Gaji CEO Raksasa Minyak BP Dipangkas 40 Persen, Mengapa?

Dudley menerima paket gaji yang lebih tinggi 20 persen | PT Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

 

PT Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

BP pun mengajukan beberapa perubahan dalam skema gaji untuk CEO. Perubahan tersebut antara lain skema bonus akan memiliki dua elemen, dari sebelumnya tiga elemen. Selain itu, akan menjadi lebih sulit untuk memperoleh bonus tahunan maksimum.

Pencapaian target akan mempengaruhi pembayaran bonus yang lebih rendah dari sebelumnya. Bonus target akan menyesuaikan bonus yang diterima para manajer BP.

Adapun 50 persen bonus tahunan akan diambil sebagai saham, dari sebelumnya 33 persen. Skema bonus baru ini akan dipilih dalam RUPS tahunan BP pada 17 Mei 2017 mendatang.

Skema bonus yang dipilih pemegang saham akan dipalikasikan pada pembayaran gaji dan tunjangan untuk tahun 2017, 2018, dan 2019.

Akhirnya, pada rapat umum pemegang saham (RUPS) yang digelar pada April 2017 lalu, hampir 60 persen dari pemegang saham menolak pengajuan paket gaji Dudley.

“Kebijakan remunerasi yang diajukan dirancang untuk memastikan kaitan jelas antara strategi dan pembayaran (gaji di) BP. Dari tahun 2017, kami mengajukan pendekatan yang lebih sederhana dengan penurunan signifikan pada seluruh tingkatan remunerasi,” ujar BP dalam pernyataannya.

Perlawanan itu juga mendorong BP untuk meninjau kembali kebijakan penggajiannya. Pada Februari 2015, BP melaporkan kerugian dengan rekor terbesar dan memangkas 3.000 posisi pekerjaan.

Meskipun demikian, Dudley menerima paket gaji yang lebih tinggi 20 persen dibandingkan apa yang diterimanya pada tahun 2014. Ini menimbulkan tanda tanya bagi para pemegang saham.

Raksasa minyak British Petroleum (BP) telah memangkas gaji tahunan bagi CEO Bob Dudley sebesar 40 persen. Paket gajinya pada tahun 2016 mencapai 11,6 juta dollar AS, turun dibandingkan 19,4 juta dollar AS pada tahun 2015.

Mengutip BBC, Jumat (7/4/2017), pemangkasan gaji Dudley menyusul adanya perlawanan dari pemegang saham yang pada tahun lalu memprotes gaji Dudley untuk tahun 2015.

BP Pangkas Gaji Chief Executive Bob Dudley 40% | PT Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

Menurut dokumen keuangan yang dirilis BP, naiknya pendapatan Bob Dudley di 2015 disebabkan kenaikan tabungan pensiun sebesar USD 6,5 juta. Gaji pokok Bob Dudley di 2015 disebut flat di UD 1,8 juta, namun bonus tahunan meningkat 40% menjadi USD 1,4 juta di 2015 dibanding tahun sebelumnya yang hanya USD 1 juta.

Terbaru pihak perusahaan mengatakan kebijakan remunerasi yang diusulkan dan dirancang untuk hubungan yang jelas antara strategi BP dan pembayaran. “Dari 2017, kami mengusulkan sebuah pendekatan sederhana dengan pengurangan yang signifikan dalam keseluruhan tingkat remunerasi,” kata perusahaan.

Dalam skema baru, BP mengusulkan sejumlah perubahan sisten pembayaran kepala eksekutif, di antaranya skema bonus akan memiliki dua elemen daripada tiga. Sehingga akan menjadi lebih sulit untuk mendapatkan bonus tahunan maksimum. Target bonus lebih cocok diberikan kepada BP Manajer. Skema bonus baru akan dibahas dalam Rapat Umum Pemegang Saham tahunan pada 17 Mei.

Pada Februari 2015, lalu BP melaporkan rekor kerugian dan melakukan penghematan karyawan 3.000. Meski begitu, Dudley ditawari kenaikan gaji senilai 20% lebih banyak dari pendapatan yang dihasilkan pada 2014. Kebijakan itu lantas memicu perbedaan pendapat dari para pemegang saham pada Rapat Umum Tahunan April lalu.

