Jusuf Kalla Minta Amerika Serikat Introspeksi

Jusuf Kalla menjelaskan, selama ini barang yang diproduksi AS terkenal mahal | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

 

PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang
Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memerintahkan adanya investigasi terhadap negara-negara 16 mitra dagang yang membuat AS mengalami defisit perdagangan, salah satunya Indonesia.

Perintah Donald Trump itu bertujuan untuk melindungi perekonomian AS dari praktik dumping, yakni praktik manipulasi dagang sehingga harga barang di luar negeri jauh lebih murah dari harga normal di negara produsen.

Selama ini, surplus perdagangan Indonesia-AS lebih dirasakan oleh Indonesia. AS justru lebih banyak mengimpor barang dari Indonesia ketimbang ekspornya.

Kita tidak pernah paksakan untuk beli barang Indonesia, tapi karena barang Indonesia baik dan murah jadi mereka beli. Jadi Amerika harus interospeksi diri kenapa barangnya mahal,” ujar Jusuf Kalla.

Wapres Kalla menambahkan, Amerika Serikat selama ini kerap menyuarakan sistem perdagangan bebas di sejumlah kesempatan.

Sebagai negara yang menganut paham kapitalis, wajar bila AS menerapkan sistem perdagangan tersebut.
“Tapi sekarang malah menyesalkan. Kan ini fair trade karena itu kan dijamin oleh WTO dan sebagainya.

(Sekarang) tergantung kalau dikatakan curang, bagian mana yang curang,” ucap Jusuf Kalla.

Artinya, neraca perdagangan Indonesia surplus 8,4 miliar dolar AS.

Sejumlah komoditas yang diekspor Indonesia ke Amerika, seperti minyak dan gas bumi, barang-barang garmen, mesin, serta alas kaki.

Sementara, impor Indonesia dari AS seperti pesawat garapan Boeing, listrik, serta mesin-mesin.

Jusuf Kalla menjelaskan, selama ini barang yang diproduksi AS terkenal mahal. Hal itulah yang membuat Indonesia hanya sedikit mengimpor barang dari Negeri Paman Sam itu.

Sebaliknya, barang produksi Indonesia terkenal murah, sehingga banyak dibeli pasar AS. Kondisi serupa juga dialami negara lain seperti China, Meksiko dan Kanada.
“Kalau terjadi begitu Amerika harus introspeksi, kenapa kita kurang mengimpor barang dari Amerika, karena mereka mahal.

Dia tidak bisa mengatakan kalau Indonesia curang. Curang kenapa?” kata Kalla di Kantor Wapres, Selasa (4/4/2017).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2016, nilai ekspor Indonesia ke AS mencapai 15,6 miliar dolar AS, sedangkan impor hanya 7,2 miliar dolar AS.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai Pemerintah Amerika Serikat harus introspeksi sebelum mengeluarkan keputusan investigasi terhadap 16 mitra dagangnya.

Keputusan tersebut diambil Presiden Donald Trump lantaran AS mengalami defisit perdagangan.

Jusuf Kalla Minta Amerika Introspeksi Diri | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

 

PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang
Lagi pula, menurut JK, pemilihan impor komoditi dari negara tertentu yang dianggap memberi penawaran terbaik adalah hal yang lazim di dunia internasional. Ditambah, AS merupakan negara yang mendorong terjadinya perdagangan bebas.

Selain itu, JK mengatakan, Indonesia juga tetap mengimpor sejumlah barang tertentu dari AS yang dianggap sebagai bentuk, penawaran terbaik, seperti mesin pesawat terbang.

Dengan demikian, menurut JK, tuduhan Trump bahwa tindakan Indonesia telah mengganggu neraca perdagangan mereka sangat tak tepat.

“Amerika sendiri yang menyodorkan perdagangan bebas selama ini, sebagai unsur negara yang kapitalis memang harus ada perdagangan bebas. Karena itu kan dijamin WTO (World Trade Organization/organisasi perdagangan internasional),” ujar JK.

Menurut JK, impor sejumlah komoditi tidak dilakukan dari AS karena negara adidaya itu menjualnya dengan harga terlampau mahal. Dengan demikian, tak tepat jika Trump menuduh Indonesia curang dan menyalahkan Indonesia atas kerugian yang mereka alami.

“Amerika harus introspeksi, kenapa kita kurang mengimpor barang dari Amerika? Karena dia mahal. Dia tidak bisa mengatakan, ‘wah, Indonesia curang’. Curang apa?” ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 4 April 2017.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meminta Amerika Serikat introspeksi diri. Pernyataan JK ini sekaligus menjawab, mengapa, Indonesia seringkali tidak menjadikan AS sebagai mitra impor komoditi tertentu.

JK juga sekaligus menjelaskan jawaban terkait tudingan Presiden AS Donald Trump yang menganggap Indonesia telah berlaku curang dalam melaksanakan perdagangan dengan AS. Trump menganggap tindakan curang Indonesia dan 15 negara lain sebagai penyebab defisit perdagangan AS yang begitu besar, mencapai US$ 50 miliar.

Amerika Serikat Tuduh Indonesia Negara Curang | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang
Amerika sendiri yang menyodorkan perdagangan bebas selama ini, sebagai unsur negara yg kapitalis memang harus perdagangan bebas. Sekarang malah menyesalkan. Padahal fair trade ini ada yang menjamin, seperti WTO,” katanya.

Trump mengeluarkan perintah eksekutif yang berisi memerintahkan jajarannya untuk menyelidiki negara-negara yang bertanggung jawab atas defisit neraca perdagangan AS yang nilainya mencapai hampir US$ 50 miliar.

Beberapa negara yang disebut dalam daftar tersebut di antaranya: Jepang, Jerman, Meksiko, Irlandia, Vietnam, Italia, Korea Selatan, Malaysia, India, Thailand, Prancis, Swiss, Taiwan, Indonesia, dan Kanada.

Amerika harus introspeksi, kenapa kita kurang mengimpor barang dari Amerika, karena mereka mahal,” ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Indonesia sejauh ini mengekspor banyak produk garmen dan alas kaki dari AS, sementara Indonesia mengimpor pesawat Boeing dan mesin lainnya yang pengadaanya tidak bisa disanggupi dari dalam negeri.

Presiden AS Donald Trump pun memasukkan Indonesia sabagai salah satu dari daftar negara yang selama ini telah curang terhadap AS mengacu pada hasil investigasi yang diinstruksikan Presiden Donald Trump beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan, Pemerintah AS seharusnya instrospeksi diri pada strategi dagang mereka mengingat defisit perdagangan AS dengan Indonesia selama ini diakibatkan oleh barang yang diimpor ke negara itu memang lebih murah, dibandingkan dengan harga barang-barang yang sama di AS.

Defisit neraca anggaran Amerika Serikat yang mencapai 13 miliar dolar AS ditengarai karena adanya ‘kecurangan’ yang dilakukan oleh sejumlah negara yang menjadi mitra dagang Amerika Serikat.

 

Solid Gold Berjangka

 

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s