Tantangan BMW Indonesia Memasarkan Sportcar Hybrid i8

BMW resmi meluncurkan i8 untuk pasar Indonesia | PT Solid Gold Berjangka Pusat

 

PT Solid Gold Berjangka Pusat

Sistem plug-in hybrid yang dikembangkan oleh BMW Group memungkinkan jarak tempuh hingga 37 kilometer dan kecepatan puncak 120 kilometer per jam hanya dengan tenaga listrik.

Mesin konvensional dan motor listrik bisa bekerja bersamaan sehingga pengemudi bisa berkendara dengan sistem penggerak semua roda. Kombinasi antara mesin konvensional dan listik mampu menghasilkan tenaga maksimal 362 hp.

Kendaraan ini hanya membutuhkan 4,4 detik untuk mencapai 0-100 km/jam, disertai konsumsi bahan bakar sebesar 2,1 liter per 100 km. Saat peluncuran BMW i8 dibanderol dengan harga Rp3,499 miliar off the road.

“Respons positif gambarannya penjualan bagus, namun untuk jumlahnya saya tidak bisa beri tahu. Yang kami lihat dari BMW i8 itu sebuah kendaraan dengan speksifikasi yang baru dan inovasi yang baru pula. Responsnya di luar ekspektasi kami jadi memang banyak sekali konsumen bukan hanya di Jakarta tapi juga luar Jakarta yang tertarik untuk mencoba dan membeli i8,” pungkas dia. BMW i8 dibekali mesin bensin 1,5 liter, tiga silinder, dengan teknologi BMW TwinPower Turbo yang menghasilkan tenaga 231 hp dan torsi maksimum 230 nm untuk roda belakang.

Sementara tenaga listrik setara 131 hp dihasilkan dari motor listrik yang mendapatkan tenaga dari baterai lithium-ion, yang dapat diisi ulang dengan sumber listrik konvensional, untuk selanjutnya dialirkan ke poros roda depan.

“Yang pasti untuk menjual semua produk BMW dan Mini mempunyai tantangan sendiri-sendiri. Tapi yang pasti kehadiran i8 merupakan kesempatan bagi BMW untuk memperkenalkan BMW divisi i (yang merancang dan mengerjakan mobil listrik) karena mobil ini sangat inovatif dan desainnya pun menarik.

Sehingga rasa keingintahuan konsumen semakin meningkat dan ini kesempatan bagi BMW untuk menginformasikan seperti apa i-mobility, seperti apa BMW i8, perbedaan kendaran yang semua listrik dengan sebagian listrik,” terang Jodie O’tania, vice president corporate communications BMW Group Indonesia, kemarin. Sejak diluncurkan sampai saat ini, lanjut Jodie, i8 diterima dengan baik di pasar. Bahkan mendapat respons yang melebihi ekspektasi dari BMW.

BMW Group Indonesia pertama kali memperlihatkan sportcar plug-in hybrid i8 di Indonesia pada 2014 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Kemudian memanfaatkan pameran automotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 BMW resmi meluncurkan i8 untuk pasar Indonesia. Tentunya dalam memasarkan i8 di Indonesia banyak tantangan yang dihadapi, mengingat mobil dengan teknologi plug-in hybrid ini terbilang baru di Tanah Air dan pemainnya hanya sedikit.

 

Indonesia Bakal Terapkan Standar Emisi Euro4, Ini Kata BMW | PT Solid Gold Berjangka Pusat

Saat ini semua kendaraan BMW dan Mini sudah memenuhi standar Euro6. Namun produk yang dipasarkan di Indonesia sudah mengalami penyesuaian sehingga dapat menggunakan bahan bakar yang dijual di Tanah Air.

“BMW saat ini produk terbaru sudah mengadopsi Euro6, di Indonesia juga. Ada perbedaan, tapi memang sudah dapat mengadopsi sampai Euro6. Untuk mesin memang ada speksifikasi tertentu yang disesuaikan untuk konsumen dan iklim di Indonesia,” tutup dia.

Seperti diketahui, standar Euro4 akan diberlakukan di Indonesia mulai 18 bulan ke depan untuk mobil bermesin bensin dan empat tahun untuk diesel.