Hampir 60% dari mereka menentang paket kenaikan pembayaran tersebut, namun pemungutan suara tersebut tidak mengingat dan Dudley tetap menerima kenaikan. Meski begitu perusahaan mengetahui ketidakbahagiaan pemegang saham dan memerintahkan bakal melakukan peninjauan.

Seperti dilansir BBC, Jumat (7/4/2017) para pemegang saham sempat melakukan penolakan ketika pembayaran gaji kepada Dudley di 2015 mengalami peningkatan. Padahal saat itu menderita kerugian karena rendahnya harga minyak dunia. Bahkan perusahaan energi asal Inggris itu mengumumkan akan memecat 7.000 karyawan hingga akhir 2017 mendatang.

Saat itu beberapa pemegang saham meminta BP untuk meninjau kembali kebijakan pembayaran gaji tersebut. Usulannya yakni perusahaan diminta lebih menyelarkan pendapatan dengan kinerja sehingga pembayaran maksimum untuk kepala eksekutif.

British Petroleum (BP) melakukan pemotongan gaji kepada Chief Executive Officer (CEO) Bob Dudley mencapai sebesar 40%. Maka jumlah penghasilan yang diterima pada 2016 menjadi senilai USD11,6 juta atau turun dari USD19,4 pada 2015 sebelumnya.

BP Gandeng AKR Bangun Bisnis Retail BBM di Indonesia | PT Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

Sebelumnya, AKR dan Air BP, anak usaha BP di bisnis bahan bakar penerbangan, menandatangani perjanjian pembentukan perusahaan patungan pada November tahun lalu. Perusahaan patungan itu diberi nama PT Dirgantara Petroindo, yang dikhususkan untuk melayani bahan bakar penerbangan di Indonesia.

Sementara itu, Haryanto mengatakan Indonesia menawarkan peluang luar biasa untuk distribusi ritel bensin dan produk BBM. Apalagi, dengan adanya peningkatan permintaan dan deregulasi di sektor ini.

Menurut dia, kerja sama ini BP bisa memanfaatkan infrastruktur AKR di Indonesia. “Produk dan pelayanan kelas dunia yang ditawarkan dari joint venture ini akan membawa nilai positif untuk konsumen di Indonesia,” ujar dia.

Namun, baik pihak BP dan AKR, tidak menjelaskan lebih detail unit retail yang akan dibuka tahun depan tersebut apakah berbentuk pendirian stasiun pengisian BBM umum (SPBU).

Perusahaan patungan ini bernama PT Aneka Petroindo Raya, yang akan beroperasi di bawah nama “BP AKR Fuels Retail”. Selanjutnya, tahun depan, Aneka Petroindo akan membuka unit ritel pertamanya di Indonesia.

Chief Executive Officer (CEO) BP Downstream, Tufan Erginbilgic, mengatakan strategi ritel BP fokus untuk memberikan kenyamanan konsumen di pasar dunia yang sedang berkembang. “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan AKR untuk membantu memenuhi permintaan bahan bakar Indonesia yang semakin berkembang,” katanya dalam siaran pers yang diterima Katadata, Kamis (6/4).

BP bersama PT AKR Corporindo Tbk membentuk perusahaan patungan yang bergerak di sektor ritel bahan bakar minyak (BBM). Tahun depan, perusahaan patungan tersebut akan membuka unit ritel pertamanya di Indonesia.

Pembentukan perusahaan patungan ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian di antara BP dan AKR di London, Inggris, Rabu (5/4) kemarin. Pihak BP diwakili oleh Richard Harding yang menjabat sebagai BP Downstream Commercial Development Vice President, sedangkan AKR diwakili Presiden Direktur AKR Haryanto Adikoesemo.

 

Solid Gold Berjangka

 

 

 

Advertisements
This entry was posted in PT. Solid Gold Berjangka Cabang Lampung and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s