Duo Banda Neira bubar dan undur diri dari industri musik Indonesia

Kabar di penghujung tahun ini sangat menyesakkan bagi penikmat musik Indonesia | PT Solid Gold Berjangka Pusat

 

PT Solid Gold Berjangka Pusat
Bubarnya duo ini pun disambut sedih oleh para penikmat musik Indonesia. Bahkan saat ini telah menjadi trending topik Twitter. Belum jelas alasan mereka bubar, begitu juga kelanjutan karier mereka di industri musik.

Banda Neira mulai dikenal pada Agustus 2012. Berawal dari keisengan, mereka menyuguhkan musik dengan format duo, Ananda mengisi vokal dan gitar, sementara Rara pada vokal dan xylophone.
Mereka menyebut jika bukan hal yang mudah untuk mengambil keputusan berpisah. Sebab, karya Banda Neira tak cuma milik mereka berdua tapi juga milik para pendengan musik Tanah Air.

“Namun keputusan sudah bulat. Setelah menimbang-nimbang semua kemungkinan, kami yakin dari semua opsi yang ada ini adalah keputusan paling baik. Dengan berat hati, melalui surat ini kami umumkan bahwa kami telah bersepakat untuk berpisah dan mengakhiri perjalanan Banda Neira,” lanjutnya.

Kabar sedih datang dari industri musik Tanah Air di penghujung tahun 2016. Duo Banda Neira digawangi oleh Ananda Badudu dan Rara Sekar ini akhirnya memutuskan berpisah dan mengakhiri perjalanannya kreatifnya. Rara Sekar sendiri merupakan kakak kandung dari penyanyi Isyana Sarasvati.

Kabar menyedihkan itu beredar luas usai diunggah melalui akun Instagram dan Facebook Banda Neira dikutip brilio.net, Jumat (23/12).

“Setelah menempuh diskusi yang panjang nyaris setahun lamanya, akhirnya kami sampai pada sebuah kesepakatan. Kami bersepakat untuk tidak meneruskan Banda Neira,” tulis akun tersebut.

Grup Musik Banda Neira Bubar, Alasannya Masih Dirahasiakan | PT Solid Gold Berjangka Pusat

PT Solid Gold Berjangka Pusat

Keputusan membubarkan duo pelantun Di Atas Kapal Kertas itu menurutnya tak berhubungan dengan kesibukan. “Rara kuliah di New Zealand, tapi bukan itu juga alasannya,” kata Nanda. Mantan wartawan Tempo ini mengaku masih akan terus berkarya di balik layar dan beraktivitas di bidang musik untuk dirinya sendiri.

Di Instagram, Banda Neira menyatakan keputusan membubarkan diri disepakati setelah berdiskusi diskusi selama hampir setahun. Mereka pun sempat meminta maaf serta mengapresiasi dukungan penggemar dan pihak lain yang telah mendukung kegiatan Banda Neira.

“Dengan berat hati, melalui surat ini, kami umumkan bahwa kami telah bersepakat berpisah dan mengakhiri perjalanan Banda Neira,” bunyi pesan Banda Neira.

Keputusan membubarkan Banda Neira mereka sampaikan lewat akun Instagram @bandaneira_official pada Jumat dinihari, 23 Desember 2016. “Alasannya, saya belum bisa cerita. Yang bisa saya bilang ya seperti yang (ditulis) di Instagram itu,” ujar Ananda saat dihubungi Tempo, Jumat.

Seperti yang diungkapkan lewat caption di Instagram tersebut, Ananda mengatakan ada banyak pertimbangan di balik keputusan tersebut.

Terkait dengan reaksi para penggemar Banda Neira, yang pembubarannya sudah viral di media sosial, Ananda hanya meminta maaf. “Pastinya kami minta maaf karena tak bisa main terus, tak bisa memenuhi harapan mereka,” tuturnya.

Grup musik Banda Neira membubarkan diri. Gitaris sekaligus vokalis Banda Neira, Ananda Badudu, enggan mengungkapkan alasan di balik bubarnya grup duo yang dibentuknya bersama Rara Sekar itu.

Duo Banda Neira Resmi Bubar | PT Solid Gold Berjangka Pusat

PT Solid Gold Berjangka Pusat
Pada awal tahun 2016, Banda Neira sempat menelurkan album penuh kedua mereka bertajuk “Yang Patah Tumbuh Yang Hilang Berganti”. Sebuah konser kecil-kecilan diselenggarakan sebagai penanda rilisnya album tersebut.

Beberapa penggemar sempat menerka album itu menjadi isyarat Banda Neira akan berakhir. Namun saat itu baik Rara maupun Nanda hanya menyatakan vakum sampai waktu yang tak ditentukan.

Kini kekhawatiran para penggemarnya malah menjadi kenyataan. Meski dirasa berat, tapi keputusan mereka untuk mengakhiri perjalanan sudah bulat.

“Terima kasih telah menjadi bagian dalam hidup kami. Sebuah kenangan yang akan selalu mengiringi ke manapun kami melangkah selanjutnya,” tutup surat itu.

Gak tau mau bilang apa, yang jelassss sedihhhhh bangetttttttttt, patah hatiiiii denger beginian duhhhhh,” ujar akun syifa_rose.

Akun maulanambon berkomentar meminta Banda Neira memberikan persembahan terakhir mereka. “Sebelum berpisah, adain konser perpisahan plissss plissss”

Sementara di media sosial Twitter, Banda Neira masuk jajaran trending topic Indonesia. Tagar #TerimaKasihBandaNeira pun meramaikan jagat Twitter sebagai bentuk apresiasi.

Bubarnya Banda Neira tak lepas dari kesibukan masing-masing personil. Rara saat ini tengah melanjutkan studi di Selandia Baru, sementara Ananda masih menjalani pekerjaannya sebagai wartawan.

Banda Neira mulai dikenal masyarakat saat merilis mini album “Di Paruh Waktu” pada 2012, diikuti album penuh perdananya yang rilis pada 2013 dengan judul “Berjalan Lebih Jauh”. Mereka juga sempat meluncurkan mini album dari konser “Kita Sama-sama Suka Hujan” (2015).

DUO Banda Neira baru saja memutuskan untuk tak lagi meramaikan blantika musik tanah air. Hal itu diungkapkan melalui surat terbuka di akun media sosial Banda Neira serta dua personelnya, Rara Sekar dan Ananda Badudu, Jumat 23 Desember 2016.

“Setelah menempuh diskusi yang panjang nyaris setahun lamanya, akhirnya kami sampai pada sebuah kesepakatan. Kami bersepakat untuk tidak meneruskan Banda Neira.”

Pengumuman tersebut sontak membuat para penggemarnya merasa kehilangan. Di Instagram, akun mereka dibanjiri komentar bernada sedih dan menyayangkan kondisi tersebut.

 

 

Solid Gold

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s