Karyawan Freeport Demo Lagi, Jonan : Terserah Itu Urusan Mereka

Jonan menekankan kalau aksi tersebut menjadi urusan internal PT F | PT Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

PT Solid Gold Berjangka Cabang Lampung
“Itu bukan urusan saya,” kata Menteri Jonan saat ditemui usai menghadiri acara Forum Gas Nasional, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (3/5/2017).

Jonan juga menekankan kalau aksi tersebut menjadi urusan internal PT FI.

“Ya terserah maunya Freeport mau bagaimana, itu urusan internal mereka,” katanya.

Hal tersebut terkait dengan belum adanya kesepakatan antara karyawan dengan manajemen PT FI diantaranya perihal sanksi PHK bagi karyawan karena tidak masuk kerja sejak 11 April 2017.

Saat dimintai komentar mengenai aksi tersebut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan hanya menjawab singkat.

Karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) melakukan aksi mogok kerja selama sebulan mulai dari 1 Mei 2017 hingga 30 Mei 2017 mendatang.

Ribuan Karyawan Freeport Mogok, Jonan: Bukan Urusan Saya | PT Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

 

Tri berharap dua ribu karyawan itu tidak langsung di-PHK, tapi diberikan surat peringatan terlebih dulu. Manajemen juga diberi opsi untuk tidak membayar upah untuk sementara waktu. “Kami ini kan aset. Masa perlakukannya kayak benda mati, jadi kami kecewa,”ujarnya.

Sebelumnya, Anggota Tim Advokasi Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan (PUK SP-KEP) SPSI Freeport, Tri Puspita menyatakan sekitar 7.000 karyawan Freeport mogok kerja sepanjang bulan Mei 2017. Mereka menolak PHK yang dilakukan oleh Freeport terhadap sekitar 2.000 rekan mereka.

Menurut Tri, dalam aksi mogok ini, serikat pekerja menuntut agar Freeport tidak melakukan PHK terhadap sekitar 2.000 karyawan yang tidak bekerja sejak 11 April lalu. Para pekerja ini tak nyaman dengan kebijakan manajemen yang sudah melakukan PHK terhadap 500 karyawan pada Februari 2017.

Ia juga tidak mau mengomentari dampak dari aksi tersebut terhadap operasional Freeport. Yang jelas, Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan izin ekspor kepada Freeport pada 21 April lalu atau sehari setelah Freeport mengajukan permohonan izin ekspor kepada pemerintah.

Sementara itu, juru bicara Freeport Indonesia Riza Pratama membenarkan adanya aksi karyawan mogok kerja itu. “Benar karyawan mogok,” kata dia kepada Katadata, Rabu (3/5). Namun, ia belum mau menjelaskan tuntutan karyawan pada perusahaan yang berujung aksi mogok itu.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan tidak ingin mencampuri masalah pemogokan para pekerja PT Freeport Indonesia. Padahal, ribuan pekerja perusahaan pertambangan asal Amerika Serikat itu sudah mogok selama tiga hari sejak 1 Mei lalu.

Menurut Jonan, peristiwa mogok tersebut merupakan urusan internal PT Freeport Indonesia. Jadi, penyelesaiannya tergantung dari perusahaan tersebut. “Itu bukan urusan saya,” kata dia di Jakarta, Rabu (3/5).

Pekerja Freeport Mogok, Menteri ESDM: Itu Bukan Urusan Saya | PT Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

 

Menurut Aser, lebih baik manajemen Freeport mengambil langkah bijak supaya rencana mogok ini tidak berlarut. Dari sisi pekerja tentu menginginkan yang terbaik “Saya punya anggota yang juga pekerja Freeport lebih baik manajemen ambil kebijakan itu.

Kerja nanti kita bicara, karena pekerja. Ya nanti tanya kapan ketemu saya menunggu, karena anggota siap,” ujarnya.

Sudah berlaku sejak 1 Mei 2017 tidak ada aktivitas,” tegasnya.

Adapun pemicu mogoknya pekerja sejak 1 Mei hingga 31 Mei alias selama 1 bulan ini dikarenakan manajemen Freeport tetap merumahkan sejumlah karyawannya padahal izin ekspor sudah diberikan pemerintah meski bersifat sementara.

Jadi itu kan internal Freeport, terserah maunya gimana,” ujarnya. Sebelumnya, Ketua Serikat Pekerja Bidang Kimia, Energi, dan Pertambangan Cabang Kabupaten Mimika Aser Gobai memastikan tidak ada aktivitas pekerja Freeport. Hal ini dikarenakan pembahasan rencana mogok kerja karyawan Freeport belum menemui titik temu hingga saat ini.

Terkait dengan terganggunya produksi lantaran pekerja Freeport mogok, Jonan pun menyerahkan permasalahan kepada manajemen Freeport untuk dicarikan solusi terbaiknya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan tidak mau ambil pusing dengan mogoknya karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) sejak 1 Mei 2017.

Seperti diketahui, keputusan mogok kerja karena manajemen Freeport merumahkan sejumlah karyawan, padahal produksi sudah kembali berjalan normal. “Itu bukan urusan saya, ya terserah maunya Freeport gimana,” tegasnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (3/5/2017).

 

 

Solid Gold Berjangka

 

Advertisements
This entry was posted in PT. Solid Gold Berjangka Cabang Lampung and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s