Kutip Bung Hatta, Sudirman Said: Menteri ESDM Baru Harus Jujur

Di Hari Pertambangan dan Energi ini, Sudirman memberikan pesan khusus kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sudirman berpendapat, Menteri ESDM baru harus memiliki integritas tinggi mengingat amat pentingnya sektor ini.

Solid Gold Berjangka

Mantan Menteri ESDM, Sudirman Said, pagi ini datang ke Kementerian ESDM untuk mengikuti Upacara Hari Pertambangan dan Energi ke-71.

kejujuran dan kelurusan sangat penting | PT. Solid Gold Berjangka Pusat Jakarta

“Pokoknya kejujuran dan kelurusan sangat penting bagi sektor ini, karena sektor ini merupakan hulu dari seluruh kegiatan ekonomi,” kata Sudirman, saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (4/10/2016).

Dirinya meminta semua pejabat di sektor ESDM meneladani para pejuang yang 71 tahun lalu tepat di hari ini berkorban nyawa untuk mengambil alih kewenangan di sektor energi dan pertambangan dari tangan penjajah. Para pemegang kewenangan di ESDM pada hari ini pun harus berani berkorban demi kepentingan bangsa.

PT. Solid Gold Berjangka Pusat Jakarta

Mengutip pendapat Proklamator Muhammad Hatta, Sudirman mengungkapkan, pejabat yang tidak jujur lebih berbahaya dari pejabat yang tidak cerdas atau tidak pengalaman.

“Selamat Hari Pertambangan ke-71. Kalau didengar tadi kan sejarahnya pengorbanan para pejuang, pegawai-pegawai muda setelah proklamasi kemerdekaan mengambil alih kantor, itu kan suatu pengorbanan, sampai ada yang meninggal. Jadi ini ingin mengingatkan semua pihak bahwa ESDM ini sektor yang merupakan hulu, kalau hulunya jernih hilirnya ikut jernih, kalau hulunya keruh maka hilir ikut keruh juga,” ucapnya.

“Saya ingin mengingatkan ungkapannya Bung Hatta, kalau kurang cerdas bisa di atas dengan belajar, kurang pengalaman bisa dilatih, tapi kalau kurang jujur sudah tidak bisa diapa-apakan,” ucapnya.

“Pasti calonnya orang-orang kompeten seperti yang dikatakan Pak Plt Menteri (Luhut Binsar Panjaitan), saya melihat tim ESDM ini sangat baik, diakui Pak Plt kalau teamwork-nya kuat dan diisi orang-orang profesional, jadi kita punya harapan besar. Mudah-mudahan segera ada keputusan untuk menteri definitif,” tutupnya.

Pihaknya juga meminta Presiden segera menunjuk Menteri ESDM definitif agar ada kepastian bagi semua pihak. “Saya sih sangat mengharapkan segera diakhiri ketidakpastian, hal-hal yang tidak pasti segera diputuskan. Kita berharap hadir pemimpin yang punya nilai kejujuran, yang kompeten, menjaga integritas karena sektor ini betul-betul butuh itu, tanpa kelurusan rumit untuk diurai,” ujar Sudirman.

Para Mantan Menteri ESDM Hadiri Hari Pertambangan | PT. Solid Gold Berjangka Pusat Jakarta

Sebagai informasi, hari jadi pertambangan dan energi ditetapkan menghormati jasa pahlawan nasional di bidang pertambangan, yaitu Arie Frederik Lasut. Ia merupakan Kepala Pertambangan dan Geologi Republik Indonesia yang pertama.

“Anda bekerja profesional jangan berpolitik di tempat ini. Saya sebagai Plt Menteri ESDM, bertanggung jawab terhadap proses yang kamu ambil,” kata dia.

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM, Luhut Binsar Pandjaitan membuka peringatan hari jadi pertambangan dan energi ke-71. Selama dua bulan menjabat sebagai Plt Menteri ESDM, Luhut mengaku banyak perubahan yang telah terjadi selama dirinya menjabat sebagai menteri ESDM.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar peringatan hari jadi pertambangan dan energi ke-71. Pada kesempatan itu, turut hadir dua mantan Menteri ESDM, Sudirman Said dan Arcandra Tahar. Suasana kedua mantan menteri itu tampak cair, yang sesekali mengobrol di sela upacara hari pertambangan.

Dalam kesempatan itu juga tampak hadir mantan Menteri Pertambangan dan Energi Indonesia ke-7, Subroto yang menjabat sekitar 10 tahun, sejak Maret 1978 hingga Maret 1988.

Luhut menambahkan, pihaknya terus meningkatkan inovasi yang sesuai dengan semangat hari jadi pertambangan dan energi yang ditingkatkan dengan kerja nyata melalui inovasi.

“Dua bulan saya kerja, saya lihat kalian kerja dan banyak perubahan. Kita bisa percepat semua prosedur yang ada, sehingga hilangkan kendala dalam ambil keputusan, saya juga tidak terlalu lama. Dua bulan sudah terlalu lama,” kata Luhut, di lapangan Kementerian ESDM, Selasa 4 Oktober 2016.

“Saya yakin, selama ini kita telah melakukan berbagai inovasi dan saya ingin tekankan inovasi itu tidak boleh berhenti, perlu terus dikembangkan untuk mendorong perbaikan secara berkelanjutan,” kata Luhut.

Selain itu, Luhut juga berpesan bahwa banyak sekali proyek strategis nasional di sektor ESDM untuk terus dipantau kemajuannya, sehingga memberikan hasil yang nyata.

Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in PT. Solid Gold Berjangka Pusat Jakarta, Solid Gold Berjangka and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s