Di Balik Ketidakhadiran Jokowi pada HUT TNI ke-71

Berdasarkan catatan, dalam 15 tahun terakhir presiden selalu menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT TNI.

PT. Solid Gold Berjangka

Pram kala ini menegaskan langkah itu diambil Jokowi untuk memberitahu kepada semua, Natuna merupakan bagian kedaulatan Indonesia

Peringatan hari ulang tahun TNI ke-71 di Mabes TNI, Rabu (5/10) kemarin, terlihat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selain digelar sederhana, peringatan itu juga tidak dihadiri Presiden Joko Widodo yang berstatus panglima tertinggi.

Ketika absen di Cilangkap, Jokowi tetap berada di Jakarta. Pagi kemarin, dia menerima kedatangan Ketua BPK Harry Azhar Aziz untuk menyampaikan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I 2016 di Istana Merdeka.

Peringatan hari ulang tahun TNI ke-71 di Mabes TNI | PT. Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

Lingkar istana pun menyadari munculnya banyak tanda tanya tentang ketidakhadiran Jokowi dalam upacara peringatan HUT TNI.

Pada 2015 misalnya, Jokowi untuk pertama kali memimpin peringatan ulang tahun TNI yang dipusatkan di Cilegon, Banten. Tahun ini, inspektur upacara melekat pada Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, sebelumnya Jokowi dan Gatot telah saling berkomunikasi.

“Sesuai dengan pembicaraan itu, Presiden akan hadir dalam rangkaian HUT TNI yang di luar Jakarta,” ujarnya di Kantor Presiden, kemarin.

Jokowi pagi ini terbang ke Natuna, Kepulauan Riau. Ia akan menyaksikan Operasi Angkasa Yudha 2016. “Setiap acara seperti itu ada temanya, bukan hanya formalitas,” kata Pram.

Pram berpendapat, tidak ada maksud khusus dari peninjauan langsung Jokowi ke tempat pelatihan TNI, terutama kehadiran hari ini di Natuna.

Jokowi bukan hanya kali ini datang ke acara latihan TNI. Pertengahan September, mantan Wali Kota Solo itu melihat langsung latihan Armada Jaya di atas kapal KRI Banjarmasin 592 yang bersiaga di Laut Jawa.

“Sebagai panglima tertinggi harus secara langsung mengetahui perkembangan kekuatan masing-masing angkatan. Nanti sama saja. Tidak ada yang spesial,” tutur Pram.

Kedatangan Jokowi ke Natuna selalu menarik perhatian. Akhir Juni silam ia bahkan membawa sebagian besar menteri Kabinet Kerja untuk rapat terbatas di perairan itu.

Gatot sebelumnya juga menyatakan , Operasi Angkasa Yudha bukan untuk menanggapi memanasnya kondisi Laut China Selatan. Natuna merupakan wilayah Indonesia yang berada paling dekat dengan perairan yang diperebutkan sejumlah negara Asia Tenggara dan China.

Ratas dilakukan beberapa hari setelah insiden penangkapan nelayan China di Natuna. Jokowi pun memilih Kapal Perang Indonesia (KRI) Imam Bonjol sebagai ‘saksi bisu’ pembicaraannya bersama sejumlah menteri, termasuk Panglima TNI.

KRI Imam Bonjol ialah kapal yang saat itu menembak kapal nelayan China yang diduga mencuri ikan di perairan Natuna.

Usai Pantau Latihan TNI AU, Jokowi Akan Resmikan Bandara Ranai | PT. Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

Berangkat dari Jakarta sekira pukul 07.00 WIB, Jokowi dijadwalkan bakal mendarat di Lanud Ranai sekira pukul 08.50 WIB. Selanjutnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan menerima penyematan Wing Kehormatan di depan pesawat Sukhoi setelah menerima laporan dari KSAU, Marsekal Agus Supriatna.

PT. Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

Hari ini, Kamis (6/10/2016), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal melakukan kunjungan ke Natuna, Kepulauan Riau. Adapun jadwal orang nomor satu di Indonesia tersebut sebagai berikut.

Ia bakal melihat Static Show serta mendengar paparan tentang jenis senjata dan bom dari pasukan TNI AU. Usai melihat pertunjukan udara TNI AU, Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan Bandara Ranai di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepualauan Riau. Sementara itu, setelah melakukan makan siang, Jokowi bakal meninjau lokasi rumah anggota TNI di Pulau Ranai dan juga mengunjungi camp TNI AL.

Peninjauan tersebut termasuk melihat dermaga di atas air, dermaga beaching dan melihat gudang amunisi. Terakhir, Jokowi akan memantau Cold Storage di sentra perikanan dan kelautan di Pulau Ranai sebelum akhirnya kembali ke Ibu Kota sekira pukul 16.30 WIB.

Selanjutnya, suami dari Iriana Jokowi itu melakukan peninjauan Cokpit Sukhoi dan inspeksi jenis pesawat yang ikut dalam latihan di acara Angkasa Yudha. Presiden Jokowi beserta Panglima TNI dan KSAU kemudian menuju terminal Bandara Ranai.

Solid Gold Berjangka

This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang, Solid Gold Berjangka and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s