Butuh Lahan Seluas 133 Lapangan Bola, Di mana Lokasi Disneyland Boyolali?

Rencana pembangunan Disneyland di Boyolali diperkirakan memakan lahan 100 hektare | PT Solid Gold Berjangka Pusat

PT Solid Gold Berjangka Pusat
Salah satu hal yang akan dimasukkan dalam revisi Perda RTRW ialah memperluas jangkauan wilayah industri dan pariwisata. ”Salah satunya kami akan menggarap

Boyolali wilayah utara, seperti Juwangi, Kemusu, Wonosegoro agar dilirik investor. Namun, harus dipikirkan juga prasarana pendukung, khususnya jalan.”

Salah satu hal yang akan dimasukkan dalam revisi Perda RTRW ialah memperluas jangkauan wilayah industri dan pariwisata. ”Salah satunya kami akan menggarap

Boyolali wilayah utara, seperti Juwangi, Kemusu, Wonosegoro agar dilirik investor. Namun, harus dipikirkan juga prasarana pendukung, khususnya jalan.”

Sementara itu, salah satu kecamatan yang menjadi wilayah pengembangan Boyolali adalah Cepogo. Letaknya wilayah ini tak begitu jauh dari pusat kota Boyolali.

Di Cepogo ini Pemkab berencana membangun stadion berskala internasional di Desa Paras. Selain itu, pasar hewan Sunggingan juga rencananya akan direlokasi ke kecamatan ini, tepatnya di Desa Jelok.

Sementara itu, salah satu kecamatan yang menjadi wilayah pengembangan Boyolali adalah Cepogo. Letaknya wilayah ini tak begitu jauh dari pusat kota Boyolali. Di Cepogo ini Pemkab berencana membangun stadion berskala internasional di Desa Paras. Selain itu, pasar hewan Sunggingan juga rencananya akan direlokasi ke kecamatan ini, tepatnya di Desa Jelok.

“Memang [bisa] ada revisi perda RTRW. Tapi kalau luasan 100 ha tidak mungkin dikeringkan. Beberapa waktu lalu ada permohonan pengeringan lahan 20 ha saja tidak boleh,” kata dia.

Camat Sawit Dwi Sundarto mengatakan, sesuai peraturan daerah (perda) tentang Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) wilayahnya diperuntukkan untuk lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B). “Sementara ini sih lahan di Sawit untuk LP2B, jadi tidak bisa dialihkan jadi nonpertanian, sesuai RTRW,” ujarnya Sabtu (15/4/2017).

Hal yang sama disampaikan Camat Banyudono Rita Puspitasari. Menurutnya, Banyudono kurang memungkinkan untuk Disneyland karena termasuk LP2B.

Saat dimintai tanggapan mengenai ketersediaan lahan itu, camat di kedua wilayah itu mengatakan wilayahnya kurang memungkinkan untuk lahan Disneyland.

Jika Disneyland dibangun di lokasi yang dekat dengan pusat transportasi umum seperti bandara (Boyolali) dan stasiun kereta api Solo, maka daerah itu antara lain Banyudono dan Sawit.

Rencana pembangunan Disneyland di Boyolali diperkirakan memakan lahan 100 hektare (ha). Jika dibandingkan dengan lapangan sepak bola yang rata-rata seluas 0,7 ha persegi, maka luas lahan Disneyland kira-kira setara dengan 133 lapangan sepak bola.

Lalu di manakah lokasi yang mampu menyediakan lahan seluas itu? Bupati Boyolali Seno Samodro pun belum memberikan bocoran mengenai lokasi wahana hiburan tersebut. ”Nanti Mei saja. Saat ini belum bayaran,” tulis Seno melalui pesan singkatnya kepada Solopos.com, Jumat (14/4/2017).

Di Hong Kong & Tokyo Nyaris Rp1 Juta, Berapa Tiket Masuk Disneyland Boyolali? | PT Solid Gold Berjangka Pusat

“Semoga klo dah mendunia gk lupa kampung sendiri, pembangunan merata di Boyolali pinggiran,” sambung Budi Yanto.

Seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya, pembangunan wahana hiburan itu bakal berlangsung selama dua tahun. Nilai investasi wahana ini seluruhnya berasal dari investor asing, salah satunya Universal studio yang akan bermitra dengan pengembang lokal.

