Mengintip Proyek Tol Medan-Binjai yang Bakal Dibuka Saat Mudik

(PUPR) terus berupaya menambah panjang jalan tol di Indonesia | PT Solid Gold Berjangka

 

PT Solid Gold Berjangka

Ruas ini menjadi bagian dari sejumlah ruas yang akan difungsikan secara darurat untuk melayani pemudik di Pulau Sumatera.

Yakni seksi 2 tol Medan-Bijai dengan rute Helvetia–Semayang sepanjang 6,18 kilometer (km) dan Seksi 3 Semayang–Binjai sepanjang 4,28 km.

Dari pantauan di lokasi, mesikpun belum sempurna, namun tampak badan jalan sudah mulai terbangun. Tampak juga bangunan yang nantinya bakal difungsikan sebagai gerbang tol.

Hari ini, Rabu (5/4/2017), 4 menteri yakni menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuk Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil menyambangi proyek jalan tol Medan-Binjai, bagian dari tol Trans Sumatera.

Saat ini proses pembangunan masih terkendala pembebasan lahan. Namun, ada sejumlah seksi yang pekerjaan konstruksinya sudah mulai menunjukkan hasil.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya menambah panjang jalan tol di Indonesia untuk meningkatkan konektivitas guna memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa.

Salah satu pembangunan jalan tol yang saat ini sedang dipercepat pembangunannya adalah Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan kota-kota di Sumatera mulai dari Banda Aceh sampai Lampung.

Empat Menteri Kunjungi PT KAI | PT Solid Gold Berjangka

Gubernur Medan Tengku Erry Nuradi yang ikut dalam rombongan Menteri, turun terlebih dahulu untuk menyambut ke empat Menteri tersebut.

Tribun-Medan.com sempat mewawancarai Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sesaat sebelum berangkat menuju Kualanamu.

“Terkait masalah jalur Tol yang baru, pembebasan tanah sudah selesai,”kata Budi, Rabu (5/4/2017).

Dalam kunjungan tersebut, Jaksa Agung HM Prasetyo juga ikut mendampingi dalam lawatan empat Menteri ke kota Medan.

Kedatangan empat menteri ini pagi tadi, untuk menghadiri acara Ground Breaking peremajaan perumnas Sukaramai Medan.

Rabu siang sekitar pukul 13.40 WIB, empat Menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi menyempatkan singgah di Stasiun KAI Medan, sebelum menuju bandara Kualanamu.

Empat Menteri yang ikut diantaranya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Sumarno, Menteri Pekerja Umum Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria Sofyan Djalil.

“Empat esensi diantaranya mengenai pajak, kuota, tarif batas bawah dan terakhir mengenai STNK,”tambahnya.

Di luar itu pemerintah daerah punya wewenang membuat aturan sendiri, namun terlebih dahulu harus mengajukan ke pusat.

“Punya wewenang untuk mengajukan taoi yang memutuskan pusat,”ujar Budi mengakhiri.

Nantinya jalur Medan Binjai ini akan mulai di operasikan pertengahan 2018,”tambahnya.

Saat di tanya terkait masalah transportasi berbasis online, Budi mengatakan masalah transportasi online sudah ditetapkan peraturannya.

“Akan ada beberapa hal yang ditunda selama dua atau tiga bulan, tapi akan ada empat esensi yang diterapkan secara khusus,”kata Budi.

Enam pejabat negara sepakati percepatan pembangunan infrastruktur | PT Solid Gold Berjangka

Ruang lingkup nota kesepahaman itu meliput kerja sama dan koordinasi dalam bidang pengawalan dan pengamanan aset, percepatan proses penerbitan dokumen kepemilikan aset, percepatan proses administrasi pembangunan infrastruktur, serya pemberian bantuan hukum dan pertimbangan hukum.

Sedangkan jangka waktu nota kesepahaman itu mulai berlaku sejak ditandatangani sampai 21 Desember 2018 atau sampai dengan selesainya proyek-proyek BUMN.

Gubernut Sumut HT Erry Nuradi yang menyaksikan penandatangan nota kesepahaman itu mengatakan, MoU yang dilakukan itu sangat penting untuk mendukung percepatan pembangunan yang dicanangkan pemerintah.

Pihaknya sangat berharap penandatangan nota kesepahaman itu membawa dampak positif di Sumut yang memiliki 11 proyek strategis nasional.

Dalam resume yang dibacakan, disebutkan nota kesepahamam itu dimaksudkan sebagai landasan bagi para pihak dalam percepatan pembangunan infrastruktur dan penataan aset BUMN sesuai tugas pokok para pihak dengan mengacu pada aturan.

Kemudian, tujuannya adalah mendorong percepatan pembangunan infrastruktur, memberikan perlindungan hukum terhadap aset BUMN, menyelesaikan administrasi dokumen terhadap aset yang diperlukan, dan membantu BUMN dalam melakukan pembebasan lahan untuk kepentingan umum dan usaha BUMN.

Demikian juga untuk memmbantu BUMN dalam melakulan pengawasan dan pengawalan aset, termasuk aset yang terkait tindak pidnaa dan dikuasai pihak ketiga.
Penandatangan nota kesepahaman dilakukan Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, dan Jaksa Agung HM Prasetyo.

Dalam nota kesepahaman itu, Menteri BUMN Rini Soemarno disebut Pihak Pertama Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil Pihak Kedua, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono Pihak Ketiga, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Pihak Keempat, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian Pihak Kelima, dan Jaksa Agung HM Prasetyo Pihak Keenam.

Namun dalam penandatanganan yang dilaksanakan di aula PTPN 3 tersebut tidak dihadiri Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian selaku Pihak Kelima.

Enam pejabat negara setingkat menteri sepakat dan menandatangani nota kesepahaman tentang percepatan pembangunan infrastruktur dan penataan aset BUMN di Medan, Rabu.

 

 

 Solid Gold

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s