TERPOPULER: Astra Gelontorkan Rp8 Triliun Bangun Perkantoran dan Apartemen

Bangun 2 Properti, Astra International Investasikan Rp8 Triliun | PT Solid Gold Berjangka

 PT Solid Gold Berjangka

Sedangkan, Anandamaya Residences seluruh unit dimaksudkan untuk dijual secara soldout.

“Anandamaya karena proyek ini joint venture antara Astra International dan Hong Kong Land. Untuk tahun ini kita perkirakan bisa jual secara sold out. Namun, saat ini masih tersisa 7% yang belum terjual dari total 509 unit. “Sisa 7% itu sebenarnya coming to the market kita lihat jaringan kita. Tapi nggak ada maksud dari kita untuk mengkeep unit Anandamaya untuk dijual ke market,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan, kedua proyek ini memiliki sifat yang berbeda. “Untuk Menara Astra proyek yang fully develop oleh Astra International. Menara Astra itu dimaksudkan untuk investasi properti, semuanya disewakan nggak ada yang dijual,” jelasnya.

Dia mengatakan total investasi masing-masing proyek, untuk Menara Astra mencapai Rp4,5 triliun, sementara Anandamaya Residences mencapai Rp3,5 triliun.

PT Astra International Tbk (Astra) tengah membangun 2 proyek bernama Menara Astra dan Anandamaya Residences di CBD, Sudirman. Kedua proyek ini dikatakan Chief of Astra Property Astra David Iman Santosa bernilai investasi mencapai triliunan Rupiah.

“Jumlah lantai konstruksi (Menara Astra) ada 47 lantai. Total daripada investasi kedua proyek ini total 8 triliun,” katanya di Menara Astra, Jakarta, Senin Dia pun mengatakan, proyek ini sudah dikerjakan sejak 3 tahun lalu. Untuk serah terima unit yang disewakan baru akan dilakukan di 2018.

“Untuk dari pada Menara Astra target kita itu sesuai dengan konseptual kita itu sesuai antar Menara Astra dengan main kontraktor dan total itu akan dilaksanakan serah terima Maret 2018.

Gedung ini beroperasi di targetkan Juni 2018,” katanya. Sementara untuk Anandamaya Residences, dia mengatakan akan dilakukan serah terima unit terjual pada terjual pada kuartal IV-2018.

Untuk penyelesaian pembangunan diperkirakan pada kuartal I-2018.
(20/2/2017).

David memperkirakan bangunan ini baru akan mencapai tahap finishing 1 tahun dari proses topping off namun dia mengatakan dari seluruh unit yang tersedia di Anandamaya Residences sudah nyaris habis terjual. “Sampai saat ini penjualan Anandamaya Residences mencapai 93% dari total 509 unit yang kita tawarkan ke market.

Jadi development everything on target dalam budget, konstruksi, dan serah terima unit dalam customer kita,” katanya.

(Baca : Markas Utama Astra Baru Terserap 22 Persen | PT Solid Gold Berjangka )

Astra Garap Proyek Apartemen di Jakarta | PT Solid Gold Berjangka

 PT Solid Gold Berjangka

Dia menyebut pembangunan akan dilakukan setelah launching pada akhir tahun ini, usai perizinan selesai. Diperkirakan mulai pembangunan di 2018.

“Nanti setelah launching tahun ini mungkin itu baru kita bangun tahun depan. Hari ini di lapangan sudah mulai bangun jalan lingkungan, marketing office,” ujarnya.

Ia mengatakan untuk aksesnya sendiri sudah terbantu dengan proyek infrastruktur jalan tol Priok yang mengarah ke Cakung. Nantinya jika ada LRT Jadetabek maka akan dekat dengan lokasi tersebut.

“Kita akan lihat integrated di sana dengan adanya LRT, busway bisa membantu di situ,” ujarnya.

Pada tahap I ia menyebut nilai investasi sebesar Rp 4 triliun. Sementara itu secara total pengembangan kawasan diperkirakan dibutuhkan Rp 20 triliun hingga 15 tahun untuk pengembangan properti di kawasan tersebut.

“Rp 4 triliun dari join venture Astra Modern Land tahap I,” ujarnya.

Rp 4 triliun tersebut digunakan untuk investasi tanah dan working capital. Saat ini sebanyak 70 hektar lahan sudah dimiliki Astra Modern Land.

