Purwarupa Transportasi Modern Bandung Identik Persib

LRT. Purwarupa, atau prototipe Metro Kapsul dipajang di kawasan alun-alun Masjid Agung | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka
Saya tugaskan ke Pak Sekda (Sekretaris Daerah) untuk merapatkan dan memastikan perizinan studi dari Pemkot (Bandung) jangan lelet (lamban). Karena, Pak Presiden (Joko Widodo) sudah mengingatkan untuk mempercepat proses ini karena LRT-nya buatan Indonesia, jadi punya nilai signifikan luar biasa,” kata Wali Kota.

Pemilihan LRT buatan Subang, kata Ridwan, akan meringankan beban Pemkot Bandung dan masyarakat. Soalnya, dengan konten lokal, harga tiket LRT diklaim tidak terlalu mahal.

“Karena, LRT yang bukan konten lokal membuat tiket (untuk) warga mahalnya luar biasa, dan membebani anggaran kami. Sudah dihitung (harga tiket) sekitar tujuh ribu sampai lima belas ribu (per orang),” kata Wali Kota.

Wali Kota Ridwan Kamil, sebelumnya memang menargetkan purwarupa Metro Kapsul hadir di Alun-alun Kota Bandung, pada pekan pertama April 2017.

Prototipe itu sengaja diberi warna dominan biru, yang identik dengan Persib Bandung.
Wali Kota itu mengatakan, prototipe LRT produksi Subang tersebut sengaja dipamerkan, agar masyarakat sedari dini mengenal Metro Kapsul. Ia pun mengimbau masyarakat bersabar menunggu proses pembangunan proyek LRT itu.

Pembangunan koridor Metro Kapsul itu direncanakan dalam dua tahap. Tahap pertama sepanjang 3 kilometer dengan rute Stasiun Bandung-Alun-alun Bandung dan alokasi anggaran Rp500 miliar. Tahap kedua, rute Alun-alun Tegalega-Stasiun Bandung sepanjang enam kilometer dengan alokasi anggaran Rp1 miliar.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, akan mendapat tanggung jawab sebagai kepala pemegang kerja sama pengerjaan proyek. Pemerintah Kota sedang menunggu Peraturan Presiden tentang LRT itu terbit.

Metro Kapsul yang dipamerkan di depan halte bus Damri itu belum dapat dioperasikan, karena baru sebatas purwarupa. Lagi pula, pengerjaan proyek koridor dengan dua tahap itu masih terkendala, karena regulasi Peraturan Presiden soal LRT belum diterima Pemerintah Kota.

“Itu bentuk pengenalan saja,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi, usai Metro Kapsul di Pendapa Kota Bandung.

Pemerintah Kota Bandung, mulai memperkenalkan Metro Kapsul, moda transportasi publik light rail transit, atau LRT. Purwarupa, atau prototipe Metro Kapsul dipajang di kawasan alun-alun Masjid Agung pada hari ini, Rabu 5 April 2017.

Satu unit purwarupa moda transportasi modern Kota Bandung itu menyerupai kepala tokoh fiksi susperhero Iron Man, tetapi warnanya lebih dominan abu-abu. Bagian belakangnya dominan warna biru dengan logo Pemerintah Kota Bandung.

Negara-negara Ini Lebih Lama Punya “Metro Kapsul” | PT Solid Gold Berjangka

LRT Manila adalah salah satu sistem angkutan cepat termurah di Asia Tenggara. Tarif ditentukan jarak, bervariasi dari 12 sampai 20 peso Filipina atau sekitar Rp 3.400 sampai 5.700 tergantung dari jumlah stasiun yang ditempuh.

Sebanyak 2,1 juta penumpang naik LRT Manila per harinya. Panjang lintasannya 33,4 kilometer yang sebagian melewati jembatan layang dengan 2 jalur dan jumlah total 31 stasiun. Sistem tiket dengan plastik magnet telah menggantikan sistem lama yang berbasis token, dan Flash Pass dikenalkan sebagai bagian dari sistem transportasi yang lebih terintegrasi.

Penumpang yang naik angkutan ini umumnya juga naik transportasi umum lain, seperti bus, dari dan ke stasiun. Meskipun tujuan awalnya untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan waktu perjalanan, namun urbanisasi tak terbendung sehingga jalanan Manila tetap macet.

