mengubah negara ini menjadi penguasa satelit geostasioner dalam beberapa tahun mendatang,” sebut KCNA. Geostasioner adalah satelit buatan yang mengelilingi khatulistiwa sama cepatnya dengan rotasi bumi sehingga satelit itu terlihat seperti menetap di satu lokasi.

“Korut semakin dekat untuk menciptakan rudal balistik lintas benua (ICBM) yang bisa mengenai daratan utama AS,” sebut Chae.

Korea Utara Klaim Uji Coba Peluncuran Roket Berhasil | Solid Gold

Korea Utara hari Selasa (20/9) berhasil melakukan uji coba peluncuran mesin roket baru bertenaga tinggi, menurut media pemerintah, mengindikasikan negara itu semakin mendekati kemampuan menghasilkan senjata jarak jauh.

Korea Utara telah dikenai lima sanksi oleh PBB sejak mengadakan percobaan bom nuklir tahun 2006. Tanggal 9 September lalu, Korea Utara telah mengadakan percobaan senjata nuklirnya yang ke-5 yang diperkirakan berkekuatan lima kiloton TNT.

Jean Ha-kyu, juru bicara Kepala Staf Gabungan militer Korea Selatan, mengatakan hari Selasa, “Kami yakin Korea Utara menguji kinerja mesin pendorong tenaga tinggi jenis baru untuk rudal jarak jauh.”

Jong-un memuji keberhasilan percobaan-percobaan roket selama ini dan mengatakan, negara itu berhasil membuat kemajuan ilmiah paling mutakhir “di tengah ekonomi yang sulit.”

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dilaporkan memantau peluncuran tersebut dan dikutip oleh kantor berita KCNA telah memerintahkan pihak berwenang untuk mempersiapkan peluncuran satelit “secepat mungkin.”

Ada spekulasi bahwa Korea Utara mungkin akan merayakan ulang tahun ke-68 Partai Pekerja Korea Utara yang berkuasa pada tanggal 10 Oktober dengan meluncurkan sebuah satelit.

Korea Utara sebelum ini telah mengadakan serangkaian peluncuran roket jarak jauh yang digambarkan sebagai usaha peluncuran satelit. Peluncuran yang paling baru diadakan bulan Februari. KCNA mengatakan mesin roket itu akan memberi Korea Utara “cukup kemampuan untuk meluncurkan berbagai jenis satelit, termasuk satelit pemantau bumi kelas dunia.”

Jong-un juga menyerukan supaya “diluncurkan lebih banyak roket” agar negaranya bisa mempunyai satelit geostasioner dalam dua tahun mendatang,” kata kantor berita KCNA.

Jong-un memuji keberhasilan percobaan-percobaan roket selama ini dan mengatakan, negara itu berhasil membuat kemajuan ilmiah paling mutakhir “di tengah ekonomi yang sulit.”

Solid Gold

Advertisements
This entry was posted in Solid Gold and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s