Seno mengungkapkan pembangunan Disneyland di Boyolali tidak memiliki kaitan dengan pembangunan Walt Disney di Lido, Bogor. Menurutnya, bila berjalan dengan lancar, pembangunan Disneyland akan menambah potensi wisata di Jawa Tengah.

Sementara itu, beberapa netizen lainnya tampak antusias menyambut kabar pembangunan wahana wisata hits tersebut. Mereka bahkan memuji pemerintah Kabupaten Boyolali yang melakukan berbagai terobosan demi memajukan daerahnya.

“Mantep tenan klu liburan makin betah no Boyolali ki,” tulis Najwa Azizah girang.

“Pak Seno bupati tercinta kita mau membangun Boyolali jadi kota terdunia hebat selalu saya dukung pembangunan Boyolali. Boyolali bakal maku ke depan melesat jauh lebih maju dibandingkan kota lain, hidup Pak Seno,” sambung Ahmad Solihin.

Pertanyaannya kuat gak beli tiket masuk? Tokyo Disneyland Jepang harga tiker kisaran 8.000 Yen atau setara hampir Rp1,1 juta. Terus kalau di Boyolali mau dijual berapa?” tanya Budiyanto penasaran.

“Masuknya ya mahal, ukurannya orang berduit. Harga Rp10.000 kayaknya tidak mungkin,” sambung Munif Shodiq.

“Bayarnya standar seluruh dunia sama kayaknya. Paket sekali masuk Rp1 juta. Mau masuk murah ya nglamar kerja di sana biar masuk gratis setiap hari sampai muntah,” lanjut Mok TjieGang.

Di Boyolali daerah mana ya, kok gk disebutin kecamatan mana,” lanjut Fatonah Semawung.

“Yakin nih? Klu bener tdk usah pergi ke Disneyland luar negeri klu mau piknik pulkam trus mlaju di kotaku Boyolali tersenyum,” timpal Imanuel Madea Sakti.

Meski belum mulai dibangun, netizen di grup Boykot (Boyolali Kota) telah sibuk menerka-nerka harga tiket masuk ke wahana wisata tersebut. Mereka berharap harga tiket masuk Disneyland Boyolali dibanderol dengan harga terjangkau.

Serius? Katanya Disneyland mau dibangun di Lico, Bogor, proyekHary Tanoe-Donald Trump luas 2.000 hektare. Katanya juga mau dibangun di Kulonprogo, integrasi bandara baru, pelabuhan, kawasan industri. Yang benar yang mana? Disneyland di mana2 satu negara cuma satu, kecuali Amerika,” imbuh Pudja Kenthi.

Sebagai informasi, dikutip Solopos.com dari laman resmi Disneyland, harga tiket masuk ke wahana wisata Disneyland Tokyo sebesar 7.400 Yen setara Rp905.179 untuk orang dewasa saat akhir pekan. Sementara harga tiket masuk ke Disneyland Hong Kong sebesar HK$593 setara Rp921.511.

Tak ayal, kabar tersebut membuat netizen heboh. Kabar tersebut ramai diperbincangkan usai berita dari Solopos.com dibagikan di beberapa grup, seperti Info Wong Solo dan Boykot (Boyolali Kota), Sabtu (15/4/2017). Dalam posting-an itu, beberapa dari mereka tampak belum percaya betul dengan kabar tersebut.

Baru-baru ini warga dunia maya (netizen) khususnya dibuat geger dengan kabar rencana pembangunan wahana hiburan Disneyland di Boyolali, Jawa Tengah.

Bupati Boyolali, Seno Samudro, mengungkapkan peletakan batu pertama pembangunan Disneyland akan dilakukan pada 1 September 2017, mendatang. Berapa tiket masuk Disneyland Boyolali?

Siapkan Rp 6 Triliun, Disneyland Berencana Bangun Wahana di Boyolali | PT Solid Gold Berjangka Pusat

Hingga akhir 2015, komposisi saham Hong Kong Disneyland Resort yakni 53 persen dipegang pemerintah dan 47 persen dimiliki The Walt Disney Company. Tak hanya Boyolali, dalam waktu dekat, Lido melalui Grup MNC juga akan melakukan pembangunan wahana hiburan dengan menggandeng Presiden Amerika Serikat Donald J. Trump.

Berdasarkan catatan Bisnis, korporasi milik Hary Tanoesoedibjo melalui MNC Land sedang mengembangkan MNC Lido City, sebagai destinasi liburan dan gaya hidup terintegrasi dengan luas 3.000 hektare.

