Serikat Pekerja: Freeport Tetap PHK Karyawan Setelah Keluar Izin Ekspor

Pemerintah menerbitkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) untuk PT Freeport Indonesia | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

 PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

 
Mengenai deal jangka pendek antara pemerintah dan PTFI agar perusahaan tersebut bisa melakukan ekspor konsentrat, menurut Tri, belum tentu menghentikan kebijakan anak usaha Freeport McMoran itu. Hal ini karena PTFI masih membutuhkan kepastian perpanjangan kontrak tambang bawah tanah hingga 2041. Poin tersebut masuk dalam pembahasan jangka panjang dalam enam bulan ke depan.

“Itulah salah satunya, apa artinya mereka mempertahankan yang ada dengan tidak adanya kejelasan mengenai kondisi, ya mau nggak mau mereka menjalankan ini terus untuk menekan pemerintah,” ujarnya.

Ia menerangkan PTFI menargetkan merumahkan karyawan pratama sekitar 500an orang. Karyawan Pratama adalah karyawan organik PTFI golongan nonstaf. “Target untuk bulan ini gelombang pertama untuk pekerja pratama. Kurang lebih sudah mendekati 400an yang nonstaf pratama punya Freeport,” ujarnya.

Freeport Indonesia, kata dia, merumahkan karyawan dengan tidak memberikan kepastian apakah bisa dipanggil kembali jika situasi berjalan normal. Semua fasilitas untuk pekerja tersebut telah dicabut. “Istilahnya tempat tinggal. Makan. Jadi mereka dikembalikan ke wilayahnya masing-masing dengan satu kali tiket. Semua aksesnya di-closing, di nonaktifkan,” tutur Tri.

Pemerintah menerbitkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) untuk PT Freeport Indonesia. Hal tersebut membuka jalan bagi PTFI kembali melanjutkan kegiatan eskpor konsentratnya. Namun, Sekretaris Hubungan Industrial Serikat Pekerja PTFI, Tri Puspital mengatakan IUPK itu belum tentu membuat perusahaan menghentikan rencana perumahan karyawan.

Sampai saat ini, kata dia, kebijakan PTFI merumahkan karyawan tetap berjalan. Freeport juga tetap melanjutkan pemutusan hubungan kerja untuk pekerja kontraktor.

“Proses perumahan tetap berjalan. Proses PHK juga untuk kontraktor-kontraktor,” kata Tri saat dihubungi Republika.co.id, pada Kamis (6/4).

Ini Sebabnya Freeport Luluh Setelah 3 Bulan Berunding | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

Dia mengatakan izin ekspor Freeport ini akan dievaluasi terkait pembangunan smelter. “Kalau bangun smelter kita akan cek di lapangan tiap tiga bulan kita kirim verifikator independen. Cek ada progresnya enggak,” jelasnya.

Jonan juga mengatakan dalam enam bulan ke depan ini juga akan dilanjutkan perundingan masalah perpajakan dan retribusi.

“Itu termasuk itu. Kalau nanti setelah enam bulan mereka tidak membuat smelter, tidak ada progress smelter dan sebagainya, ya kita cabut izin ekspornya. Yang sementara itu izin ekspor, bukan IUPK,” tegas Jonan.

Jonan menegaskan, IUPK tidak ada yang sementara, namun yang ada izin ekspor sementara yang diberikan kepada PT Freeport Indonesia saat ini.

“Yang menjadi sementara itu selalu izin ekspornya, karena tiap enam bulan kita akan review,” kata Jonan.

Sebenarnya tidak harus kalau pemegang kontrak karya sudah membuat kegiatan pengolahan dan pemurnian. Itu tetap izinnya kontrak karya nggak apa-apa, sampai kontraknya berakhir,” ungkap Jonan.

Menteri ESDM mencontohkan banyak perusahaan tambang mineral logam yang mempertahankan kontrak karya, tapi mereka tidak harus mengubah menjadi IUPK karena mereka sudah melakukan usaha pengolahan dan pemurnian.

Jonan mengatakan, Freeport dalam status kontrak karya tetap bisa menambang dan menjual hasil ke dalam negeri tidak masalah, namun tidak bisa ekspor.

“Akhirnya (Freeport) mau sama IUPK. Kita malah kasih delapan bulan dari Februari, atau enam bulan dari sekarang,” kata Jonan.

“Karena kalau tidak menerima perubahan kontrak karya menjadi rezim izin, yaitu IUPK, ya tidak bisa ekspor,” kata Jonan usai menghadap Presiden Joko Widodo di Istana kepresidenan Jakarta, Kamis (6/4/2017).

Mantan Menteri Perhubungan ini menjelaskan, tidak harus semua pemegang kontrak karya itu mengubah menjadi IUPK, jika mereka sudah memiliki kegiatan pengolahan dan pemurnian (smelter).

Perundingan panjang selama tiga, yang sempat diwarnai munculnya aksi unjuk rasa karyawan, akhirnya membuat Freeport luluh dan setuju menerima perubahan dari kontrak karya ke IUPK.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengungkapkan, awalnya Freeport menolak menerima perubahan dari kontrak karya ke IUPK. Namun, setelah berunding selama tiga bulan akhirnya perusahaan pertambangan dari Amerika Serikat itu menerimanya.

Izin Ekspor Freeport Bisa Jadi Objek Pemakzulan Jokowi | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

Lebih spesifik, ia menjelaskan kemungkinan pemerintah menguntungkan PT FI. Menurut dia, mungkin ada pihak yang memiliki kepentingan. Selain itu, ada tekanan dari pihak asing, pemerintah ingin dapat dukungan dari perusahaan atau negara asing, baik dari sisi politik atau ekonomi.

Menurutnya, tidak salah jika pemerintah mengharapkan investasi asing. Meski demikian, pemerintah harus tetap konsisten pada UU. “Kita juga punya UU. Jangan lah seperti ini, kalau mau ya keluarkan perpu atau ganti UU sekalian, kalau begini ya merugikan kita,” katanya.

Marwan mengingatkan pemerintah untuk transparan dalam bernegosiasi dan mengambil keputusan. Tidak ada kesepakatan di bawah meja agar Indonesia mengalami perkembangan. “Jika nanti kesenggangan sosial semakin lebar, saya rasa itu konsekuensi logisnya,” katanya.

Izin Rekomendasi Ekspor PT Freeport Indonesia (PT FI) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) disebut melanggar Undang-Undang Pertambangan Mineral dan Batubara atau UU Minerba.

Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara mengatakan, tidak banyak yang bisa dilakukan sipil kecuali mengingatkan pemerintah. “Presiden yang tanggung jawab, Presidennya tahu tidak ini melanggar UU, tahu nggak dia? Ini bisa jadi objek pemakzulan lho,” katanya saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (5/4).

 

 

Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s