Usai Blusukan di Jawa Tengah, Suara Sri Mulyani Hampir Hilang

Sri Mulyani Indrawati mengisi acara seminar Problem Defisit An‎ggaran yang digelar Partai Golongan Karya (Golkar) | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang
Jalan Tol Semarang-Solo memiliki total panjang 72,64 km yang terbagi menjadi lima seksi. Seksi I yakni Semarang-Ungaran (10,85 km) sudah beroperasi 11 November 2011, dan seksi II Ungaran-Bawen (11,99 km) telah dioperasikan pada 4 April 2014.

Seksi III Bawen-Salatiga 17,6 km, progres fisiknya saat ini mencapai 90,48 persen, dan ditargetkan rampung Maret 2017 sehingga bisa dioperasikan melayani arus mudik Lebaran 2017.

Selanjutnya untuk Seksi IV Salatiga-Boyolali (24,5 km) sedang dalam proses konstruksi dan pembebasan lahan, dengan progres 97,6 persen. Demikian juga Seksi V Boyolali-Kartasura (7,74 km) sudah dilakukan konstruksi dan proses pembebasan lahan dengan progres 98,82 persen.

Sebelumnya Sri Mulyani meninjau salah satu infrastruktur pendukung arus mudik lebaran 2017. Dalam tinjauan tersebut Sri Mulyani ditemani oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Kedua menteri itu juga ditemani oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ketika Sri Mulyani berada di mimbar dan bersiap untuk memberikan sambutan, ‎suaranya serak. Terlihat beberapa kali terbatuk. “Maaf suara saya serak bukan karena menyanyi. Tapi weekend kemarin menjalani perjalanan ke daerah dalam suasana kurang sehat. Tapi biasanya makin banyak bicara, bisa kembali suaranya,” ucap Sri Mulyani.

‎Tanpa takut suaranya akan hilang, Sri Mulyani melanjutkan pidato mengenai kondisi ekonomi dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari tahun ke tahun. Dia optimistis perekonomian global dan Indonesia akan sedikit membaik meskipun masih harus menghadapi ketidakpastian.
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengisi acara seminar Problem Defisit An‎ggaran yang digelar Partai Golongan Karya (Golkar) dengan suara serak. Suaranya sedikit menghilang pasca beberapa hari melaksanakan kunjungan kerja ke jawa Tengah untuk meninjau proyek tol Semarang-Solo.

Seminar Poksi XI Fraksi Partai Golkar DPR RI dengan tema “Problem Defisit Anggaran dan Strategi Optimalisasi Penerimaan Negara 2017,” yang berlangsung di Ruang KK Gedung DPR, dimulai pukul 09.30 WIB.

Selain Sri Mulyani, hadir dalam seminar ini, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, Ketua Komisi XI DPR Melchias Markus Mekeng, jajaran pejabat Eselon I Kementerian Keuangan, diantaranya Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi, Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi, dan Dirjen Anggaran Askolani. Hadir pula perwakilan dari pengusaha, Hariyadi Sukamdani selaku Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan seluruh anggota dewan dari Fraksi Golkar.

( Baca : Utang Naik, Menkeu: RI Masih Lebih Baik dari Negara Lain )

Sri Mulyani: Belanja Tidak Bisa Ditunda, Kalau Perlu Kita Utang | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang
Anggaran sektor pendidikan meningkat dua kali lipat dari Rp 200 triliun di 2016 menjadi Rp 400 triliun di 2017

“Pendidikan itu tidak bisa ditunda,” tegas Sri Mulyani.

Untuk sektor kesehatan, Sri Mulyani juga menegaskan anggarannya juga tidak bisa ditunda. Bahkan anggarannya juga mengalami peningkatan dua kali lipat lebih dari Rp 50 triliun di 2016 menjadi Rp 105 triliun di 2017.

“Kesehatan juga itu tidak bisa ditunda,” papar Sri Mulyani.

Sri Mulyani menjelaskan, sektor pendidikan sangat penting, karena sektor tersebut bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia di dalam negeri.

Jika APBN mengalami kekurangan, Sri Mulyani siap menambah utang negara untuk memenuhi tiga sektor tersebut.

“Ada belanja tidak bisa ditunda kalau perlu kita utang,” ujar Sri Mulyani di kompleks gedung DPR/MPR RI, Jakarta.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan ada alokasi belanja yang harus segera memiliki anggaran. Alasannya, sektor tersebut sangat dibutuhkan masyarakat.

Sri Mulyani memaparkan, tiga sektor yang diperlukan masyarakat adalah pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur dasar.

Sri Mulyani: Yunani picu ketidakpastian ekonomi | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

Ini akan jadi ketidakpastian hingga sekitar Juni-Juli yang akan datang,” tambahnya.

Meski masih ada ketidakpastian global, ekonomi Indonesia kata Sri Mulyani tidak dalam kondisi yang buruk. Sebab, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih bisa berada di sekitar 5%-6% sejak tahun 2010, pasca krisis lalu.

“Ini jadi salah satu yang bisa dianggap sebagai bekal untuk sikapi kondisi environment dunia ini dan bagaimana instrumen pemerintah untuk didesain guna mengurangi ketidakpastian global dan di saat yang sama memperkuat ekonomi di dalam negeri,” tambah Sri Mulyani.

Lebih lanjut menurutnya, hal ini akan menjadi topik pembicaraan di tingkat global dalam dua hingga tiga bulan ke depan. Kondisi tersebut juga akan menjadi lebih rumit lantaran Jerman, Perancis, dan Belanda yang selama ini menjadi penyelamat Yunani, tengah menghadapi masa-masa pemilihan umum (pemilu).

Ketidakpastian kondisi global masih akan membayangi ekonomi dunia, termasuk Indonesia pada tahun ini. Tak hanya rencana kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (AS) dan arah kebijakan AS, kondisi ekonomi Yunani pun menjadi salah satu pemicunya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, saat ini, rasio utang Yunani saat ini medekati 200% dari produk domesti brutonya (PDB). Tak hanya itu, defisit anggaran Yunani juga telah mencapai 4,2% dari PDB.

“Kalau kita sudah lihat Brexit, dulu pernah disebutkan Grexit (Greek Exit) karena tidak mungkin Yunani akan tetap di Uni Eropa dengan defisit lebih dari 3%,” kata Sri Mulyani saat paparan dalam acara seminar di Gedung DPR, Senin (21/2).

 

 

Solid Gold

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s