Video Kericuhan Pertandingan Polo Air PON 2016 Jadi Viral di Media Sosial

Solid Gold

#PonJabarKacau | Solid Gold

Bahkan, di Twitter, #PonJabarKacau menjadi trending topic di urutan pertama dengan jumlah kicauan mencapai 2.487 hingga pukul 12.00 WIB.

Video kericuhan yang terjadi di arena polo air dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 menjadi viral di media sosial. Topik ini mengalahkan pembahasan tentang Ahok-Djarot.

“Yang Rusuh siapa?? Yang arogan siapa? Dan media dmna?” tulisnya di bawah video tersebut.

“Tidak semua orang Jakarta itu Jakmania & tidak semua Jakmania itu Jakarta! Tapi kenapa kau musuhi semua yang berbau Jakarta?” tulis pemilik akun @KiacauanAldo di akun Twitter-nya, Senin (20/9/2016). Pemilik akun JS Priok, @Jakschool-Priok, mengunggah video kericuhan di arena polo air tersebut.

Kata-kata sindiran dan protes terhadap panitia PON pun terus bergulir. Rihardo Tio, pemilik akun @Richardotio, menulis beberapa kejadian yang dinilainya sebagai kekacauan dalam penyelenggaraan PON 2016.

“Gimana PON 2016 ga kacau, 10 kontingen Judo protes kepemimpinan wasit, blm lg. Pemukulan atlet, dll.. Edannnn….,” tulisnya. Hal serupa disampaikan @DikySoemarno.

“Pemain ilegal, wasit dipertanyakan kredibilitasnya, masalah keamanan.. Hadeuh..,” tulisnya.

Video kericuhan di polo air menambah deretan kejadian di PON 2016. Netizen sebelumnya mempertanyakan kericuhan sepak bola di Bogor, walk out judo, serta gambar peliputan atlet renang yang menjadi blur.

Video di cabang olahraga polo air sendiri menggambarkan insiden yang terjadi di tengah pertandingan di dalam kolam.

Ketua PB PON 2016 Ahmad Heryawan langsung mengadakan rapat pada Senin malam untuk membahas berbagai persoalan yang terjadi di PON Jabar.

Atlet Jabar yang tengah melawan Sumatera Selatan di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (19/9/2016) malam, terlibat kericuhan. Namun, kericuhan berlanjut di kursi penonton. Sementara itu, Kodam III Siliwangi berencana mengeluarkan pernyataan resminya siang ini.

Seseorang yang mengenakan pakaian TNI terlihat memukul penonton yang mengenakan kaus merah bertuliskan DKI Jakarta. Kericuhan pun terjadi. Beberapa polisi dalam video tersebut terlihat mencoba melerainya.

Ricuh Polo Air, Tagar PON Jabar Kacau Bergelora | Solid Gold

Insiden kericuhan yang terjadi di tengah pertandingan semifinal Polo Air dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON), Selasa (19/9), membuat netizen Indonesia menggunakan tagar #PONJabarKacau untuk mengutarakan kekecewaan.

Sebelumnya, Pangdam Siliwangi memang telah menyatakan akan mengerahkan prajurit Kodam III Siliwangi di Jawa Barat untuk memberikan dukungan penuh, sekaligus turut serta mengamankan venue pertandingan PON. Identitas pria berbaju loreng yang terlibat dalam insiden tersebut belum diketahui.

Dalam pantauan CNNIndonesia.com, tagar tersebut hingga pukul 12.00 WIB masih bertengger di puncak daftar Topik Populer (Trending Topic) Indonesia.

“Kali ini harus diakui mental aparat bobrok, sampai2 atlet dipukuli. Atlet itu olahragawan, itu bukan prajurit yang harus dipukuli #PonJabarKacau,” cuit Jafar Salman.

Insiden ricuh terjadi kala tim polo air putra Jawa Barat berhadapan Sumatera Selatan di babak semifinal di Kolam Renang Komplek Si Jalak Harupat.

Dari rekaman video, pertandingan terhenti sementara karena tensi memanas dan kedua tim sempat saling baku hantam di kolam renang. Kericuhan kemudian meluas ke atas tribun, yang salah satunya melibatkan pria berseragam militer.

Hal ini yang kemudian disoroti oleh para pengguna Twitter di Indonesia.

Sementara akun @ecepnf langsung mencolek akun Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Walikota Bandung Ridwan Kamil, dan Kodam Siliwangi untuk mengungkapkan keresahannya. “Jujur sangat memalukan,” kata Ecep.

Diberitakan Detikcom, Kodam III Siliwangi pada hari ini akan menggelar konferensi pers resmi tentang adanya pria berseragam militer yang terlibat dalam insiden kericuhan tersebut.

Akun @wanensaputra milik Mirzan kemudian mengingatkan agar hal serupa tak terjadi di Asian Games 2018 nanti yang akan digelar di Jakarta dan Palembang.

“Jika nanti Asian Games seperti ini, wah parah dan bikin malu negara. Mau taruh di mana muka negeri ini,” ucap Mirzan lewat akun Twitter-nya.

Sementara Sendy Setiawan dengan akun @Sendy_20 menyoroti keterlibatan anggota militer menjadi penonton di atas tribun.

“Kaya kaga ada warga sipil aja aparat dsuruh jdi suporter..kembalikan TNI ke Barak,” katanya.

Merespons insiden ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga menyatakan akan meminta klarifikasi kepada panitia penyelenggara PON dan juga meminta jaminan keamanan untuk seluruh kontingen peserta.

Sementara, Menpora Imam Nahrawi mengecam insiden tersebut dan menyebutnya “memalukan.”

“Saya minta pada PB PON dan KONI Pusat untuk mengusut tuntas peristiwa pemukulan yang terjadi di arena Polo Air di PON Jabar. Sungguh memalukan, yang mestinya beradu prestasi malah emosi yang tampak,” kata Imam. “Sudahi, sudahi cara tidak bermartabat seperti ini.”

Solid Gold

Advertisements
This entry was posted in Solid Gold and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s