Bongkar Muat Sembako, Asia Airlines Terjungkal di Bandara Wamena

Pesawat TRI-MG Asia Airlines jenis Boeing 737 – 301 F PK – YGG terjungkal di Bandar Udara Wamena | PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta

PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta

“Pada saat bongkar muat, tiba-tiba muatan berupa semen dan beras yang berada di atas pallet yang berada di badan pesawat, meluncur ke bagian ekor pesawat yang diakibatkan oleh licinnya bagian badan pesawat, karena tertumpahnya salah satu minyak goreng di dalam pesawat,” dia memaparkan.

Menurut Barata akibat insiden ini bagian depan pesawat terjungkang ke atas dan ban depan pesawat terangkat, serta ekor pesawat menyentuh landasan.

“Pukul 17.30 WIT, awak kabin yang dibantu oleh personel Pam Bandara langsung mengangkut barang yang berada di dalam pesawat, sehingga pesawat (Asai Airlines) kembali ke posisi semula (normal),” Barata menandaskan.

“Tidak ada korban akibat kejadian tersebut. Kerugian materiil, pesawat mengalami kerusakan di bagian ekor pesawat akibat insiden tersebut,” ujar Barata dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/4/2107).

Barata menjelaskan pada pukul 17.20 WIT, pesawat TRI MG Asia Airlines landing di Bandara Wamena dalam keadaan aman. Selanjutnya menuju ke Apron II untuk melaksakan bongkar muatan.

Kemudian, pukul 17.25 WIT, pesawat tersebut selanjutnya round atau parkir dan untuk bongkar muat barang dari pesawat.

Pesawat TRI-MG Asia Airlines jenis Boeing 737 – 301 F PK – YGG terjungkal di Bandar Udara Wamena, Papua pada Senin sore. Insiden ini saat pesawat sedang bongkar muatan sembako dan bahan bangunan.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata mengatakan, pesawat yang diawaki pilot Gatot dan co pilot Wahyu itu terjungkal saat bongkar muatan di Apron II Bandara Wamena pada pukul 17.25 WIT.

 

Pesawat Tri MG Asia Terjengkang Saat Bongkar-Muat di Wamena | PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta

PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta
Tidak ada korban luka akibat kejadian tersebut. Hanya kerugian materiil yang timbul karena terdapat kerusakan di bagian ekor pesawat akibat insiden tersebut.

“Ini posisi pesawat saat ini sudah normal kembali,” tutur Agoes sambil membagikan foto posisi pesawat Tri MG yang sudah tegak kembali.

Pada saat bongkar-muat, tiba-tiba muatan berupa semen dan beras yang berada di atas pallet yang berada di badan pesawat meluncur ke bagian ekor pesawat yang diakibatkan oleh licinnya bagian badan pesawat karena tertumpahnya salah satu minyak goreng di dalam pesawat,” ujar dia.

Hal itu, lanjutnya, mengakibatkan bagian depan pesawat terjengkang ke atas dan ban depan pesawat terangkat serta ekor pesawat menyentuh landasan. Awak kabin yang dibantu oleh personel Pam Bandara langsung mengangkut barang yang berada di dalam pesawat, sehingga pesawat kembali ke posisi semula (normal).

Pesawat TRI MG Asia Airlines jenis Boeing 737-301 F bernomor registrasi PK-YGG landing di Bandar Udara Wamena dalam keadaan aman, selanjutnya menuju ke apron II untuk melaksanakan bongkar muatan,” ucap Agoes dalam keterangan tertulis yang diterima hari ini.

Pesawat itu selanjutnya round (parkir) dan sedang dilakukan bongkar-muat barang.

Pesawat Tri MG Asia Airlines terjengkang saat akan dilakukan bongkar-muat barang di Bandara Wamena. Gara-gara minyak goreng tumpah.

Dalam foto yang didapatkan detikcom, ekor pesawat Tri MG Asia Airlines itu menyentuh aspal parkiran pesawat. Ternyata barang-barang di dalam pesawat itu melorot ke bawah karena ada tumpahan minyak goreng.

Insiden itu dikonfirmasi Pejabat Humas Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Agoes Soebagio. Agoes mengatakan insiden itu terjadi pada Senin (3/4/2017) ini sekitar pukul 17.25 WIT atau pukul 15.25 WIB.

 

Pesawat Kargo di Bandara Sentani Nungging ke Belakang, Barang ‘Terpeleset’ Minyak Goreng | PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta

Akibatntya, terjadi ketidakseimbangan pasawat sehingga ekor pasawat menyentuh parmukaan apron dan moncong pesawat terangkat kurang lebih sekitar 2 meter.

Tidak dijelaskan rute penerbangan pesawat tersebut serta bagaimana kondisi pesawat akibat kejadian ini.

Otoritas bandara hanya menyebutkan bahwa pada pukul 08.40 UTC, setelah unloding, pesawat normal pada posisi semula.

Pesawat itu kemudian parkir di Apron Bravo.

Saat unloading atau membongkar barang, ada minyak goreng yang bocor pada valet di bagian tengah cabin pesawat.

Akibatnya, lantai pesawat licin dan barang-barang di dalam kabin kemudian merosot ke belakang.

Sebuah pesawat kargo milik maskapai Tri MG Asia Airlines, nomor penerbangan PK-YGG, nungging ke belakang saat unloading atau pembongkaran barang-barang di Bandara Sentani, Wamena, Papua, Senin (3/4/2017) siang.

Menurut informasi Bandar Udara Kelas I Wamena yang diterima Tribun, pesawat tersebut mendarat pada pukul 07.20 UTC (Universal Time Coordinated) atau pukul 14.20 WIB (12.20 Wita).

 

PT Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in PT. Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s