‘MENGEJAR EMBUN KE EROPA’, Rizky Hanggono Jadi Dosen Yang Tegas

Rizky Hanggono, nggak kesulitan memerankan karakter Dosen yang tegas | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

 

“Bapak Puro ini, kita ambil film ini dari karakter asli. Namanya bapak Usman. Dari karakter kita banyak belajar dari beliau. Dia gak suka basa-basi, terkadang meledak-ledak. Kalau ada dosen yang dianggap kurang bagus, kasih peringatan, keluar. Segampang itu,” lanjutnya.

Meski begitu, Rizky Hanggono sendiri mengaku kalau perannya sebagai dosen di film ini justru mengingatkan banyak momen yang dialaminya ketika masih duduk di bangku SMP. Menariknya, tamparan seorang Guru lah yang membuat Rizky semakin teringat dengan masa-masa sekolah.

“Dosen kayaknya asyik-asyik aja. Mungkin pengalaman berkesan di SMP, dulu gue pramuka. Dan secara personal gue kenal beliau. Pas upacara bendera, nih. Gue lagi malas, tiba-tiba dari sudut mata gue melihat ada yang menutup pintu. Gue rasa wah main-main nih. Sudah telat temen malah nutup pintu. Akhirnya pintu gue tendang. Ternyata itu guru lihat (pak Nuryadi). Dia nanya, ‘kamu yang tendang? Iya pak,’ terus gue ditampar. Tamparan sayang sih. Itu berkesan banget,” pungkas Rizky.

Sekolah kayaknya berat, kalau lihat guru atau dosen malas. Sedangkan Puro sangat berdedikasi sama pendidikan. Ketika dia belum punya posisi, tapi dia bisa mendobrak tadi, dia mendapat tekanan. Menurut gue susah banget masuk ke karakter Puro (Dosen di film MENGEJAR EMBUN KE EROPA),” aku Rizky Hanggono saat ditemui di XXI Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (13/12).

Dalam film ini, aktor 36 tahun itu juga mengungkapkan kalau karakter dosen yang diperankannya memiliki sifat yang tegas dan tanpa basa-basi. Karena inilah Rizky Hanggono mengaku kalau dirinya sama sekali tidak kesulitan dalam memerankan karakter Dosen bernama Puro.

Kuliah selalu jadi fase yang tak kalah menyenangkan dan penuh lika-liku seperti di SMA. Hal inilah yang kemudian coba dibawa ke dalam film MENGEJAR EMBUN KE EROPA. Rizky Hanggono yang berperan sebagai dosen pun seperti mengulang kisah-kisah yang ia lalui selama menjadi siswa dan mahasiswa.

Jadi Dosen Sadarkan Rizky Hanggono Pentingnya Pendidikan | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang
Selain Rizky Hanggono, film Mengejar Embun ke Eropa turut dibintangi Putri Ayudya, Roberta Salzano, Irma Magara, Danin Dharma Perwira, dan masih banyak lagi. Film arahan sutradara Haryo Sentanu Murti ini dijadwalkan tayang pada 15 Desember 2016.

Rizky diplot menjadi Puro, Kepala Jurusan Sosial Ekonomi yang dicopot karena melawan anarkisme, konflik berbau SARA, serta pihak eksternal kampus yang memaksa minta proyek. Padahal, Puro berusaha memperbaiki performa kampus sebagai pusat pendidikan, yang selama ini dikuasai oleh mentalitas preman.

Menariknya, film ini justru membuka mata Rizky tentang pentingnya dunia pendidikan. Bahkan, dia angkat topi kepada semua pendidik yang ada di seluruh penjuru Indonesia.

“Film ini membuka mata saya pribadi. Sebagai laki tidak bisa mengabaikan keluarga, dan saya lebih menghargai dunia pendidikan. Saya baru paham, ternyata tidak mudah mendidik diri sendiri termasuk anak di rumah,” pungkas Rizky.

Tidak mudah bagi Rizky Hanggono berperan menjadi dosen Puro di film Mengejar Embun ke Eropa. Pasalnya, karakter yang diperankannya bertolak belakang dengan pribadinya yang kurang antusias belajar di kelas.

“Karakter Puro ini beda sekali. Saya selengean, nggak suka pendidikan. Sementara Puro ini berdedikasi besar di pendidikan. Gimana masuk ke alam Puro yang sulit. Itu bertolak belakang dengan seorang Rizky Hanggono,” ujar Rizky Hanggono, di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (13/12/2016).

Jadi Dosen di ‘Mengejar Embun ke Eropa’, Rizky Hanggono Kenang Pernah Ditampar Guru | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

 

PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang
Pas upacara bendera, lagi malas, tiba-tiba dari sudut mata gua melihat ada yang menutup pintu. Gue pikir anak-anak main-main sih. Sudah telat temen malah nutup pintu. Akhirnya pintu gua tentang, ternyata itu guru lihat,” kata Rizky Hanggono. “Dia nanya, ‘Kamu yang nendang?’ ‘Iya, Pak’. Terus gua ditampar.”

Meskipun mendapat tamparan, Rizky mengatakan hukuman itu bukanlah sikap semena-mena dari gurunya. “Itu tamparan kasih sayang, jadi bagi saya itu berkesan sekali,” pungkasnya.

Sementara itu, film “Mengejar Embun ke Eropa” ini juga dibintangi oleh Putri Ayudya, Roberta Salzano dan Irma Magara. Film yang tadinya akan dirilis November lalu itu akan siap tayang mulai 15 Desember 2016.

Aktor Rizky Hanggono kini tengah disibukkan promosi film terbarunya berjudul “Mengejar Embun ke Eropa”. Selasa (13/12) kemarin, ia bersama para pemain lain pun baru saja menggelar jumpa pers jelang perilisan film.

Di film yang diambil dari kisah nyata tersebut, Rizky Hanggono berperan sebagai seorang dosen dari Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara, Prof. Dr. Ir. Puro. Peran sebagai seorang pendidik dalam filmnya ternyata sukses membuat Rizky Hanggono mendadak bernostalgia.

Bintang film “I Love You from 38000 Ft” itu mengaku, saat SMP dulu dirinya pernah bermasalah dengan seorang guru. Karena kesalahan yang dilakukan, Rizky bahkan ditampar oleh gurunya itu.

 

 

 

PT Solid Gold Berjangka

This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