Adapun taman hiburan yang akan dibangun Grup MNC di Lido, Bogor, merupakan theme park bertaraf internasional yang ditargetkan mulai beroperasi pada 2019. Namun, taman hiburan tersebut tidak terkait dengan Walt Disney Co, seperti Disneyland California, Disneyland Paris, Disneyland Hong Kong, Disney Resort Tokyo, dan Disney Resort Shanghai.

Pembangunan di Lido itu akan menghadirkan theme park kelas dunia pertama di Indonesia. Kedua proyek di Bali dan Lido ini juga akan menampilkan resor premium dan lapangan golf signature Trump Hotels yang pertama di Asia.

Sebelumnya, Hary mengungkapkan bila Indonesia mampu meningkatkan kualitas hotel dan taman hiburan, jumlah pebisnis dan pelancong dari luar negeri berpotensi bertambah. Dia menilai dari sisi posisi wilayah, Indonesia memiliki letak strategis sebagai tempat yang layak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Dua tahun terakhir, tren penanaman modal asing (PMA) di Boyolali mencatatkan peningkatan. Pada 2015 dan 2016, nilai investasi PMA yang masuk mencapai Rp 117 miliar dan Rp 300 miliar. Sedangkan, nilai penanaman modal dalam negeri pada 2015 dan 2016 masing-masing mencapai Rp 1,09 triliun dan Rp 693,63 miliar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan untuk meningkatkan daya tarik investor asing masuk ke Jawa Tengah, kini pemerintah daerah tengah menggenjot perbaikan infrastruktur, khususnya jalan dan listrik.

Selama tiga tahun-tahun berturut-turut, pihaknya menggelontorkan anggaran hingga 300 persen untuk infrastruktur. Ganjar menilai perbaikan infrastruktur akan menjadi akselerasi bagi pertumbuhan ekonomi.

Sebagai informasi, seperti yang dikutip dari laman resmi, Hong Kong Disneyland Resort merupakan perusahaan patungan Hong Kong International Theme Parks Limited, pemerintah Hong Kong dan The Walt Disney Company.

Dia mengungkapkan pembangunan Disneyland di Boyolali tidak memiliki kaitan dengan pembangunan Walt Disney di Lido, Bogor. Menurut dia, bila pembangunan Disneyland berjalan lancar, potensi pariwisata di Jawa Tengah akan semakin membaik.

Seno menjanjikan kemudahan kepada investor bila ingin berinvestasi di Boyolali, khususnya dalam proses administrasi. Dia mengaku siap melaksanakan instruksi presiden dengan mempercepat proses perizinan investasi yakni paling lama tiga jam.

Selain itu, Boyolali tengah menyiapkan kereta gantung dengan biaya sekitar Rp 120 miliar. Dia mengungkapkan pihaknya kini tengah serius untuk menggarap potensi investasi dari sektor pariwisata.

Dia menganalisis, alasan investor asing masuk ke Jawa Tengah sebabkan karena murahnya biaya tenaga kerja dan amannya iklim investasi dan politik. Pada bulan lalu, dia melanjutkan, Boyolali juga tengah menandatangani proyek investasi senilai Rp 16 triliun.

Adapun nilai investasi wahana hiburan ini seluruhnya berasal dari investor asing. Dalam pembangunan Disneyland, investor asing akan bermitra dengan pengembang lokal.

Seno menuturkan kajian kelayakan sudah dilakukan pihak Disneyland. Dia mengungkapkan dalam proyek Disneyland ini terdapat beberapa investor, salah satunya Universal Studio akan menjadi pemegang saham hingga 20 persen.

Disneyland siap membangun wahana hiburan di atas lahan seluas 100 hektare di Boyolali pada kuartal ketiga 2017. Nilai investasi pembangunan tersebut mencapai Rp 6 triliun.

Bupati Boyolali Seno Samudro mengungkapkan peletakan batu pertama pembangunan Disneyland akan dilakukan pada 1 September 2017. Menurut dia, pembangunan wahana hiburan tersebut bakal berlangsung selama dua tahun.

“Nilai pembangunan sekitar Rp 5-6 triliun. Peletakan batu pertama pada September 2017,” ujar dia seperti dilansir Bisnis.com, Sabtu, 15 April 2017.

Solid Gold

Advertisements
This entry was posted in PT. Solid Gold Berjangka Pusat and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s