Saat ini lahan tersebut telah dimiliki Astra. David menegaskan yang pertama dibangun adalah perumahannya terlebih dulu.

Namun, dia tidak menyebutkan luas tanah yang dibangun dan berapa unit yang akan dijual pada tahap I. Nama kawasan ini pun belum dirilis olehnya.

“Masih studi untuk tahap awal berapa cluster dan berapa landed houses. Nanti mau ketemu teman-teman untuk mendiskusikan namanya dan berapa clusster, tapi untuk secara total GFA (Gross Floor Area) develoment itu 1 juta m2 total keseluruhan. Total di sana untuk developement komersial area, landed houses, apartement yang middle price ditotal,” ujarnya.

Kita di Jakarta Timur ada total development 100 hektar, merupakan development bersama Astra Land Indonesia dengan Modernland Reality untuk membuat suatu join venture lagi namanya Astra Modern land,” kata David, di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (20/2/2017).

Sementara, Astra Land Indonesia merupakan perusahaan patungan (50:50) antara PT Astra International Tbk dan Hong Kong Land Group Limited). Nantinya di kawasan tersebut ada perumahan dan apartemen yang diperuntukan untuk menengah ke bawah.

Di kawasan itu akan ada pusat perbelanjaan Aeon, dan IKEA untuk usaha furniture. Nantinya memang 70 hektar untuk area komersil dan sisanya untuk pengembangan properti lainnya.

PT Astra International Tbk memiliki beberapa proyek properti tahun ini, diantaranya Anandamaya Residence, kawasan properti perumahan dan apartemen di Jakarta Timur, dan satu kawasan apartemen lagi yang tidak mau disebutkan, tapi lokasinya di Jakarta.

Chief of Astra Property PT Astra International Tbk, David Iman Santosa mengatakan, salah satu proyek propertinya akan dibangun satu kawasan apartemen dan perumahan di Cakung, Jakarta Timur. Kawasan tersebut akan dibangun di lahan seluas 100 hektar oleh join venture PT Astra Land Indonesia dengan Modernland Realty (50:50) yang disebut Astra Modern Land.

Astra Bakal Sulap Bengkel di Lokasi Strategis Jadi Properti Komersial | PT Solid Gold Berjangka

 

Untuk pengembangan proyek-proyek properti, Astra mungkin akan menyerahkannya pada perusahaan yang lebih kompeten seperti Hongkong Land.

Selain itu, perseroan dengan dan mitra dari Hongkong ini juga telah memiliki bank tanah tersendiri.

Proyeknya yang kini tengah berjalan adalah berskema join venture (JV) dengan Modern Land, yaitu perumahan di klaster seluar 70 hektar.

“Dengan (bank tanah) itu kami yakin bisnis ini dapat dikembangkan. Selain kami punya lahan, saya yakin lini ketujuh ini akan bagus,” kata Paulus.

Ia mencontohkan bengkel Astra yang berada di Sunter, Jakarta Utara. Bengkel ini ada rencana untuk dipindahkan ke Cikarang, sehingga lahannya bisa dibangun properti komersial.

Menurut Paulus, secara total, bank tanah milik Astra adalah seluas 140 hektar. Namun, bank tanah ini tidak murni dimiliki Astra melainkan juga dikerjasamakan dengan pemilik tanah sebelumnya.

“Dalam 10 tahun ke depan, bengkel-bengkel akan pindah, karena sayang tanah-tanahnya di tempat premium,” kata Paulus.

Setelah bidang otomotif, jasa keuangan, alat berat, pertambangan dan energi, agribisnis, infrastruktur dan logistik, serta teknologi informasi, Astra juga melirik properti sebagai prospek bisnis yang menggiurkan.

Tentu saja, perusahaan baru ini dilatarbelakangi alasan yang kuat, antara lain karena Astra memiliki sejumlah bank tanah (land bank).

“Kami punya banyak land bank di tempat strategis. Lihat saja bengkel-bengkel Astra. Kalau itu dikonversi (jadi properti) bayangkan (untungnya),” ujar Direktur Astra Paulus Bambang Widjanarko di proyek Menara Astra, Jakarta, Senin (20/2/2017).

Pendirian PT Astra Land Indonesia bersama Hongkong Land Ltd, menjadi lini bisnis ketujuh PT Astra International Tbk (Astra).

 

Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s