Terjual Rp 949 Miliar, Ini Berlian Termahal di Dunia

Berlian merah jambu menjadi perhiasan termahal di dunia | PT Solid Gold Berjangka

 

PT Solid Gold Berjangka
Sebetulnya, The Pink Star pernah dijual dengan harga lebih tinggi dari ini, yaitu US$ 83 juta, oleh Sotheby’s dalam lelang di Jenewa pada 2013. Namun sang pembeli membatalkan niatnya.

The Pink Star ditambang di Afrika oleh De Beers pada 1999 dengan berat kotor 132,5 karat. Butuh waktu selama dua tahun untuk memotong dan memoles berlian ini hingga berbentuk oval.

Berlian ini pertama kali dipamerkan ke publik pada 2003 dalam acara di Museum Nasional Smithsonian Sejarah Alam, Washington.

Tiga pihak menawar untuk membeli berlian ini selama proses penawaran lima menit yang menegangkan.

Kepala Sotheby’s Asia Patti Wong kemudian mengumumkan pemenang yang berhasil memboyong berlian indah ini, yakni Chow Tai Fook, pakar perhiasan asal Hong Kong.

The Pink Star berhasil mengalahkan rekor yang pernah dicatat berlian Oppenheimer Blue, yang terjual seharga US$ 57,6 juta pada Mei lalu. Sedangkan berlian lain yang juga pernah mencatat sejarah sebagai perhiasan termahal adalah berlian merah jambu lain, Graff Pink, seharga US$ 46,2 juta pada 2010.

Sebuah berlian merah jambu menjadi perhiasan termahal di dunia setelah laku terjual dalam sebuah lelang dengan harga US$ 71 juta atau sekitar Rp 949 miliar.

Seperti dilansir CNBC News, Selasa, 4 April 2017, The Pink Star, berlian terbesar dengan berat 59,6 karat, tercatat dalam sejarah sebagai perhiasan dengan harga tertinggi setelah dijual balai lelang Sotheby’s di Hong Kong.

Rekor! Berlian Bintang Merah Jambu Terjual Rp 950 Miliar | PT Solid Gold Berjangka

Rekor penjualan sebelumnya dipegang oleh Oppenheimer Blue yang dilepas Mei tahun lalu seharga US$50 juta atau sekitar Rp 670 miliar.

Alexander Breckner, kepala bagian berlian di toko perhiasan “77 Diamonds”, mengatakan kepada BBC bahwa batu permata itu memang luar biasa.

“Ini adalah berlian merah muda terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah manusia. Warnanya luar biasa,” kata Breckner.

“Dan ukurannya saja sudah membuat batu ini begitu langka dan begitu indah.”

Sebelum dilelang di Hong Kong, berlian Bintang Merah Jambu sempat dijual senilai US$83 di Jenewa pada tahun 2013 tetapi pembelinya kemudian gagal membayar. Batu permata yang langka ini pertama kali ditemukan oleh De Beers di sebuah lokasi tambang di Afrika pada 1999. Berlian itu dipotong selama periode dua tahun.

Lelang dibuka dengan harga US$56 juta dan pembelinya adalah toko perhiasan Hong Kong Chow Tai Fook Jewellery.

Berlian itu juga tercatat sebagai berlian terbesar yang digosok yang dilelang.

Berlian langka yang dikenal dengan nama Bintang Merah Jambu laku dalam lelang di Hong Kong dengan harga lebih dari US$71 juta atau sekitar Rp 950 miliar sehingga menjadi penjualan termahal terbaru bagi batu permata dalam lelang.
Laporan-laporan menyebutkan batu berbentuk bundar dengan kadar 59,6 karat itu sudah laku baru pada menit kelima setelah lelang dibuka di rumah lelang Sotheby’s.

Berlian Pink Terjual Senilai Rp949 Miliar | PT Solid Gold Berjangka

Berlian itu dipotong dan dipoles kini menjadi berlian yang paling berharga yang pernah dijual. Dibutuhkan waktu selama dua tahun untuk membentuk Pink Star dari bentuk aslinya. “Ukuran luar biasa dari berlian 59,60 karat ini, dipadu dengan kekayaan warnanya, merupakan rekor yang melebihi apapun dari berlian merah muda dalam sejarah,” kata David Bennett, ketua divisi perhiasan Sotheby’s.

Berlian istimewa itu pertama kali muncul ke publik pada 2003 dan dipamerkan di Museum Sejarah Alam Smithsonian. Kemudian, Pink Star juga dipamerkan di Museum Sejarah Alam di London. Dalam pandangan Chaoqiu He yang memiliki label perhiasan Qiu, berlian masih menjadi investasi yang sangat menjanjikan dalam layak dikoleksi.

“Mereka (para penjual) mengetahui Asia memiliki daya beli yang kuat dibandingkan kawasan lain. Itu kenapa lelang itu dilaksanakan di Asia, khususnya Hong Kong,” tutur Chaoqiu. Dia mengatakan pasar barang supermewah bagi miliarder China tak pernah tenggelam.

Lelang Pink Star di Hong Kong itu melalui rekor penjualan berlian merah muda lainnya. Sebelumnya, rekor lelang penjualan berlian pink dipegang Graff Pink dengan 24,78 karat senilai USD46,16 juta di Jenewa pada 2010. “Pink Star mampu mengalah rekor penjualan berlian sebelumnya,” demikian pernyataan Sotheby’s. Dengan demikian, nilai jual itu melampaui prediksi Sotheby’s sebelumnya yang hanya memperkirakan USD60 juta (Rp800 miliar).

Sebelumnya, pada 2014, Sotheby’s pernah berhasil melelang berlian tersebut dengan nilai USD83,2 juta. Namun pemenang lelang itu, Isaac Wolf, ternyata gagal membayarnya karena tidak meyakinkan para investornya. Akhirnya, Sotheby’s memutuskan untuk melelang kembali Pink Star. Pink Star awalnya ditambang oleh De Beers pada 1999 sebagai berlian kasar 132,5 karat.

Tiga orang mengikuti lelang Pink Star melalui sambungan telepon dengan CEO Sotheby’s Asia Kevin Ching. Berlian berukuran seperti burung puyuh itu disebut sebagai berlian paling sempurna versi Gemological Institute of America. “Berlian berukuran luar biasa dengan 59,6 karat memiliki warna yang kaya dan mampu mengalahkan rekor berlian pink yang tercatat dalam sejarah,” kata Chairman Divisi Perhiasan Sotheby’s David Bennett.

Sebenarnya, Sotheby’s berusaha menjual Pink Star itu ke berbagai penjuru dunia. Namun, Hong Kong menjadi pilihan tepat karena miliarder China menjadi target pembeli. “Sotheby’s menulis babak baru dalam ceritanya dengan menjual berlian itu di Hong Kong yang menjadi episentrum orang kaya global,” kata Tobias Kormind dari 77 Diamonds, situs penjualan berlian online, dilansir CNN .

Berlian raksasa berwarna pink (merah muda) menjadi perhiasan termahal yang dijual dalam lelang di Sotheby’s, Hong Kong, kemarin, dengan nilai USD71,2 juta (Rp949 miliar).

Berlian berjuluk Pink Star tersebut merupakan perhiasan terbesar yang pernah ada. Sotheby’s mengatakan berlian itu dijual kepada klien yang mengikuti lelang melalui telepon. Namun, mereka tidak menyebutkan nama pembeli tersebut. “Lelang berlian oval 59,6 karat itu hanya berlangsung selama lima menit,” demikian pernyataan Sotheby’s Hong Kong dilansir BBC .

 

Solid Gold

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s