BI Waspadai Dampak Banjir Terhadap Inflasi 2017

Banjir terus menghantui setiap musim hujan tiba | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang
Tidak terjaganya stabilitas harga volatile food, kata Agus, akan memberikan dampak terhadap laju inflasi tahun ini. Apalagi, IHK 2017 sejatinya sudah dibebankan adanya kenaikan harga yang diatur pemerintah (administered prices) seperti kenaikan tarif dasar listrik.

“Secara umum, kita sudah tau permasalahan dan tantangan ada di administered price secara bertahap,” katanya.
Secara garis besar, berdasarkan survei mingguan bank sentral terhadap perkembangan IHK di minggu ketiga, masih berada di kisaran 0,35 persen. BI masih meyakini, inflasi tahun ini akan tetap sesuai target empat plus minus satu persen.

“Kita harus menjaga volatile food, agar bisa sesuai dengan target,” tegasnya.

“Kita harus menjaga kondisi alam, yang membuat volatile food (harga makanan bergejolak) tidak terjaga panennya,” jelas Agus, saat ditemui di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu 22 Februari 2017.

Akibat curah hujan yang tinggi, beberapa wilayah diakui mantan Menteri Keuangan itu telah menyebabkan sejumlah wilayah pangan strategis terkena banjir. Hal tersebut, dikhawatirkan akan memberikan pengaruh bagi kondisi harga volatile food ke depan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan, sejumlah wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan, masih berada dalam puncak musim hujan.

Tak terkecuali, bagi wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi.
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, curah hujan dengan intensitas tinggi yang pada akhirnya menyebabkan kebanjiran di beberapa daerah, tentu akan berpengaruh terhadap perkembangan Indeks Harga Konsumen, atau inflasi.

( Baca : Sri Mulyani Senang Sekarang Tak Ada Lagi Bailout )

Banjir berpotensi dorong inflasi Februari | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang
Menurut AGus, upaya menjaga harga pangan yang bergejolak merupakan komitmen bank sentral bersama-sama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sebab, tahun ini, ada tantangan inflasi yang bersumber dari harga yang diatur pemerintah (administered prices), terutama kenaikan tarif listrik 900 volt ampere (VA) bertahap.

Lebih lanjut, menurut Agus, Presiden dalam rapat kerja Kementerian Perdagangan juga telah berpesan agar pengendalian inflasi tahun ini berjalan baik. “Kami mengharapkan inflasi masih tetap 4% plus minus 1%. Kami juga mendengar motivasi Presiden bahwa kalau bisa harus dijaga seperti tahun 2016. Ini clear dan kami harus koordinasi,” tambahnya.

Ekonom Maybank Indonesia Juniman juga memperkirakan inflasi bulan ini akan lebih rendah dibanding Januari 2017. Dia menghitung, inflasi bulan ini akan ada di kisaran 0,1%-0,4%. Inflasi disumbangkan masih tingginya beberapa komoditas pangan. Namun, harga pangan akan turun saat panen raya Maret dan April. Bahkan ada peluang terjadi deflasi di bulan ini jika suplai pangan terjaga dengan baik.

BI mewaspadai dan menjaga risiko kondisi alam yang membuat harga-harga pangan bergejolak (volatile food). “Kami dapat informasi di Jawa Tengah bagian utara banjir dan bagaimana langkah-langkah Jawa Tengah merespon supaya tidak menekan inflasi,” kata Agus di Gedung DPR, Rabu (22/2).

Agus bilang, berdasarkan perkembangan hasil survei harga mingguan terkini yang dilakukan pihaknya, inflasi bulan ini masih berada di kisaran 0,35%. Angka itu lebih baik dibanding bulan Januari 2017 yang tercatat cukup tinggi sebesar 0,97%.

Jika proyeksi BI ini benar, inflasi Februari 2017 akan melanjutkan tren inflasi rendah pada tujuh tahun terakhir, kecuali Februari 2013. Bahkan Februari 2015 dan 2016, indeks harga konsumen (IKH) tercatat deflasi masing-masing 0,36% dan 0,09%.

Curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir membuat sejumlah daerah tergenang banjir. Bank Indonesia (BI) pun mewaspadai hal ini, sebab dikhawatirkan banjir tersebut akan berdampak pada kenaikan tekanan inflasi nasional.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, tingginya curah hujan belakangan ini menyebabkan dua hal. Pertama, terganggunya masa panen sejumlah komoditas pangan. Kedua, menyebabkan bencana banjir sehingga mengganggu jalur distribusi pangan di sejumlah wilayah.

Gubernur BI Cermati Pengaruh Banjir pada Inflasi | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang
Selain itu, BI memprediksi tingkat inflasi Februari sekitar 0,35 persen, atau menurun dibanding Januari 2017. Sebagaimana diberitakan, Badan Pusat Statistik menyebutkan laju inflasi Januari 2017 sebesar 0,97 persen dipengaruhi oleh harga diatur pemerintah. Seperti penaikan biaya administrasi STNK dan penyesuaian tarif listrik.

Agus mengatakan pihaknya masih tetap akan menyoroti rencana penaikan tarif dasar listrik untuk pelanggan 900 volt-ampere (VA) dan juga perkembangan harga diatur pemerintah. “Dan ini harus direspons dengan volatile food dijaga agar rendah, sehingga IHK (indeks harga konsumen) tetap sesuai dengan target,” kata dia.

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, mencermati pengaruh banjir yang terjadi belakangan ini terhadap inflasi. Karena, dampaknya terhadap panen dan distribusi komoditas. “Kami termasuk harus menjaga kalau ada kondisi alam yang membuat, misalnya, volatile food tidak terjaga panennya,” kata Agus usai rapat kerja Komisi XI DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Dia juga mengatakan banjir yang menggenangi jalan dapat menganggu jalur distribusi. Hal itu akan memberikan dampak ke inflasi karena adanya kemungkinan peningkatan harga. “Kami sudah mendapatkan informasi di Jawa Tengah bagian utara banjir dan bagaimana langkahnya agar mau merespons,” kata Agus.

 

Solid Gold Berjangka

About Tia Ratna

24 yrs old Executive Secretary Benetta Ramelet, hailing from Lakefield enjoys watching movies like Death at a Funeral and Netball. Took a trip to Archaeological Site of Cyrene and drives a McLaren M16C.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s