Haji Berpaspor Filipina Diasramakan Selama Tiga Hari | PT Solid Gold Berjangka

Jamaah haji berpaspor Filipina itu, sebagian berasal dari sembilan daerah, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, DKI Jakarta dan Lampung. Sementara itu, sebagian lainnya adalah WNI yang berdomisili di Sabah, Malaysia.

“Namun untuk yang mungkin kehabisan uang untuk ongkos dan tidak dijemput keluarganya, akan kami serahkan ke pemerintah daerahnya masing-masing yang telah kami koordinasikan sebelumnya dan untuk yang berdomisili di Malaysia kita bantu carikan tiket kepulangannya namun dengan biaya pribadi masing-masing sesuai perjanjian yang telah dibuat,” kata dia.

“Mereka akan berada di asrama haji Pondok Gede untuk proses pendalaman maksimal selama tiga hari,” kata Kepala Biro Umum Kementerian Agama Syafrizal Sofyan di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (21/10) dini hari.

Pemeriksaan 106 jamaah haji Indonesia berpaspor Filipina akan diasramakan selama tiga hari di kompleks asrama haji Pondok Gede terhitung dari kepulangan mereka ke tanah air yang dimulai pada Kamis (20/10) malam.

Kementerian Agama mengatakan pendalaman akan dilakukan oleh Bareskrim Mabes Polri. Sementera Kemenag bertugas memberikan edukasi pada para jamaah haji.

“Jangan sampai berkembang perasaan bangga mereka bisa berhaji melalui jalan yang melanggar hukum. Namun untuk penindakan hukum itu tergantung pengembangan oleh pihak kepolisian,” ujar dia.

Selama tiga hari, para jamaah haji akan menerima akomodasi dari kementerian dan diperbolehkan untuk pulang ke tempat tinggalnya masing-masing dengan biaya pribadi setelah dibuatkan berita acara oleh pihak kepolisian.

Sebanyak 57 jamaah haji tersebut tiba di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno Hatta menggunakan Penerbangan Philippine Airlines PR 535 ETA pada pukul 23.55 WIB, didampingi oleh Tim Perlindungan WNI KBRI Manila.

Pihak kementerian menyebutkan 106 jamaah haji yang dipulangkan dalam dua tahap itu, terdiri dari 28 laki-laki dan 78 wanita di mana 42 orang di antaranya berusia di atas 60 tahun.

Pemulangan 106 jamaah haji berpaspor Filipina yang dimulai Kamis (20/10), akan dilaksanakan dalam dua tahapan, untuk tahapan pertama akan dipulangkan sebanyak 57 jamaah haji dan sejumlah 49 sisanya akan dipulangkan dari Filipina pada Jumat malam.

49 Jemaah Haji Berpaspor Filipina Dipulangkan Hari Ini | PT Solid Gold Berjangka

Untuk tahapan pertama, akan dipulangkan sebanyak 57 jamaah haji dan sejumlah 49 sisanya akan dipulangkan dari Filipina pada Jumat ini .

Proses pemulangan 106 Warga Negara Indonesia yang melakukan ibadah haji ke Arab Saudi dengan menggunakan paspor Filipina, mulai dipulangkan sejak Kamis, 20 Oktober 2016. Pihak Kementerian Luar Negeri menyatakan pemulangan ini akan dilaksanakan dalam dua tahapan.

Pihak kementerian menyebut 106 jamaah haji yang mulai dipulangkan terdiri dari 28 laki-laki dan 78 wanita, di mana 42 orang di antaranya berusia di atas 60 tahun.

“57 jamaah haji tersebut direncanakan akan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta menggunakan Penerbangan Philippine Airlines PR 535 ETA pada pukul 23.55 WIB, didampingi oleh Tim Perlindungan WNI KBRI Manila,” kata sumber resmi kementerian seperti dilansir dari Antara, Jumat (21/10/2016).

Sebelumnya, pemerintah Filipina menyebut ada sekitar 700 warga negara Indonesia yang berangkat haji secara ilegal dengan memalsukan identitas negara tetangga tersebut.

Jamaah haji berpaspor Filipina itu, sebagian berasal dari sembilan daerah, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, DKI Jakarta dan Lampung. Sementara itu, sebagian lainnya adalah WNI yang berdomisili di Sabah, Malaysia.

Sedangkan masalah 177 jemaah haji yang tertangkap karena menggunakan paspor Filipina prosesnya sudah selesai dan dipulangkan kembali ke Indonesia secara bertahap setelah menjalani proses pemeriksaan yang panjang.

Akan tetapi, Kementerian Luar Negeri baru mendata 106 WNI yang telah selesai menunaikan ibadah haji di Arab Saudi yang tak bisa langsung pulang ke Indonesia karena harus menjalani proses pemeriksaan di Filipina.

PT Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s