Pemprov Pantau Distribusi Pangan Jelang Ramadan

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat fokus pada pengawasan distribusi pangan | PT Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

 

PT Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

Proses distribusi juga menjadi salah satu penyebab kenaikan harga, selain perilaku oknum yang melakukan penimbunan bahan pokok tertentu.

“Kita berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi kendala distribusi dan penimbunan kebutuhan pokok ini,” kata dia.

Kemungkinan, menurut dia, akan ada tim yang dibentuk untuk melaksanakan pengawasan distribusi dan praktik penimbunan pangan tersebut.

Harga kebutuhan pokok di Sumbar seringkali bergejolak menjelang Ramadan dan lebaran.

Kenaikan harga itu sebagian diakibatkan cuaca dan pola belanja masyarakat yang cenderung memborong kebutuhan pada saat bulan tersebut.

Kendala distribusi tidak boleh jadi penyebab kenaikan harga pangan. Kita fokus awasi itu,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Rabu (3/5).

Ia mengatakan, hal itu usai menghadiri video konferensi dengan Menteri Dalam Negeri, Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, Kepala Bulog, Kapolri, dan KPPU.
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat fokus pada pengawasan distribusi pangan untuk memastikan ketersediaan barang kebutuhan pokok itu di daerah setempat menjelang Ramadan.

Polri Bentuk Satgas Pangan Antisipasi Kecurangan di Ramadan | PT Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

“Jakarta gudangnya penuh, ada 400 ribu ton. Pun demikian wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah juga aman. Bahkan, harus menyewa gudang untuk penyimpanan beras. Stok beras kita 2,2 juta ton. Tidak ada alasan harga beras naik,” katanya.

Selain beras, Amran juga memastikan harga dan ketersediaan cabai, gula, bawang dan lainnya aman jelang Ramadan tahun ini.

“Dulu Rp160 ribu, sekarang Rp30 ribu hingga Rp40 ribu,” katanya.

Lebih dari itu, Amran menyatakan pedagang tidak punya alasan untuk menaikkan harga beras jelang Ramadan tahun ini. Menurutnya, stok beras di Indonesia berlimpah.

Bahkan, lanjutnya, sejumlah gudang penyimpanan beras di Pulau Jawa sampai menyewa gedung tambahan lantaran kewalahan menampung stok beras yang berlimpah.

Selain itu, Satgas Pangan juga dibentuk di tingkat Polda. Masing-masing Polda akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, dan pasar di wilayahnya dalam pengawasan harga dan stok pangan.

Dalam kesempatan yang sama, Amran mengucapkan terima kasih atas berbagai langkah hukum yang telah diambil Polri dalam menjaga harga dan stok barang kebutuhan pokok.

Dia menyampaikan, harga cabai rawit telah berangsur turun setelah Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menangkap dua orang penimbun cabai rawit pada awal Maret lalu.

Ini merupakan perintah Bapak Presiden Jokowi saat rapat terbatas beberapa waktu lalu untuk berkoordinasi jelang Ramadan dan Lebaran mendatang. Beliau ingin terjadi stabilitas harga sembako,” kata Tito.

Dia menjelaskan Satgas ini akan dipimpin oleh Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto. Satgas ini akan berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Perum Bulog, dan KPPU.

Tito mengatakan langkah ini diambil guna menyikapi permintaan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Selasa (4/4). Presiden Jokowi meminta harga-harga pangan, mulai dari daging, minyak, cabai, dan beras dikontrol dengan serius agar tak melonjak tinggi.

Tito menyampaikan hal itu usai konferensi video bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Djarot Kusumayakti, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf dengan jajaran kepolisian daerah se-Indonesia di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, Rabu (3/5).

“Persoalannya pada rantai distribusi. Adanya spekulan, pemain, monopoli, ini yang terjadi di lapangan,” kata Tito.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membentuk Satuan Tugas (Satgas) pangan menjelang Ramadan 1438 Hijriah. Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian berharap satgas ini akan akan menjaga harga dan stok barang kebutuhan pokok.

Satgas ini juga akan menindak tegas oknum yang menimbun dan mempermainkan harga barang kebutuhan pokok.

Kemendag Jamin Stok dan Harga Pangan di Ramadan Terkendali | PT Solid Gold Berjangka Cabang Lampung

Sementara itu, Anggota DPD RI Parlindungan Purba menyabut baik dengan kebijakan pemerintah untuk selalu menekan harga pagan dengan harga normal saat Bulan Ramadan.

“Saya apresiasi kebijakan bapak bisa buat patron harga gula, minyak makan, dan lainnya. Semoga pola penanganan pasar semakin baik di kemudian hari,” sebut Parlindungan, yang juga Ketua Komite II DPD RI.

Sementara itu, Anggota DPD RI Parlindungan Purba menyabut baik dengan kebijakan pemerintah untuk selalu menekan harga pagan dengan harga normal saat Bulan Ramadan.

“Saya apresiasi kebijakan bapak bisa buat patron harga gula, minyak makan, dan lainnya. Semoga pola penanganan pasar semakin baik di kemudian hari,” sebut Parlindungan, yang juga Ketua Komite II DPD RI.

Pemerintah Indonesia menjamin persediaan kebutuhan pangan di Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri aman, dengan harga terjangkau dan terkendali. Karena, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan terus memantau pergerakannya di daerah-daerah.

“Stok pangan terjamin, kita sudah cek hampir 70 persen dari seluruh provinsi,” sebut Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita di Medan, Selasa 2 Mei 2017.
Enggar memastika,n harga sembilan bahan pokok khususnya, terus dipantau. Persediaan bahan pangan di beberapa titik-titik rawan gejolak pun tidak luput dari perhatian pemerintah.
Solid Gold

Advertisements
This entry was posted in PT. Solid Gold Berjangka Cabang Lampung and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s