Ada di Satu Atap, Tak Hentikan Kompetisi Nissan-Mitsubishi

Nissan Motor Co Ltd telah menyelesaikan proses akuisisi terhadap 34 persen saham Mitsubishi Motors | profil pt solid group medan

 

profil pt solid group medan

“Aliansi antara Nissan dan Mitsubishi berdasar dari persamaan minat. Ini adalah sebuah kerjasama, dan dalam kerjasama ini Nissan membantu Mitsubishi dan Mitsubishi membantu Nissan,” kata Ghosn.

Menurut Ghosn, saling bantu membantu tersebut bakalan terjadi misalnya saja dengan berbagi platform yang sama serta saling bertukar teknologi.

“Nissan dan Mitsubishi bakal menolong satu sama lain misalnya saja menggunakan platform yang sama di masa depan,” jelas Ghosn.

“Pastinya (transfer teknologi), tapi kami lebih suka menyebutnya teknologi exchange jadi gak cuma searah aja tapi juga ada saling bertukar,” sambung Ghosn.

Ghosn pun menambahkan, saat ini keduanya belum mengembangkan potensinya secara maksimal. Potensi tersebut bisa dikembangkan secara maksimal sebelum akhirnya bersaing satu sama lain.

“Saya pikir ada beberapa potensi dari masing-masing merek untuk berkembang sebelum brand tersebut berkompetisi satu sama lain jadi saya nggak khawatir untuk itu,” tutur Ghosn.

Tergabung dalam satu aliansi tersebut dikatakan bakal menguntungkan untuk ketiganya. Carlos Ghosn mengatakan ketiganya bakal saling membantu satu sama lain.

Pada Oktober 2016 lalu, Nissan Motor Co Ltd telah menyelesaikan proses akuisisi terhadap 34 persen saham Mitsubishi Motors (MMC). Dengan demikian Mitsubishi tergabung dalam satu aliansi dengan Nissan dan juga Renault. Meski begitu khususnya di pasar Indonesia, tak menjadikan keduanya menghentikan persaingan.

“Ya, pastinya mereka bersaing antara satu sama lain karena di Indonesia pun sebenarnya tidak terlalu masalah karena baik Mitsubishi maupun Nissan pasarnya tidak terlalu besar, jadi ini bukan masalah besar,” kata Chairman of Board Mitsubishi Motors, Carlos Ghosn, di pabrik Mitsubishi, Kawasan Industrial GIIC Delta Mas, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/4/2017).

Bos Besar Mitsubishi Datangi Indonesia | profil pt solid group medan

Carlos Ghosn juga mengatakan bahwa meski terlihat menguntungkan satu pihak, namun sebetulnya aliansi ini juga menguntungkan Nissan. “Ini juga bisa menjadi hal yang positif untuk Nissan, dan juga tentunya Renault,” tambahnya.

Dalam kesempatan peresmian, Carlos Ghosn juga menemani Presiden Joko Widodo dalam plant tour. Meski tidak diketahui apa yang dibahas keduanya, namun dapat dipastikan bahwa Jokowi sangat menekankan pentingnya investasi bagi Indonesia.

Menurut Ghosn, Indonesia merupakan pasar yang penting. Itu dia mengapa Mitsubishi menanamkan investasi yang sangat besar untuk mendirikan pabrik.

“Indonesia adalah pasar penting bagi kami. Pabrik ini representasi kepercayaan diri kami di Indonesia, di wilayah ASEAN dan pada prospek perkembangan Mitsubishi Motors. Kami bangga dapat berinvestasi,” ujar Ghosn di Bekasi.

Selain itu, Ghosn juga menjelaskan lebih jauh apa saja keuntungan yang diperoleh Mitsubishi dengan bergabung dalam aliansi.

Keuntungan paling jelas adalah Mitsubishi dapat mengakses teknologi dan platform yang lebih canggih ketimbang yang mereka miliki selama ini. “Cara ini dapat membawa model baru lebih cepat ke pasar,” tambahnya.

Untuk pertama kalinya Chairman of Mitsubishi, Carlos Ghosn, datang ke Indonesia setelah aliansi Mitsubishi dan Nissan-Renault resmi terbentuk. Ia datang saat peresmian pabrik Mitsubishi Indonesia, Selasa (25/4/2017).

Dalam wawancara dengan sejumlah juru warta, Ghosn menjelaskan beragam hal penting. Mulai keuntungan masuknya Mitsubishi dengan aliansi tradisional Renault-Nissan, serta posisi penting Mitsubishi Indonesia di pasar internasional.

Mitsubishi Janji Perkuat Layanan Purna Jual | profil pt solid group medan

“Kami juga akan memperkuat layanan purnajual kami, menyediakan layanan pemeliharaan yang lebih baik serta memasarkan lebih banyak suku cadang,” tutur Osamu.

Lebih lanjut Osamu meyakini, dimulai dengan resminya pabrik Mitsubishi beroperasi, merupakan waktu yang menggairahkan bagi industri kendaraan bermotor di Indonesia.

“Dengan berinvestasi di pabrik Bekasi dan merestrukturisasi bisnis kami, kami berkomitmen untuk memasarkan kendaraan yang berkualitas bagi konsumen Indonesia dan menciptakan lapangan pekerjaan lokal,” pungkasnya.

President & CEO Mitsubishi, Osamu Masuko mengatakan, hal tersebut akan membuat Mitsubishi lebih fokus.

“Ini akan memabantu kami untuk fokus pada konsumen retail dan peningkatan penjualan kendaraan penumpang,” ujarnya kepada wartawan, di Kawasan Greenland International Center (GIIC) Blok CH No.01, Deltamas, Pasirranji,Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/4/2017).

Mitsubishi juga akan memperluas jarinan penjualannya, dari 90 outlet saat ini, menjadi lebih dari 140 outlet.

Seiring dengan diresmikannya pabrik mobil penumpang yang baru di kawasan Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat, Mitsubishi akan menguatkan jaringan penjualan. Salah satunya dengan memisahkan dealership antara Mitsubishi Motors dengan Mitsubishi Fuso.

 

 
profil pt solid group medan 

 

This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s