Persiapan Lebaran, Bulog akan Impor Daging Kerbau India

Perum Bulog memastikan pasokan bahan pangan siap | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka

Namun, Bulog masih bisa untuk melakukan pendistribusian. “Sapi, enggak main dulu (impor daging sapi), karena swasta main ke sana,” ujar dia.

Sementara itu, untuk pasokan gula hingga beras, Djarot memastikan semuanya aman pada saat bulan Ramadan dan Lebaran. Untuk gula saat ini, pasokan Bulog mencapai 400 ribu ton sementara beras masih ada dua juta ton.

“Kebutuhan gula nasional kita normal 240 ribu ton sebulan. Kalau 400 ton kan bisa 2-3 bulan. Beras masih ada dua juta, jadi aman sampai lebaran, ada barangnya, harganya stabil,” tuturnya.

“Yang pasti bulog hari ini ada 39 ribuan (ton daging). Dan ini masih akan masuk, lagi proses untuk izinnya ada 50 ribuan ton dari India, kerbau semua,” kata Djarot di sela perayaan HUT ke-19 Kementerian BUMN, di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa 18 April 2017.

Mengenai proses izinnya, pihaknya sedang mengurus melalui Kementerian Perdagangan. Sementara untuk impor daging sapi, Djarot menyebut, pihaknya tidak melakukan impor secara langsung, sebab sudah diserahkan kepada pihak swasta.

Menjelang Ramadan dan Lebaran, Perum Bulog memastikan pasokan bahan pangan siap. Mulai dari daging hingga pasokan gula dipastikan aman pada saat Lebaran.

Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti, mengatakan, pihaknya akan melakukan tambahan impor daging kerbau sebesar 50 ribu ton dari India untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang meningkat pada saat Lebaran. Impor ini juga bertujuan agar harga daging tetap stabil saat Lebaran.

Bulog Pastikan Pasokan Pangan Aman Hingga Lebaran | PT Solid Gold Berjangka

Selain memastikan pasokan daging aman, kata Kusumayakti, Bulog juga telah menyiapkan kebutuhan pangan lainnya seperti gula pasir sekitar 400 ribu ton dan beras sebanyak 2 juta ton, yang diperkirakan mencukupi permintaan saat lebaran.

“Berasa aman sampai lebaran, harganya pun sekarang stabil,” ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Bulog‎ telah menyiapkan 20 ribu unit rumah pangan kita (RPK) yang akan disebar di seluruh pelosok Indonesia untuk memastikan pasokan pangan secara nasional terpenuhi.

Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan, ‎saat ini proses impor daging kerbau masih menunggu izin dan untuk daging sapi, Bulog belum berencana mendatangkan dari luar negeri.

“Sekarang 39 ribu ton (tersedia), kami akan masukan lagi izin 50 ribu ton dari India, ini daging kerbau semuanya,” ucapnya, Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Perum Bulog memastikan pasokan daging saat Idul Fitri 2017 terkendali, seiring telah disiapkannya 50 ribu ton daging kerbau beku.

Amankan Lebaran, Impor Daging Kerbau India Ditambah Jadi 50 Ribu Ton | PT Solid Gold Berjangka

Sementara itu, stok beras tercatat masih ada 2 juta ton beras. Kecukupan pasokan beras ini diklaim membuat harga beras pun dipastikan stabil menjelang hari raya Idul Fitri.

“Sapi enggak main dulu (Bulog), karena swasta yang ke sana. Untuk gula sudah ada 400 ribu ton, kebutuhan kita normal 240 ribu ton nasional sebulan. 400 ribu ton bisa 2-3 bulan,” ucapnya, saat menghadiri perayaan HUT ke-19 Kementerian BUMN, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (17/4/2017).

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) kini tak lagi melirik daging sapi, namun daging kerbau. Negara impor yang dibidik adalah India.

Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakni mengatakan, Bulog siapkan daging sekira 39 ribu ton dan akan bertambah jumlahnya hingga 50 ribu ton bila izin impor sudah keluar.

 

Solid Gold

About Tia Ratna

24 yrs old Executive Secretary Benetta Ramelet, hailing from Lakefield enjoys watching movies like Death at a Funeral and Netball. Took a trip to Archaeological Site of Cyrene and drives a McLaren M16C.
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka, Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s