Mengecek Pembangunan Tol Pejagan-Pemalang Jelang Mudik Lebaran

Polres Brebes dan Polres Tegal bersama-sama melaksanakan survei jalan di jalur tol Pejagan Pemalang | PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta

 

PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta
Tol Pejagan Pemalang sendiri terdiri atas 4 seksi dimana seksi I dan Seksi II telah selesai dibangun dan diperasionalkan pada tahun 2016 yang lalu.
Sedangkan Seksi III dari Brebes Timur sampai dengan exit tol Ujungrusi Tegal (8 km) dan Seksi IV dari Ujung Rusi sampai dengan exit tol Pemalang (29 km) masih dalam proses konstruksi.

Adapun di beberapa titik masih terdapat lahan yang belum dibebaskan, salah satunya sebuah rumah di wilayah Kaligangsa Tegal.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan kepada kementerian PUPR agar tol Pejagan-Pemalang dapat dioperasionalkan pada masa mudik Lebaran 2017 mendatang.

“Nantinya, bila tol Pejagan-Pemalang ini dapat dioperasionalkan pada masa mudik Lebaran 2017, kita akan terapkan beberapa cara bertindak yang efektif sesuai dengan keadaan di lapangan.

Paling tidak dengan adanya dua titik keluar tol baik di Brebes maupun di Tegal, kita dapat berkoordinasi agar arus nantinya dapat kita bagi baik keluar di Tegal maupun di Brebes, ataupun dilanjutkan keluar di exit tol Pemalang sehingga diharapkan kejadian Brexit di tahun 2016 lalu, dapat kita hindari,” beber AKP Arfan Zulkan SIpayung.

Peninjauan ini menurut Zulfan merupakan bentuk pengecekan awal perkembangan terakhir pembangunan tol Pejagan Pemalang Seksi 3 dan 4 yang ditargetkan untuk dapat dioperasionalkan pada masa mudik Lebaran tahun 2017 ini.

Ikut dalam pengecekan ini Kabags Ops Polres Tegal Kompol R Dian
Pengecekan dilakukan dengan mengendarai kendaraan trail dinas kepolisian. Survei jalan tol Pejagan Pemalang dimulai dari Exit Tol Brebes Timur, melewati Kaligangsa Tegal sampai dengan titik keluar di Ujungrusi Tegal yang berjarak kurang lebih 8 Km.

Menurut Kasat Lantas Polres Brebes AKP Arfan Zulfan Sipayung dalam keterangannya kepada kumparan (kumparan.com), Kamis (6/4) pihaknya melaksanakan survei jalan khususnya di jalur tol Pejagan Pemalang Seksi 3 dari Brebes Timur sampai dengan Ujungrusi, Tegal.

Polres Brebes dan Polres Tegal bersama-sama melaksanakan survei jalan di jalur tol Pejagan Pemalang. Jalur ini akan digunakan pada musim mudik lebaran nanti.

Siap-siap Nih! Inilah 3 Jalur Tol Trans-Jawa yang Bisa Dijajal Saat Mudik Lebaran 2017 | PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta

Selain jalur fungsional, Kementerian PUPR juga berencana mengoperasionalkan tiga ruas tol di Jaringan Tol Trans-Jawa pada semester I 2017 ini.

Ketiganya adalah ruas Semarang-Solo Seksi III Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 kilometer.

Kemudian ruas Kertosono-Mojokerto sepanjang 20,8 kilometer.

Serta ruas Gempol-Pasuruan Seksi I Gempol-Rempang dengan panjang 13,9 kilometer.

Jalur sepanjang 267 kilometer dijadwalkan bisa fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran 2017 nanti.

Ruas-ruas tol ini mulai dari Brebes Timur-Pemalang, Batang-Semarang, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, dan Mojokerto-Surabaya.

Setelah tiga ruas Tol Trans-Sumatera dipastikan fungsional atau bisa dilintasi saat mudik Lebaran 2017, hal serupa terjadi pada Tol Trans-Jawa.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merencanakan fungsionalisasi beberapa jalur yang ada di sepanjang jaringan Tol Trans-Jawa.

Dipertimbangkan, Aturan Ganjil-Genap Kendaraan Saat Mudik Lebaran | PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta

Sementara itu, dihubungi secara terpisah Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna menyatakan penerapan aturan ganjil genap sangat dimungkinkan untuk diterapkan di jalan tol.

Menurut dia, pembatasan akses diperlukan untuk terus mengendalikan kapasitas jalan tol agar tidak overload atau kelebihan jumlah kendaraan yang masuk.

“Dari sisi implementasinya memungkinkan, kapasitas harus dibatasi dan lalu lintas diatur. Ganjil genap bisa mengurangi sampai separuh dan itu mudah dilakukan untuk mengurangi volume kendaraan di jalan tol,” ujar Herry.

“Kalau kata masyarakat bagus, ya pemerintah untuk melindungi dan melayani masyarakat akan kami kaji, lihat, dan koordinasikan. Mana yang lebih banyak menguntungkan. Kemudian melaksanakannya,” tutur dia.

Menurut Pudji, hal itu positif dan telah terbukti dapat mengurangi kemacetan di Jalan Thamrin-Sudirman dan juga mengurangi beban volume daerah.

Strategi pertama untuk mencegah hal tersebut adalah dengan membatasi jumlah kendaraan yang masuk ke jalan tol sehingga antrean kendaraan bisa berkurang.

“Nantinya berdasarkan masukan semua pihak, sebelum antrian kendaraan mencapai dua kilometer akan segera dialihkan sehingga tidak terjadi kepadatan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto, di Gedung Bina Marga Kementerian PUPR, Rabu (5/4/2017).

Kemudian, lanjut Pudji, juga kemungkinan akan diterapkan aturan nomor polisi ganjil genap sebelum memasuki jalan tol ketika mudik nanti.

Apalagi, kata Presiden, pada tahun ini sudah ada beberapa ruas jalan tol baru yang sudah selesai dibangun dan siap digunakan.

“Dengan telah dibangunnya beberapa ruas jalan tol jangan sampai brexit yang waktu itu terjadi kembali,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung usai rapat terbatas, Senin (3/4/2017).

Berbagai macam strategi perbaikan sistem pelayanan publik untuk arus mudik Lebaran 2017 terus digodok pemerintah.

Hal itu dilakukan mengingat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas Idul Fitri, Senin (3/4/2017) kemarin meminta agar kemacetan panjang jelang keluar tol Brebes Timur hingga mencapai 18 kilometer pada mudik Lebaran tahun lalu tidak terjadi lagi.

 

PT Solid Gold Berjangka

 

 

Advertisements
This entry was posted in PT. Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s