Heboh Pakai Uang Donasi, Cak Budi Beberkan Klarifikasi

Netizen ramai menggunjingkan Cak Budi karena tidak transparan dalam menyalurkan dana bantuan | demo pt solid gold berjangka

 

PT Solid Gold Berjangka

Klarifikasi yang disampaikannya ini mendapat hujatan dari netizen. Banyak di antaranya yang menyayangkan sikap Cak Budi yang tidak transparan dan menggunakan uang donasi untuk pembelian mobil dan iPhone7.

Ada yang mengungkapkan tak lagi percaya dengan pengumpulan dana bantuan sosial. “Jadi takut donasi donasi, harusnya terbuka kalau mau pakai uang donatur untuk operasional.”

Ada juga yang meminta Cak Budi menghapus bio link donasi di profil Instagram-nya jika ia memang tak lagi melanjutkan kegiatan bakti sosial tanpa pengumpulan donasi dari publik.

Menurutnya, pembelian mobil dan ponsel iPhone7 adalah untuk keperluan operasional. Total uang yang diterima yang belum disalurkan itu akan digunakan membangun rumah singgah untuk lansia yang belum punya tempat tinggal.

Cak Budi mengatakan, ia akan melanjutkan postingan klarifikasi dengan rencana membagi postingan rekening koran untuk transparansi lengkap penggunaan dana pada Selasa (2/5).

Lewat akun Instagramnya @cakbudi_, pada Senin (1/5), ia mengungkapkan bahwa benar ia menggunakan uang donasi untuk pembelian mobil Fortuner dan ponsel iPhone7.

Uang donasi yang terkumpul, ungkapnya, berjumlah Rp1,2 miliar, dengan rincian Rp560 juta ke rekening pribadi dan sekitar Rp700 juta dari halaman akun kitabisa.com/cakbudi.

Cak Budi membeberkan sejumlah alasan sebagai klarifikasi atas penggunaan uang donasi yang ia kumpulkan.

Jika awalnya ia dipuji-puji netizen karena kerap menggalang dana bantuan sosial untuk orang tak mampu, kini ia dihujat balik karena ketahuan menggunakan uang donasi untuk beli mobil Fortuner dan ponsel iPhone7.

Sebelumnya, netizen ramai menggunjingkan Cak Budi karena tidak transparan dalam menyalurkan dana bantuan. Masalah ini sempat ramai jadi perbincangan di media sosial.

Pembelian iPhone 7 dan Fortuner Cak Budi Bukan dari Donasi Kitabisa | demo pt solid gold berjangka

 

Seperti website crowdfunding lainnya di dunia, biaya administrasi ini digunakan untuk menutup biaya operasional serta pengembangan teknologi dan layanan Kitabisa agar menciptakan wadah menggalang dana dan donasi yang mudah dan transparan bagi semua orang,” pungkas Vikra.

Kitabisa.com sendiri saat ini telah memfasilitasi lebih dari 4.000 penggalangan dana dari individu, komunitas dan yayasan.

Beberapa diantaranya adalah galang dana Bus Donor Darah oleh Palang Merah Indonesia (kitabisa.com/busdondar), Pembangunan masjid di Jepang oleh komunitas Muslim di Chiba (kitabisa.com/masjidchibajepang), Bantuan korban banjir Garut oleh Ridwan Kamil (kitabisa.com/rkpedulibanjirgarut), hingga yang terbaru adalah galang dana untuk biaya pengobatan Julia Perez .

Ada syarat dan ketentuannya, https://kitabisa.com/term-and-conditions, Kitabisa.com menyatakan tiap kampanye akan dikenakan biaya administrasi sebesar 5%, kecuali kategori bencana alam dan Zakat 0% (nol persen).

Setiap Cak Budi melakukan pencairan atas dana yang terkumpul, kitabisa.com juga secara rutin meminta update penyaluran dana. Update tersebut kemudian dilaporkan secara langsung kepada para donatur melalui kolom update di laman donasi terkait yang secara otomatis terkirim ke email seluruh donatur.

Hal tersebut bisa dilihat pada kolom update penggunaan dana yang bisa diakses di Kitabisa.com/cakbudi dimana Cak Budi sudah mengirimkan update sejak tanggal 26 Januari 2017.

Adapun update yang ditulis di kitabisa tersebut terbatas pada donasi yang sudah dicairkan dari halaman Kitabisa.com/cakbudi, di mana Cak Budi telah mencairkan senilai Rp 200 juta dari total donasi terkumpul, dan telah disalurkan sesuai pelaporan di laman tersebut. Sisa donasi yang terkumpul akan disalurkan ke lembaga kemanusiaan global Aksi Cepat Tanggap.

