Polisi Jelaskan Alasan Geledah Rumah Sri Bintang

Penggeledahan rumah aktivis politik Sri Bintang Pamungkas | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka
Meski demikian, Dahlia mengaku tersinggung dengan sikap penyidik yang melakukan penggeledahan tanpa izin.

“Kami akan berunding dengan tim kuasa hukum dan klien (Sri Bintang) apakah kami akan melakukan (upaya hukum) atau tidak, tapi kami tersinggung,”ucapnya.

Sri Bintang saat ini berada di ruang tahanan narkotik Polda Metro Jaya. Ia ditahan bersama dua tersangka makar lainnya, Rizal Kobar dan Jamran, yang juga ditangkap pada 2 Desember lalu.

Selain tiga orang itu, kepolisian juga menangkap Kivlan Zein, Adityawarman Thahar, Ratna Sarumpaet, Firza Huzein, Eko Santjojo, Alvin Indra, dan Rachmawati Soekarnoputri. Namun mereka telah dipulangkan pihak kepolisian.

Selain 10 tersangka makar, musisi Ahmad Dhani ikut ditangkap dengan jeratan pasal 207 KUHP tentang penghinaan terhadap penguasa.

Meski demikian, Argo belum menjelaskan lebih lanjut soal barang bukti yang didapat oleh penyidik.

Penggeledahan itu dibenarkan oleh kuasa hukum Sri Bintang, Dahlia Zein. Namun dia mengaku tidak mengetahui apa saja yang diambil oleh penyidik, selain flashdisk, saat menggeledah rumah Sri Bintang di Jalan Guntur.

“(Yang diambil) hanya flashdisk itu milik istrinya Pak Bintang. Isinya hanya soal-soal ujian itu saja,” ujarnya saat dihubungi.

Dahlia mengatakan, penyidik menggeledah lima kamar dan ruang kerja di kediaman Sri Bintang di Cibubur. Namun, dari penggeledahan itu hanya ditemukan buku dan soal-soal ujian milik Sri Bintang.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, polisi melakukan penggeledahan rumah aktivis politik Sri Bintang Pamungkas lantaran yang bersangkutan tidak dapat bersikap kooperatif untuk dimintai keterangan soal dugaan perbuatan makar.

“Pak Sri Bintang selama ini kurang kooperatif, sedangkan penyidik butuh alat bukti tambahan untuk memudahkan penyidikan,” ujarnya di Polda Metro Jaya, Rabu (14/12).

Penyidik menggeledah dua kediaman Sri Bintang, yaitu di Kelurahan Cibubur, Jakarta Timur dan di Jalan Guntur, Jakarta Selatan. Dari penggeledahan di Cibubur, penyidik mengambil flashdisk milik istri Sri Bintang dan beberapa catatan berupa tulisan tangannya.

Polisi Jelaskan Alasan Menggeledah Rumah Sri Bintang Pamungkas | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka
“Untuk laporan dari penyidik barang bukti yang diamankan belum ada,” ucapnya.

Ditanya soal pemeriksaan Presiden KSPI, Said Iqbal, sebagai saksi kasus dugaan makar, Argo mengatakan polisi hanya ingin menanyakan soal aksi demo yang berlangsung pada 212.

“Bukan soal dana yang mengalir dalam kasus makar. Penyidik mengapa memanggil dengan harapan mendapatkan informasi lain,” tuturnya.

Rencananya pihak kepolisian akan memeriksa kembali beberapa lokasi yang dijadikan tempat pertemuan beberapa aktivis sebelum aksi 212.

Seperti di Hotel Sari pan Pasific dan Kampus UBK.

Namun, belum diketahui kapan akan dilakukan pemeriksaan.

“Pak Sri Bintang selama ini kurang kooperatif. Sedangkan penyidik butuh alat bukti tambahan. Alat bukti sebanyak mungkin agar memudahkan penyidikan,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (14/12/2016).

Menurutnya beberapa saksi yang berada di rumah Sri Bintang Pamungkas juga ditanya-tanya oleh penyidik.

Diketahui penyidik menyita flasdisk dan beberapa coret-coretan tulisan tangan Sri Bintang Pamungkas.

Hal ini dikarenakan untuk mengali informasi soal dugaan kasus makar yang membuat Sri Bintang Pamungkas ditetapkan menjadi tersangka.

Penyidik dari Polda Metro Jaya menggeledah rumah aktivis Sri Bintang Pamungkas di Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/12/2016), untuk mengumpulkan beberapa barang bukti.

Karena selama pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Sri Bintang Pamungkas kurang kooperatif.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, menuturkan alasan polisi hanya menggledah rumah Sri Bintang Pamungkas.

Cari Bukti Tambahan, Penyidik Polda Geledah Rumah Sri Bintang | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka

Tidak hanya melakukan penggeledahan, kata dia, penyidik juga meminta keterangan beberapa orang di rumah Sri Bintang.

Diketahui penyidik menyita flashdisk dan beberapa tulisan tangan Sri Bintang. “Untuk laporan dari penyidik, barang bukti yang diamankan belum ada,” katanya.

Penggeledahan dilakukan penyidik untuk mengumpulkan beberapa barang bukti terkait kasus dugaan makar atau penggulingan kekuasaan yang diduga dilakukan Sri Bintang.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, penggeledahan dilakukan untuk menggali informasi dugaan kasus makar.

“Pak Sri Bintang selama ini kurang kooperatif. Sedangkan penyidik butuh alat bukti tambahan. Alat bukti sebanyak mungkin agar memudahkan penyidikan,” katanya.

Penyidik Polda Metro Jaya menggeledah rumah aktivis senior Sri Bintang Pamungkas yang berlokasi di Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/12/2016).

 

PT Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s