Kerahkan 700-an Personel, Polisi Jaga Aksi Karyawan Freeport Sebulan Penuh

Aksi karyawan Freeport akan dilakukan selama satu bulan penuh | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka
“Kita sudah berusaha melakukan negosiasi dan komunikasi. Jangan sampai aksi buruh disusupi atau diprovokasi pihak-pihak yang tidak bertaggung jawab. Sampai siang tadi masih sesuai kesepakatan awal, belum ada yang berusaha memprovokasi.

Tugas kami pun harus melakukan pendekatan yang sifatnya persuasif dan tidak boleh jadi pemicu,” kata Boy Rafli di Polda Papua, Senin (1/5/2017).

Rencana, aksi karyawan Freeport akan dilakukan selama satu bulan penuh hingga 31 Mei mendatang.

Dalam aksi hari ini, para karyawan PT Freeport juga menuntut polisi membebaskan Sudiro, Ketua PUK SPKEP SPSI PT Freeport Indonesia yang ditahan Polda Papua, sejak 6 bulan lalu.

Sudiro ditahan atas tuduhan penggelapan.

Dalam aksi Senin, 1 Mei 2017, sekitar 6000 orang karyawan PT Freeport yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Pro Perubahan memenuhi Lapangan Timika Indah, Kota Timika, Kabupaten Mimika.

Para buruh menuntut sejumlah hal, termasuk desakan kepada pemerintah Indonesia agar bertindak cepat mengatasi konflik karyawan dan manajemen perusahaan di PT Freeport Indonesia dan melindungi pekerja.

Kapolda Papua Boy Rafli Amar mengatakan aparat bersiaga mencegah provokasi dalam aksi karyawan PT Freeport Indonesia.

Kepolisian Daerah Provinsi Papua mengerahkan tujuh kompi anggota kepolisian atau sekitar 700-an personel untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang dilakukan para pekerja PT Freeport Indonesia.

Kapolda Papua Boy Rafli Amar mengatakan dari jumlah personel yang dikerahkan itu, sekitar 200-an berasal dari Brimob Polda Papua.

Hari Buruh, Pekerja Tuntut Persoalan Freeport Dituntaskan | PT Solid Gold Berjangka

Mereka menuntut agar pemerintah segera mencabut PP nomor 78 tentang Pengupahan yang dinilai memiskinkan pekerja Indonesia, perbaikan layanan jaminan sosial agar layak dan manusiawi serta menghapus sistem outsourching dan pemagangan.

Para pekerja juga meminta pemerintah mewujudkan hak berserikat dengan menghentikan intimidasi dan kriminalisasi terhadap aktivis serikat pekerja Indonesia. Selain penolakan terhadap PP nomor 78 tahun 2015, karyawan juga menolak revisi UU nomor 13 tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan yang menghilangkan uang pesangon.

“Serta menghentikan kriminalisasi terhadap Ketua Pimpinan Unit Kerja SPKEP-SPSI Freeport Indonesia Sudiro,” ujar Aser, seperti dikutip dari Antara, Senin 1 Mei 2017.

Aser mengajak semua pekerja untuk bersatu dan tidak boleh terpecah yang bisa mengakibatkan penindasan kepada karyawan. Ia mengatakan saat ini 32 ribu pekerja di PT FI sedang mengalami penindasan dan perampasan hak. Untuk itu semua pihak mesti bersatu agar PT FI jadi berkat bagi pekerja, warga Mimika dan Indonesia.

Ribuan karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPKEP-SPSI) di lingkungan Freeport Indonesia menuntut enam poin dalam aksi yang digelar di lapangan Timika, Indah, Mimika, Papua.

Ribuan pekerja Mimika dalam aksinya memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day menuntut Pemerintah Indonesia segera menuntaskan persoalan PT Freeport Indonesia (PFI). Penyelesaian itu penting agar nasib para pekerja jelas dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

Ketua Pimpinan Cabang SPKEP-SPSI Kabupaten Mimika Aser Gobai mengatakan, tuntutan keenam merupakan tuntutan khusus para karyawan tentang permintaan kepada pemerintah agar bertindak cepat mengatasi permasalahan Freeport Indonesia dan melindungi kepentingan pekerja.

Baru Sepekan Jabat Kapolda Papua, Boy Rafli Amar Langsung Kena Demo Buruh Freeport | PT Solid Gold Berjangka

 

“Jumlah tersebut sudah termasuk anggota yang tergabung dalam Satuan Tugas Amole yang bertugas mengamankan wilayah operasional PT Freeport Indonesia,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, di Jayapura, Sabtu, 29 April 2017.

Kapolda Papua Boy Rafli Amar mengatakan walaupun polisi sudah menyiagakan ratusan anggota namun diharapkan aksi demo yang nantinya dilakukan massa serikat pekerja Freeport sesuai koridor hukum yang berlaku.

Menghadapi rencana tersebut, Polda Papua menyiagakan tujuh kompi personil Polri atau sekitar 750 orang, terkait aksi demonstrasi para pekerja tambang PT Freeport Indonesia yang dilakukan berkali-kali di wilayah Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

“Ada tiga tuntutan utama kami yaitu meminta manajemen PT Freeport agar menghentikan kebijakan forelock dan mengembalikan semua karyawan yang telah dinyatakan forelock ke tempat kerja semula. Kami juga mendesak manajemen PT Freeport agar menghentikan segala bentuk dan upaya kriminalisasi pekerja,” kata Tri Puspita.

Sebelumnya, Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia menyatakan para pekerja perusahaan itu akan menggelar mogok kerja mulai 1 Mei 2017 sebagai bentuk protes terhadap kebijakan merumahkan ribuan pekerja dengan dalih program efisiensi atau forelock.

Anggota Tim Advokasi Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan (PUK SP-KEP) SPSI PT Freeport Tri Puspita di Timika, Papua, Kamis, 20 April 2017, mengatakan rencana mogok kerja ribuan karyawan PT Freeport yang diikuti perusahaan-perusahaan subkontraktor Freeport akan berlaku efektif mulai 1 Mei 2017 bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Sedunia.

Belum sepekan menjabat sebagai Kapolda Papua yang baru, Irjen Boy Rafli Amar langsung dihadapkan rencana demonstrasi ribuan pekerja PT Freeport Indonesia, tepat di hari buruh, Senin1 Mei 2017.

 
Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s