Presiden: Indonesia makin kompetitif di industri otomotif

Pertumbuhan industri otomotif Indonesia lebih dari 10 persen per tahun | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

 PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

Dalam laporannya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pembangunan pabrik baru PT MMKI merupakan salah satu bukti komitmen investasi Mitsubishi Motors Corporation dan mitra usahanya yang telah ada di Indonesia sejak 1970.

“Untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi Mitsubishi di dunia saat ini, dengan produk andalannya Colt yang mencapai dua juta unit,” ucap Airlangga.

Total investasi PT MMKI sebesar Rp7,5 triliun untuk membangun kapasitas produksi 160 ribu unit per tahun.

“Dan bisa ditingkatkan hingga 240 ribu unit per tahun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 3.000 orang,” kata Airlangga.

“Terus lakukan pelatihan untuk SDM lokal. Bagus juga bila disiplin yang tinggi dalam budaya kerja SDM-SDM Jepang bisa ditularkan kepada SDM Indonesia. Jangan ragu untuk melibatkan putra-putri Indonesia dalam melahirkan inovasi-inovasi baru. Karena SDM Indonesia itu aslinya pintar-pintar semua,” kata Kepala Negara.

Presiden juga berharap industri otomotif bisa meningkatkan ekspor.

“Memang pasar lokal, pasar domestik itu besar. Tetapi kita juga memerlukan pasar ekspor sebagai sebuah keseimbangan,” ujarnya.

Di sini kita akan menempuh penguatan pendidikan vokasi, vocational school, dan juga vocational training, kewirausahaan, dan pasar tenaga kerja. Pemerintah akan terus mengeluarkan kebijakan yang akan mempertemukan kecocokan kerja link and match atau job matching antara vokasi dan industri,” jelas dia.

Presiden juga berharap investasi di bidang industri disertai alih pengetahuan dan teknologi.

Ini dapat membuka tiga ribu lapangan kerja. Sekali lagi, tiga ribu lapangan kerja,” kata Presiden.

Oleh karena itu dia menekankan pentingnya mempermudah masuknya investasi yang bisa menggerakkan roda perekonomian, khususnya di sektor otomotif.

Presiden menambahkan bahwa peningkatan kemampuan sumber daya manusia juga penting untuk memenuhi tuntutan industri.

Presiden Joko Widodo mengatakan pertumbuhan industri otomotif Indonesia lebih dari 10 persen per tahun dan makin kompetitif.

“Indonesia sekarang semakin kompetitif untuk industri otomotif. Pertumbuhan industri otomotif di Indonesia rata-rata 10 persen lebih,” kata pada peresmian pabrik baru PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Kawasan Greenland International Center (GCII), Kota Deltamas Pasarranji, Bekasi, Selasa.

Ia yakin pasar otomotif dalam negeri yang besar akan menarik lebih banyak investasi masuk, yang selanjutnya akan menumbuhkan lapangan pekerjaan. Ia mencontohkan komitmen peningkatan investasi Mitsubishi Motors yang direalisasikan dengan membangun pabrik baru di Indonesia.

Jokowi: Jangan Ragu Libatkan SDM Indonesia, Pintar-pintar Semua | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

 

Pabrik ini pada tahap pertama akan berkapasitas 160.000 unit per tahun serta dapat dikembangkan mencapai 240.000 unit per tahun. Pembangunan pabrik ini rencananya akan menyerap 3.000 tenaga kerja.

Untuk membangun pabrik Mitsubishi mengucurkan dana investasi Rp 7,8 triliun atau US$ 600 juta.

“Jangan ragu melibatkan putra putri Indonesia karena SDM Indonesia aslinya pintar-pintar semuanya,” tambah Jokowi.

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim saya resmikan pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia,” ungkap Presiden Jokowi saat peresmian di GIIC Industrial Area Deltamas, Bekasi, Jawa Barat Selasa (25/4/3017).

Jokowi juga menambahkan ke industri otomotif bakalan terus maju, sehingga akan ada banyak investor yang menanamkan investasinya di Indonesia. Namun Jokowi berharap investasi tersebut bisa melibatkan putra-putri Indonesia yang juga talentanya tak kalah dengan SDM dari negara lain.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKSI) akhirnya meresmikan pabrik pertamanya di Indonesia yang terletak di Kawasan Greenland International Center (GIIC) Blok CH No.01 Kota Deltamas Pasirranji, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat.

Diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, pabrik ini bakalan memproduksi 3 model mobil Mitsubishi, yakni Pajero Sport, L300, dan small MPV yang baru mulai diproduksi pada kuartal ketiga tahun ini.

Resmikan Pabrik Mitsubishi, Jokowi: Investasi Jangan Dipersulit | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

“SDM merupakan salah satu pilar kebijakan ekonomi yang diluncurkan pemerintah. Kita akan menempuh pendidikan vokasi serta kewirausahaan. Pemerintah akan terus keluarkan kebijakan yang mempertemukan kecocokan kerja atau job matching antara vokasi dan industri,” katanya.

Jokowi juga mengingatkan, dalam investasi di bidang industri, diharapkan adanya alih teknologi dan pengetahuan.

“Terus melakukan pelatihan SDM lokal, bagus juga budaya disiplin kerja SDM Jepang bisa ditularkan di SDM Indonesia. Dan jangan ragu tularkan kepada putra putri Indonesia soal teknologi, karena mereka pintar-pintar semua. Kita juga perlu mengembangkan pasar ekspor untuk keseimbangan,” katanya.

Usai meresmikan, Jokowi menyempatkan diri meninjau lokasi pabrik dan foto bersama pekerja pabrik otomotif asal Jepang ini.

Indonesia sekarang semakin kompetitif untuk industri otomotif. Pertumbuhan industri otomotoif di Indonesia rata-rata 10% lebih. Saya meyakini akan banyak lagi investasi bidang otomotif yang masuk ke Indonesia karena pasarnya besar,” katanya.

“Dengan semakin banyak investasi, maka semakin banyak lapangan kerja tersedia,” tambah Jokowi.

Untuk itu, lanjut Jokowi, kapasitas SDM Indonesia harus memenuhi kebutuhan bagi yang melakukan investasi.

Saya sering mengatakan bahwa investasi itu penting. Oleh sebab itu, investor jangan dipersulit agar perekonomian bergerak, pertumbuhan ekonomi selalu ada di Indonesia. Dan juga supaya nanti banyak rakyat kita yang mendapatkan pekerjaan. Karena investasi itu membuka lapangan kerja. Artinya yang tadinya menganggur, bisa bekerja,” kata Jokowi di pabrik PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia, Kawasan Greenland International Center, Kota Deltamas, Cikarang, Bekasi, Selasa (25/4/2017).

Jokowi mengatakan, pabrik Mitsubishi yang diresmikan tersebut bisa menyerap 3.000 tenaga kerja. Jokowi juga mengatakan, saat ini industri otomotif di Indonesia semakin berkembang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia di Cikarang, Bekasi. Jokowi mengatakan, pembukaan pabrik ini membuka lapangan pekerjaan dan memacu denyut nadi industri otomotif di Indonesia.

Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan pentingnya adanya investasi di suatu wilayah. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi akan bergerak naik.

 

 

PT Solid Gold Berjangka

 

 

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s