Vikra juga menambahkan, penggalangan dana Cak Budi melalui laman Kitabisa.com bermula ketika Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com, bersama Cak Budi menjadi narasumber talkshow di sebuah TV nasional.

Melihat nilai tambah yang diberikan Kitabisa.com untuk menjaga transparansi kegiatannya, Cak Budi pun membuat halaman penggalangan dana di Kitabisa.com/cakbudi. Sesuai prosedur menggalang dana di Kitabisa.com, Cak Budi juga telah diverifikasi identitasnya oleh tim Kitabisa.

Vikra menjelaskan, saat ini Kitabisa.com juga telah menutup halaman penggalangan dana Kitabisa.com/cakbudi dan tengah berkoordinasi dengan Cak Budi perihal penyaluran dana melalui Aksi Cepat Tanggap, lembaga kemanusiaan global yang disepakati oleh Cak Budi.

“Kami akan memastikan setiap rupiah yang terkumpul disalurkan kepada kaum dhuafa dan para donatur akan mendapatkan update segera setelah penyaluran dilakukan,” ujar Vikra.

Cak Budi selama ini dikenal sebagai penggalang dana masyarakat untuk orang tidak mampu. Dia dan istrinya menampung sumbangan selain di kitabisa juga di rekening pribadi. Namun belakangan ada penggunaan dana yang disoal terkait pembelian iPhone 7 dan Fortuner.

“Penggalangan dana melalui rekening pribadi tersebut dilakukan sebelum Cak Budi membuat halaman di kitabisa, dan tidak bisa dimonitor oleh Kitabisa.com baik nominal yang terkumpul ataupun yang disalurkan,” kata Vikra Ijas dalam keterangan pers, Selasa (2/5).

CMO Kitabisa.com, Vikra Ijas, menegaskan bahwa terkait pembelian mobil dan telepon seluler tidak menggunakan donasi yang digalang melalui Kitabisa.com, melainkan menggunakan donasi yang langsung ke rekening pribadi milik Cak Budi dan Istri.

Kitabisa.com, situs galang dana dan donasi online (Crowdfunding) terpopuler di Indonesia memberikan klarifikasi terkait kasus pembelian iPhone 7 dan Toyota Fortuner oleh Cak Budi.

Klarifikasi Cak Budi soal beli iPhone7 dan Fortuner dari uang donasi | demo pt solid gold berjangka

Kami akan menjual segera semua aset yang diperoleh dari uang donasi (1 unit iPhone 7 dan mobil Fortuner). Dana hasil penjualan tersebut, beserta dana yang masih belum digunakan akan kami amanahkan seluruhnya ke lembaga berskala nasional yang terpercaya seperti Dompet Dhuafa atau Aksi Cepat Tanggap (sedang diputuskan).”

Cak Budi pun mengaku akan melakukan kegiatan bakti sosial tanpa melakukan pengumpulan donasi dari publik.

Ada donasi terkumpul senilai Rp 1,2 miliar. (560 juta ke rekening pribadi, dan 700 juta donasi ke Halaman Kitabisa) yang belum kami salurkan, sekali lagi belum disalurkan, bukan disalahgunakan,” kata Cak Budi, Minggu (1/5).

Cak Budi membenarkan menggunakan uang donasi untuk tukar tambah HP lama menjadi iPhone7. Hal ini dilakukan untuk mengambil foto dan video para penerima hak dan lokasi yang dikunjungi.

Sosok pasangan suami istri ini pun berkali-kali masuk berita. Postingan mereka menolong orang sering jadi viral di media sosial.

Namun hari ini jagad media sosial geger. Akun instagram cakbudi_ dibully. Dia disebut membeli mobil Toyota Fortuner dan iPhone7 dari uang donasi.

Cak Budi dan Lina pun menjelaskan masalah ini melalui akun cakbudi_. Ada 10 poin yang dibahas di sana.

Ribuan orang tergerak membantu melalui rekening pribadi Cak Budi. Selain itu, pasangan ini juga membuka akun lewat kitabisa.com. Jumlahnya lebih dari Rp 1 miliar.

“Melalui halaman ini kawan-kawan bisa menitipkan donasi yang akan saya salurkan buat saudara-saudara kita yang membutuhkan,” kata Cak Budi.

Akun instagram cakbudi_ dikenal sebagai penggerak kegiatan sosial. Cak Budi dan Lina, istrinya mengunggah penderitaan bermacam orang yang memerlukan bantuan. Mereka pun berkeliling ke pelosok membagikan bantuan.

 

 
demo pt solid gold berjangka

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s