1,5 Juta Liter Minyak Goreng Disiagakan untuk Stabilkan Harga

Musim Mas ikut mendukung program pemerintah dalam ketersediaan minyak goreng | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

 

PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang
Dia mengatakan itu usai meninjau perusahaan produsen minyak goreng Musim Mas di Kawasan Industri Medan. Mendag juga menegaskan, bahwa pemerintah akan menindak tegas perusahaan produsen, disributor dan lainnya yang melakukan tindakan penimbunan minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya.

“Sudah ada ketentuan semua produsen dan distributor melaporkan produksi dan stok sehingga pemerintah mengetahui posisi stok sebenarnya,” katanya.

Executive Chairman PT Musim Mas, Bachtiar memyebutkan Musim Mas ikut mendukung program pemerintah dalam ketersediaan minyak goreng itu termasuk ikut dalam pasar murah.

Dengan ada cadangan yang bisa digelontorkan pemerintah dan komitmen perusahaan produsen melepas minyak goreng seharga Rp 11 ribu per liter dan termasuk Rp 10.500 per liter untuk pasar murah, maka diyakini tidak ada gejolak harga.

“Kalau juga naik maka 1,5 juta liter minyak goreng cadangan itu akan dilepas,” katanya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menegaskan pemerintah sudah menyiapkan cadangan 1,5 juta liter minyak goreng untuk siap digelontorkan di pasar kalau ternyata harganya naik di pasar menjelang Ramadhan.

“Ada 1,5 juta liter minyak goreng yang disiapkan para produsen untuk siap digelontorkan kalau ternyata harga di pasar naik. Jadi konsumen jangan khawatir,” ujarnya di Medan, Selasa (2/5).

Stok gula aman untuk empat bulan| PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

 

Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengatakan sudah mengingatkan pemkab/pemkot agar menjaga ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumut sendiri sudah melakukan berbagai langkah untuk menjaga ketersediaan dan harga barang bahan pokok di Sumut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Alwin menyebutkan, harga berbagai bahan pokok khususnya minyak goreng, gula dan beras cukup stabil bahkan tren menurun.

Gula Rp12.500 per kg dan minyak goreng kemasan ada Rp11.000 per liter seperti yang ditetapkan pemerintah.

“Hanya bawang putih yang harganya naik dari Rp34.000 menjadi Rp48.000 per kg,” ungkap Alwin.

“Segel baru dibuka kalau gulanya sudah cair. Jadi pengusahanya pasti nggak berani karena akan merugi besar,” ucapnya.

Dia menegaskan, pemerintah tidak main-main dengan ancaman penindakan tegas kepada pengusaha maupun distributor yang nakal.

Bagi perusahaan distributor yang tidak mendaftar atau melaporkan stoknya saja, misalnya, bahkan sudah dianggap ilegal.

Dia mengatakan itu usai meninjau pabrik gula PT Medan Sugar Indonesia di Kawasan Industri Medan (KIM)

Menurut Mendag, kestabilan harga gula semakin diyakini akan terjaga karena pemerintah sudah menjalankan atau menetapkan harga eceran tertinggi (HET) gula Rp12.500 per kg, baik itu di pasar modern dan tradisional.

Enggartiasto menegaskan, pemerintah akan melakukan tindakan tegas seperti penyegelan dan bahkan penyitaan kalau ditemukan kasus penimbunan gula maupun barang pokok lainnya.

Kementerian Perdagangan menegaskan stok gula di tangan produsen, distributor dan pedagang serta Bulog cukup aman hingga empat bulan ke depan dan akan terus diamankan sepanjang tahun.

“Secara nasional hingga saat ini, stok gula di produsen/ distributor gula ada hampir 800 ribu ton dan di Bulog sekitar 400 ribu ton. Stok itu cukup aman dan akan aman sepanjang tahun,” ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Medan, Sumut, Selasa.

 

Mendag Cadangkan 1,5 Juta Liter Minyak Goreng Jelang Ramadan | PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang

Mendag juga mengatakan, bahwa pemerintah akan menindak tegas perusahaan produsen, disributor yang melakukan tindakan penimbunan minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya.

“Sudah ada ketentuan semua produsen dan distributor melaporkan produksi dan stok sehingga pemerintah mengetahui posisi stok sebenarnya,” katanya.

Mendag menambahkan, adanya cadangan yang bisa dipasok pemerintah dan komitmen perusahaan produsen melepas minyak goreng seharga Rp 11 ribu per liter dan termasuk Rp 10.500 per liter untuk pasar murah, maka diyakini tidak ada gejolak harga.

“Kalau juga naik maka 1,5 juta liter minyak goreng cadangan itu akan dilepas,” katanya.

Ada 1,5 juta liter minyak goreng yang disiapkan para produsen untuk siap dipasok jika harga di pasar naik. Jadi konsumen jangan khawatir,” katanya di Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Selasa (2/5/2017).

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita hadir dalam HUT ke-7 Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Sumatera Utara (P3TSU), di Medan, Sumatera Utara, Selasa (2/5/2017).

Dalam kesempatan itu, Mendag menegaskan pemerintah sudah menyiapkan cadangan 1,5 juta liter minyak goreng untuk siap dipasok ke pasar jika menjelang bulan Ramadan harganya melonjak naik.

 

 
PT Solid Gold Berjangka 

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka Cabang Semarang and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s