Ikrar: SBY Masih Mimpi Punya “Power” untuk Atur Negeri Ini

PT Solid Gold Berjangka

SBY untuk membangun Koalisi Cikeas | PT Solid Gold Berjangka Jakarta Pusat

Hal itu terlihat dari upaya SBY untuk membangun Koalisi Cikeas yang terdiri dari empat parpol, yakni Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Gerindra dan PKS sempat dilobi untuk masuk Koalisi Cikeas, tetapi menolak. Kedua parpol berencana akan mengumumkan calon yang diusungnya pada siang ini.

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ikrar Nusa Bhakti, menilai Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih berusaha menunjukkan pengaruhnya dalam perhelatan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

“Poros Cikeas itu adalah poros SBY. SBY masih bermimpi punya power untuk mengatur negeri ini,” kata Ikrar saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/9/2016).

Keempat partai itu pun bersepakat untuk mengusung putra SBY, yakni Agus Harimurti Yudhoyono, yang dipasangkan dengan Deputi Gubernur bidang Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta Sylviana Murni.

Menurut Ikrar, agar lebih mudah dalam membangun koalisi, Presiden keenam RI itu mendekati partai-partai yang memang belum mempunyai calon yang jelas untuk diusung pada Pilgub DKI.

Di sisi lain, SBY menolak untuk bergabung dengan koalisi pendukung petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang sudah terbentuk terlebih dulu.

“Mereka yang ikut dalam koalisi itu adalah bagian dari koalisi pemerintahan SBY-JK dan SBY Boediono,” ucap Ikrar.

Ikrar menilai, Koalisi Cikeas ini mengingatkan kepada koalisi yang dibangun SBY pada 10 tahun masa pemerintahannya dulu.

PKB, PAN, dan PPP selama ini memang dikenal sebagai koalisi “setia” bagi pemerintahan SBY selama berkuasa dari tahun 2004-2014. Ketiga partai itu seolah “reuni” kembali pada Pilkada DKI Jakarta kali ini.

KMP yang mendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa saat itu sebenarnya terdiri dari lima parpol. Namun, Partai Golkar, PAN, dan PPP sudah meninggalkan KMP dan bergabung ke pemerintahan.

Di sisi lain, Ikrar melihat koalisi yang dibangun oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera mengingatkan pada Koalisi Merah Putih di “kompetisi” Pemilihan Presiden 2014 lalu.

“Gerindra dan PKS dua partai yang masih tersisa di Koalisi Merah Putih, yang masih seiring sejalan dan senasib sepenanggungan,” kata Ikrar.

Adapun koalisi pendukung petahana Ahok-Djarot yang sudah terbentuk terlebih dahulu, menurut Ikrar, adalah murni koalisi baru.

“Ahok ‘sebau-bau’ mulutnya dalam mengeluarkan pernyataan, tetapi ke mana pun dia pergi, walau katanya mau didemo, tetapi tetap warga malah ber-selfie ria,” ucap Ikrar.

Koalisi ini terbentuk karena magnet Ahok yang memiliki elektabilitas cukup tinggi untuk memenangi Pilgub DKI Jakarta. Sejumlah parpol pun akhirnya mengambil langkah realistis dengan mengusung Ahok.

Agus-Sylviana Dinilai sebagai Cagub/Cawagub Ideal | PT Solid Gold Berjangka Jakarta Pusat

Agus Harimurti Yudhoyono yang saat ini berpangkat Mayor Infanteri TNI dan Sylviana yang hingga kini masih berstatus pejabat Pemerintah Provinsi DKI, dipastikan akan mengundurkan diri dari institusinya masing-masing sebelum mendaftar sebagai cagub dan cawagub DKI Jakarta.

“Dua orang ini adalah pasangan ideal, kombinasi seorang (prajurit) militer dipadu birokrat berpengalaman,” ujar Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy kepada wartawan di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jumat pagi.

Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni dinilai sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ideal untuk maju dalam Pilkada DKI 2017 oleh keempat partai yang mengusung mereka yakni PPP, PAN, PKB, dan Partai Demokrat.

Penerima Adhi Makayasa (lulusan terbaik Akademi Militer) angkatan 2000 merupakan sosok muda yang memiliki integritas dan kedisiplinan tinggi.

Peraih tiga gelar master dari tiga universitas terkemuka yakni Nanyang Technological University (Singapura), Harvard University dan Webster University (Amerika Serikat) itu juga dipandang sebagai intelektual yang selama karirnya sebagai TNI sering mendapatkan penugasan di dalam maupun luar negeri.

“Ini adalah modal dasar yang baik dengan pribadinya yang santun, ucapan-ucapan yang terukur, serta memiliki visi yang dibutuhkan warga Jakarta,” kata Romi.

“Mas Agus (orang) Jawa dan Bu Sylvi adalai Betawi. Ini juga merupakan kombinasi ideal dari kacamata gender karena laki-laki dan perempuan yang Insya Allah merupakan satu-satunya diantara pasangan (cagub/cawagub) yang ada,” ujar Romi.

Wanita kelahiran Jakarta, 11 Oktober 1958 itu tercatat pernah menduduki beberapa jabatan strategis di DKI Jakarta antara lain Kepala Biro Bina Sosial DKI (1999-2001), Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) DKI (2001-2004), Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI (2004-2008), Walikota Jakarta Pusat (2008-2013), hingga jabatan terakhirnya kini sebagai Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Kebudayaan dan Pariwisata.

Sementara Sylviana Murni dinilai sebagai birokrat tangguh, akademisi, serta aktivis organisasi, dan memiliki kemampuan birokrasi mumpuni.

Pasangan Agus-Sylviana dianggap mampu merepresentasikan warga Jakarta yang 30 persen merupakan etnis Jawa dan 24 persen adalah etnis Betawi.

Koalisi empat partai yang disebut sebagai Koalisi Cikeas mengaku optimistis bahwa Agus dan Sylviana mampu memberikan harapan baru kepada warga Jakarta.

Pasangan Agus dan Sylviana direncanakan untuk mendaftarkan diri ke KPUD DKI Jakarta pada Jumat malam pukul 19.00 WIB setelah menyelesaikan berbagai syarat administrasi.

“Soal pengalaman tidak pernah ada yang bisa dinilai dari orang baru karena memang belum pernah menduduki jabatan dalam birokrasi. Tetapi seseorang baru yang bisa dikelola adalah harapan, dan harapan ‘Jakarta untuk Rakyat’ itulah yang akan kami berikan kepada warga Ibu Kota,” kata Romi.

PT Solid Gold Berjangka

 

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s