Sri Mulyani: Satu Penduduk Indonesia Tanggung Utang Negara Rp 13 Juta

Indonesia masih mencatatkan defisit anggaran dalam neraca keuangan | PT Solid Gold Berjangka Pusat

 PT Solid Gold Berjangka Pusat

Menurut Menkeu, besaran utang sebesar 997 dollar AS per tidak akan memberatkan penduduk Indonesia, karena saat ini dari 260 juta penduduk 40 persennya adalah usia muda dan produktif.

Dia juga menegaskan, pemerintah juga terus berusaha menekan agar jumlah utang Indonesia tidak terlampau tinggi dengan mengoptimalkan dan peningkatan penerimaan pajak.

“Di Jepang itu 85.000 dollar AS per kepala, dan jangan lupa kalau Jepang itu adalah populasinya yang aging (penuanaan), orangnya sudah sepuh, jadi buat mereka masih punya utang 85.000 dollar AS per kepala tapi hidupnya tinggal beberapa tahap ke depan,” paparnya.

“Jika lihat, Rasio utang kita (Indonesia) memang cukup tinggi, tetapi tidak tinggi sekali, jika dibandingkan dengan negara lain, jika dihitung jumlah penduduk sebesar 260 juta penduduk, kira-kira utang kita 997 dollar AS per kepala,” ungkap Sri Mulyani.

Namun, saat ini jumlah utang Indonesia masih dalam tahap yang wajar jika dibandingkan negara lain seperti Amerika Serikat dan Jepang yakni masing-masing 62.000 dollar AS per kelapa dan 82.000 dollar AS per kepala.

Menkeu menjelaskan hal itu terlihat dari penerimaan negara tahun ini yang ditargetkan mencapai Rp 1.750 triliun lebih kecil ketimbang pagu anggaran belanja pemerintah sebesar Rp 2.020 triliun. Dengan itu, Indonesia harus berutang Rp 270 triliun untuk menutupi defisit tersebut.

Menurut Sri Mulyani, dengan rasio utang Indonesia yang saat ini sebesar 27 persen dari Gross Domestic Product (GDP) yang sekitar Rp 13.000 triliun, maka setiap penduduk di Indonesia saat ini memiliki utang 997 dollar AS per orang.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, saat ini Indonesia masih mencatatkan defisit anggaran dalam neraca keuangan beberapa tahun terakhir.

Menkeu Tak Suka Dikritik Soal Utang Negara Tanpa Dasar | PT Solid Gold Berjangka Pusat

“Tapi kalau Anda enggak suka utang karena Anda concern tahu persis dan bisa menjelaskan, saya mau mendengar apa keberatan Anda,” kata Ani, panggilan akrab Sri Mulyani.

Ia mengatakan, PKN STAN sebagai institusi negara diberikan berbagai macam fasilitas yang tentunya berasal dari APBN. Ani juga mengingatkan agar lulusan STAN nantinya harus taat membayar pajak dan jika berhasil duduk di institusi keuangan agar tidak melakukan korupsi.

“Duit yang Anda dapat dari negara berapa? dan yang Anda sumbangkan berapa?. Itu baru namanya akuntan. Anda kan akuntan, kalau mau ngomong tentang beban, mari kita hitung-hitungan, ya kan. Satu lagi, jangan sampai nanti kalau anak STAN sudah banyak dapat fasilitas, bilang enggak mau bayar pajak,” tegas dia.

Mahasiswa STAN ada yang ikut demo anti utang enggak? Kalau ada, tolong tunjukkan, coba nanti kalau ada yang keberatan utang nanti di-list, bikin daftar mahasiswanya nanti organize. Jadi jangan bilang terus, Anda enggak suka utang, kalau Anda jawabannya cuma ngomong itu, saya bilang, saya enggak suka kamu,” kata Sri Mulyani di Politeknik Keuangan Negara, STAN, Tangerang Selatan, Senin 17 April 2017.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menuturkan, pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) harus disiasati melalui utang karena tuntutan negara yang membutuhkan anggaran besar untuk percepatan pembangunan infrastruktur hingga subsidi.

Banyaknya publik yang mengkritisi soal utang negara menjadi perhatian serius bagi Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Tak jarang kritik tersebut berujung pada aksi demonstrasi oleh para mahasiswa yang gundah akan kondisi utang negara saat ini.

Dalam paparan Sri Mulyani di Politeknik Keuangan Negara STAN, ia menekankan agar mahasiswa harus mampu menyaring informasi sesuai dengan konteksnya. Ia mengimbau agar mahasiswa mampu memahami konteks
sebelum melakukan unjuk rasa.

Kalau Tak Lagi Jadi Menteri Keuangan, Bu Sri Mulyani Mau Jadi Apa? | PT Solid Gold Berjangka Pusat

“Saya bilang memang, kalau nanti pensiun saya duduk sama suami saya di sini, lihat mahasiswa belajar, minum enggak Starbucks sih, kopi Indonesia saja. Sambil makan pisang goreng, bukan croissant. Saya duduk di sini lihat Anda, hari Sabtu, mungkin saya bisa sambil bawa cucu saya bawa bola,” ungkap Sri Mulyani diiringi riuh tepuk tangan hadirin.

“Kalau Anda ingin saya ngajar, saya ngajar. Saya duduk, ngobrol saja dengan Anda, cerita sanbil duduk. Itu kan membuat hidup kita lebih bahagia. Saya enggak kepengin di kampus-kampus lain kalau saya ingin diundang, ditawari di negara lain. I dont feel like home, iya kan? Ini rumah kita ini negara kita,” tukasnya.

Kampus ini jaraknya dekat sekali dengan rumah saya pribadi di sini, bukan rumah menteri. Saya pada dasarnya adalah hati saya itu di bidang pendidikan. Saya merasa, bahwa investasi yang sangat berharga di dunia ini adalah mengenai pendidikan atau membentuk manusia,” jawab Sri Mulyani di hadapan ribuan mahasiswa.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga berbicara soal ketertarikan dirinya terhadap Kampus STAN yang berlokasi Bintaro ini.

Sebab saat menjabat sebagai Menteri Keuangan di pemerintahan sebelumnya, Sri Mulyani pernah meminta jajarannya untuk mengembangkan pembangunan di kampus tersebut.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, memberikan kuliah umum ke seribuan mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Tangerang Selatan, Senin (17/4/2017).

Dalam kuliah umum itu, ada salah seorang mahasiswa yang bertanya kepada Sri Mulyani. Mahasiswa itu bertanya, ke mana Sri Mulyani akan berlabuh setelah tak lagi menjadi Menteri Keuangan atau pejabat negara lainnya nanti.

 

PT Solid Gold Berjangka

 

 

About Tia Ratna

24 yrs old Executive Secretary Benetta Ramelet, hailing from Lakefield enjoys watching movies like Death at a Funeral and Netball. Took a trip to Archaeological Site of Cyrene and drives a McLaren M16C.
This entry was posted in PT. Solid Gold Berjangka Pusat and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s