Jodie yakin, penerapan Euro4 akan berdampak positif bagi pasar automotif di Indonesia. Selain itu akan mempermudah produsen mobil asing dalam memasarkan produknya di Indonesia karena standar emisinya sudah sama atau setidaknya mendekati dengan yang diberlakukan di Eropa. “Kami juga melihat dari dampaknya ke kendaraan yang ada di Indonesia.

Untuk spesifikasi bisa ditambahkan, karena memang di beberapa negara sudah adopsi Euro4. Jadi untuk spesifikasi kendaraan di Indonesia bisa lebih beragam. Kemudian kualitas bahan bakar akan semakin meningkat yang pasti berdampak positif pada lingkungan,” terang Jodie.

Kalangan pelaku bisnis automotif Tanah Air pun menyambut baik aturan tersebut, termasuk BMW Group Indonesia selaku agen pemegang merek (APM) mobil BMW dan Mini. “BMW selalu mendukung peraturan pemerintah. Kenapa, karena pasti sebelum peraturan tersebut diluncurkan sudah ada riset sebelumnya. Pasti sudah melihat pasar, sudah ada cost analys, terkait dengan penggunaan Euro4. Dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga sudah melakukan analisis, terlihat dampaknya positif baik untuk Indonesia.

Jadi dari BMW sangat mendukung,” ujar Jodie O’tania, vice president corporate communications BMW Group Indonesia, di sela peluncuran new Mini Contryman, di Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) resmi menerbitkan peraturan terkait standar emisi Euro4 untuk kendaraan roda empat atau lebih. Aturan mulai berlaku pada September 2018.

BMW Seri 5 Terbaru Juga Akan Dirakit di Indonesia? | PT Solid Gold Berjangka Pusat

Masuk ke bagian interior, BMW Seri 5 terbaru memiliki sudut pandang depan lebih lebar. Jok baris kedua lebih nyaman karena sudah dilengkapi pemijat dan posisi duduk dapat mudah diatur menggunakan sensor sentuh.

Di Seri 5 terbaru juga terdapat AC climate control four zone sehingga menambah kenyamanan dan kesejukan di kabin. Sedan buatan Jerman ini memiliki beberapa pilihan jantung penggerak, yakni mesin empat silinder berkapasitas 2

liter berbahan bakar bensin dan diesel. Ada juga mesin enam silinder 3 liter yang juga tersedia dengan pilihan bahan bakar bensin dan diesel. BMW Seri 5 memiliki beberapa pesaing, yakni Mercedes Benz E Class, Audi A6, dan Volvo S90.

“Apabila melihat generasi sebelumnya, Seri 5 sudah diproduksi secara lokal. Meskipun kami sudah menawarkan produk secara CKD (completely knocked down), apabila ada konsumen yang menginginkan versi CBU (completely built up) kami akan tetap hadirkan,” ucap dia. Sementara itu BMW Seri 5 terbaru dengan kode bodi G30 sudah lebih dulu meluncur di Malaysia pada 30 Maret 2017.

Hadir dengan desain baru dan lebih aerodinamis, lampu utamanya menggunakan LED dan sebagai pilihan BMW menyediakan adaptive LED.

Mobil sudah menggunakan platform baru, Cluster Architecture (Clar) dengan material baja, serat karbon, dan aluminium. Tak heran jika bobotnya lebih ringan 100 kilogram dibanding generasi sebelumnya.

BMW Group Indonesia akan meluncurkan beberapa produk baru sepanjang tahun ini. Salah satunya yang sudah pasti bakal diluncurkan Seri 5. Diakui Jodie O’tania, vice president corporate communications BMW Group Indonesia, saat ini pihaknya tengah melakukan pengujian sedan tersebut.

“Jadi kalau untuk BMW Seri 5 yang terbaru akan dihadirkan di Indonesia, tapi yang pasti kami akan melakukan beragam tes. Kemudian kegiatan internal untuk memastikan semua pada saat peluncuran sudah sesuai dengan ekspektasi konsumen,” kata Jodie, di Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Seri 5 yang saat ini masih dipasarkan di Indonesia sudah dirakit secara lokal. Soal kemungkinan model terbaru akan dirakit di pabrik Sunter, Jakarta Utara, Jodie belum mau mengungkapkan.

 

 

Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in PT. Solid Gold Berjangka Pusat and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s