Trauma Monorail Mangkrak, Mungkinkah LRT Lancar dan Menguntungkan?

Pengerjaan Monorail yang mangkrak pengerjaannya membuat publik bertanya | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka
“Negara kasih PMN ke PT KAI, nanti PT KAI mengembalikan itu dapat 10 atau 20 tahun, nanti pengoperasiannya kasih PSO. Atau coba lagi kaya gimana, tawarkan ke investor, mau enggak? Itu belum juga putus (final). Karena investor mana ada yang mau?” jelasnya.

Dia mengatakan, alasan investor tidak mau memberikan dana karena pembangunan infrastruktur dan angkutan perkotaan tidak ada yang untung, karena terlalu mahal. “Jadi di mana pun, di negara mana pun, pemerintah pasti menyubsidi PSO-nya, yang bangun negara. Karena terlalu mahal, dan kembalinya lama,” tukasnya.
Sekarang kan yang Jabodebek, kontraknya masih dummy, jadi belum resmi dikontrak. Lalu itu kan sudah Rp1,4 triliun dari PMN masuk ke Adhi Karya. Trus kan masih perlu, kan itu jumlahnya kurang lebih Rp24 triliun. Ini masih pembahasan, belum putus,” ungkapnya di Hall Dewan Press, JAKARTA, Senin (27/2/2017).

Menurutnya, alternatif pembiayaan yang dilakukan negara selain dari APBN harus segera dilakukan kontrak yang jelas. Agar pembangunan tidak terhenti seperti Monorail. Namun ia melihat jika investor swasta tidak akan ada yang mau mendanai karena terlalu besar jumlahnya.

Sekarang kan yang Jabodebek, kontraknya masih dummy, jadi belum resmi dikontrak. Lalu itu kan sudah Rp1,4 triliun dari PMN masuk ke Adhi Karya. Trus kan masih perlu, kan itu jumlahnya kurang lebih Rp24 triliun. Ini masih pembahasan, belum putus,” ungkapnya di Hall Dewan Press, JAKARTA, Senin (27/2/2017).

Menurutnya, alternatif pembiayaan yang dilakukan negara selain dari APBN harus segera dilakukan kontrak yang jelas. Agar pembangunan tidak terhenti seperti Monorail. Namun ia melihat jika investor swasta tidak akan ada yang mau mendanai karena terlalu besar jumlahnya.

Awal Mula Pembangunan LRT Usai Monorail Mangkrak | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka

Minta ganti ke Pemerintah enggak dapat-dapat. Dari situ, Adhi Karya melobi pemerintah, untuk dibangun LRT saja. Akhirnya diputuskan, jadi harus diselesaikan,” jelasnya.

Ia menambahkan jika Adhy Karya yang sekarang menjadi kontraktor dari LRT memang sudah menjadi perusahaan awal yang menggarap Monarail juga sehingga hanya memperbaharui kontrak saja.

Sehingga tidak perlu proses panjang yang rumit. “Perubahan itu kan perlu administrasi yang ruwet. Sementara Presiden sudah groundbreaking. Monorail kan sudah groundbreaking masa mandek. Akhirnya dibangun saja, tanpa tahu ini sisanya gimana. Cepat- cepat saja (pengerjaan LRT),” tukasnya.

Minta ganti ke Pemerintah enggak dapat-dapat. Dari situ, Adhi Karya melobi pemerintah, untuk dibangun LRT saja. Akhirnya diputuskan, jadi harus diselesaikan,” jelasnya.

Ia menambahkan jika Adhy Karya yang sekarang menjadi kontraktor dari LRT memang sudah menjadi perusahaan awal yang menggarap Monarail juga sehingga hanya memperbaharui kontrak saja. Sehingga tidak perlu proses panjang yang rumit. “Perubahan itu kan perlu administrasi yang ruwet. Sementara Presiden sudah groundbreaking. Monorail kan sudah groundbreaking masa mandek. Akhirnya dibangun saja, tanpa tahu ini sisanya gimana. Cepat- cepat saja (pengerjaan LRT),” tukasnya.

Pemerhati Kebijakan Publik dan Konsumen Agus Pambagio menuturkan awal mula pembangunan Light Rail Transit (LRT) yang sekarang sedang gencar dilakukan pembangunannya oleh Pemerintah. Ia mengatakan jika pembangunan LRT digarap setelah Monorail mangkrak pengerjaannya.

( Baca : Pemerintah Bakal Libatkan KAI Buat Bangun LRT Jakarta )

Bangun LRT Rp23,3 Triliun di Jakarta, Tidak Bakal Rugi! | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka
Jakarta Rp23,3 triliun tidak akan rugi dan akan membantu ekonomi. Di sekitar jalurnya LRT sudah didirikan perumahan dan apartemen maka masih ada harapan penumpangnya ada. Tapi di Palembang akan sulit ada penumpang,” jelasnya. Sehingga ia melihat jika seharunya APBN yang dikeluarkan untuk pembangunan LRT Jabodebek bukan untuk LRT Palembang.

Walaupun harus dilakukan, maka Jabodebek harus dibiayai juga oleh Pemerintah. Selain itu, rencana pembangunan proyek LRT Bandung tidak harus dilakukan sekarang karena yang harus menjadi fokus Pemerintah kedua proyek tersebut. “Intinya yang LRT Palembang dan Jabodebek harus diselesaikan jangan sampai mangkrak dua-duanya. Tapi yang baru direncanakan sebaiknya tidak usah,” tukasnya.

Persoalannya dua-duanya berbeda. Jabodebek prospeknya soal anggaran pendanaan yang belum jelas. Palembang tidak ada kendala dana karena ditanggung oleh Pemerintah untuk nyambut sea games,” Ungkapnya di Hall Dewan Press, Jakarta, Senin (27/2/2017).

Menurutnya, pembangunan LRT di Jakarta dengan estimasi dana sebesar Rp23 triliun tersebut sangat wajar, karena akan mudah mencari penumpang sedangkan di Palembang akan sulit mencari penumpang untuk sehari-hari.

Pengamat Transportasi Darmaningtyas mengatakan, ada dua proyek LRT yang diinisiasi oleh Presiden Jokowi. Yang pertama di Jakarta dengan jalur Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) dan yang kedua ada di Palembang.

Oleh karena itu, pemerintah berencana membangun transportasi baru yang dianggap lebih baik serta mampu menarik minat masyarakat terhadap angkutan umum. Salah satunya dengan membangun proyek Light Rail Transit (LRT).

Oleh karena itu, pemerintah berencana membangun transportasi baru yang dianggap lebih baik serta mampu menarik minat masyarakat terhadap angkutan umum. Salah satunya dengan membangun proyek Light Rail Transit (LRT).

 

PT Solid Gold Berjangka

 

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s