LRT di Bandung direncanakan mulai dibangun 2017 dengan rute awal operasi 3 kilometer dari Jalan Dalem Kaum ke Stasiun Bandung. Harga tiketnya nanti direncanakan berbanderol Rp 5.000-7.000. Beroperasi terpisah dengan lalu lintas kota, Metro Kapsul akan beroperasi di jalan layang. Akankah Metro Kapsul mampu mengurangi kemacetan?

Docklands Light Railway (DLR) beroperasi sejak 1987.Awalnya hanya melayani rute dari Tower Gateway dan Stratford to Island Gardens. Kini mampu menjelajah jarak 39 kilometer dengan 45 stasiun. DLR telah menampung sampai 110 juta lebih penumpang setahun.

Nama DLR disebut-sebut sebagai LRT paling sukses dan dicontoh oleh berbagai negara. Namun, DLR juga dikritik oleh para penumpang yang membawa sepeda, dan tidak diperkenankan masuk. Bahkan sepeda lipat pun dilarang. Akhirnya, kebijakan mempersilakan sepeda lipat keluar. Masyarakat London masih berharap LRT dirancang untuk menampung sepeda seutuhnya.

Saat ini, Kota Bandung akan menjajalnya, dan sudah memamerkan prototipenya ke masyarakat. Di Alun-alun Kota Bandung, replika gerbongnya bisa disaksikan langsung pengunjung sejak Rabu, 5 April 2017.

LRT telah lama jadi transportasi andalan masyarakat Amerika dan Eropa sejak 1970-an. Berikut kota di negara-negara yang diuntungkan dengan keberadaan LRT atau tram.

LIGHT rapid transit (LRT) akan segera tersedia di Kota Bandung. LRT bikinan anak bangsa ini dikenalkan dengan nama Metro Kapsul. Kereta bertenaga tinggi ini berbobot ringan, dan rupanya sempat beroperasi di Indonesia dengan sebutan “tram”. Tepatnya di Jakarta pada tahun 1900-an, yang beroperasi di empat rute. Di Jakarta, trem saat itu mengalami dua kali transformasi penggunaan sumber energi. Mulai dari tenaga kuda, tenaga uap, hingga tenaga listrik.

Apa Itu Bandung Metro Kapsul? | PT Solid Gold Berjangka

Perpres itu diperlukan untuk mempercepat penyediaan sarana transportasi masal. Presiden tak menghendaki proyek semacam ini dilakukan lewat skema investasi jangka panjang, mengingat kebutuhan transportasi masal yang mendesak. Jika proses berjalan lancar, rencananya Mei 2017 pembangunan sudah bisa dimulai.

Pemkot Bandung tak perlu melakukan pembebasan lahan untuk proyek ini. tiang pancang dan halte akan dibangun di lahan milik pemkot dan bekerja sama dengan PT KAI. “Intinya, kami sudah siap,” ujarnya.

Ia mengatakan, keunggulan moda ini mempunyai beban yang ringan. Sehingga pembiayaan konstruksinya lebih murah.

Sebagai tahap awal, Pemkot Bandung membangun koridor sepanjang 3 km dari Stasiun Bandung sampai ke Dalem Kaum. Harapannya, masyarakat luas, termasuk wisatawan, yang berkunjung ke Bandung menggunakan kereta api bisa memanfaatkan layanan moda transportasi baru ini untuk menuju ke pusat kota.

Investasi proyek ini sekitar Rp 500 miliar. Rencananya, semua pendanaan akan ditanggung oleh investor.

Proses pengerjaan akan dimulai setelah Peraturan Presiden (Perpres) tentang LRT Kota Bandung sudah rampung. “Kemenhub sudah mengirimkan draftnya untuk dipelajari. Perpres ini nanti menentukan apakah akan dikerjakan lewat beauty contest atau penunjukan langsung,” ujarnya.

Prototipe LRT “Bandung Metro Kapsul” sudah dipajang di Alun-alun Kota Bandung, Rabu, 5 April 2017. Alat transportasi massal modern ini rencananya akan mulai dibangun pada Mei 2017 mendatang.

Gerbong berbentuk kapsul itu diletakkan berjajar dengan halte Alun-Alun. Prototipe itu dipasang sejak Rabu, 5 April 2017 dini hari.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi menjelaskan, desain dan rangka Bandung Metro Kapsul merupakan hasil karya para alumni Institut Teknologi Bandung (ITB). Sementara mesin penggeraknya berasa dari Slovenia.

“Bannya menggunakan karet,” kata Didi saat dihubungi, Rabu, 5 April 2017.

 

 Solid Gold Berjangka

 

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s