Kasatpol PP Pidie Jaya terlibat penipuan proyek pembangunan kantor

Kasus penipuan menjanjikan proyek pembangunan kantor Satpol PP Pidie Jaya | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

 

PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

Usai diserahkan ke jaksa, tersangka langsung dibawa ke LP wanita Sigli. Tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.

“Untuk sementara Asiah akan dititipkan selama 20 hari ke depan di LP tersebut untuk proses perlengkapan berkas sebelum dilimpahkan ke pengadilan,” tukasnya.

Berkas perkara yang sudah rampung itu diserahkan ke Kejari Sigli, Rabu (3/5) sekira pukul 11.00 Wib. Asiah telah melakukan penipuan terhadap 3 rekannya berinisial MR, RS dan T, akan meloloskan proyek tersebut melalui Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Pidie Jaya tahun anggaran 2016.

“Asiah melakukan penipuan dengan total kerugian mencapai Rp 500 juta terhadap tiga korbannya dengan iming iming meloloskan proyek,” kata Kanit Pidum Polres Pidie Ipda Hendra Saputra, Rabu (3/5).

Penyidik Polres Pidie telah menyerahkan berkas perkara Kasatpol PP Kabupaten Pidie Jaya, Asiah kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Sigli. Dia diduga terlibat kasus penipuan menjanjikan proyek pembangunan kantor Satpol PP Pidie Jaya.

Korban Penipuan Lapor ke Propam Mabes Polri | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

Menurut Asep, Imam bisa leluasa beraktivitas diduga mendapat perlindungan dan dukungan dari aparat militer. Bahkan kasusnya di militer sedang berproses di POM dengan tembusan ke Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Namun polisi diduga lalai dan profesional karena membiarkan pelaku kejahatan berkeliaran.

“Pelaku kejahatan tidak menjalani proses yang benar sehingga bebas berkeliaran untuk mencari korban – korban baru yang tidak menutup kemungkinan korban akan terus bertambah,” ujar Asep.

Lebih lanjut Asep mengatakan, bisa tertipu oleh aksi Imam karena dijanjikan keuntungan 10 persen jika menyetorkan modal. Bahkan Imam akan membayar Rp1,5 miliar jika telat membayar keuntungan yang diperolehnya setiap bulan. Untuk meyakinkannya Imam juga menyebut memiliki saham atau asey di Bank Mahkota yang sahamnya bisa beralih ke Asep.

sep Yudi Supriyadi mengatakan, pelaporan ke Propam Mabes Polri dilakukan karena pelaporan atas penipuan yang dilakukan Imam Sugiharto alias David Kusumo Haryodiningrat di Polres Karawang tidak dilanjutkan. Padahal sebelumnya polisi telah memeriksa saksi, adik terlapor dan saksi ahli. Namun hingga kini pelaporan tersebut tidak ada perkembangannya.

“Waktu itu kami melapor kasus dugaan penipuan dengan modus trading yang dikoordinatori Imam Sugiarto dengan nama lain RM David Kusumo Haryadingrat,” kata Asep yang ditemani dua pelapor lainnya yakni Dewi Harti dan Ayi Linda Sutriyani di Pelataran Propam Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Tiga korban penipuan bernilai ratusan juta melaporkan ke Sentra Pelayanan Masyarakat Propam Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/5/2017) siang. Mereka melapor Propam karena laporan sebelumnya ke Polda dan Polres atas dugaan penipuan yang dialaminya tidak ditindaklanjuti alias di petieskan. Padahal mereka telah melapor ke polisi sejak tahun 2015 dan 2017.

Dalam laporannya ke Propam Mabes Polri mereka didampingi oleh LBH Barisan Relawan Jalan Perubahan (Bara JP). Laporan ke Propam Mabes Polri bernomor : SPDP2/1616/V/2017/Bagyanduan. Hampir dua jam mereka memberikan keterangan di Propam Mabes Polri atas pelaporan ke Polda dan Polres yang tidak ditindaklanjuti.

 

Diduga Terlibat Penipuan, Jaksa Tahan Kasatpol PP Pijay | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

Kata Efendi, jumlah uang yang diambil pada korban paling tinggi Rp 240 juta dan paling rendah Rp 50 juta. Jika ditotalkan kerugiannya hampir mencapai Rp 500 juta.

“Kasus tersebut telah diupayakan damai, tapi tidak membuahkan hasil. Sehingga pihak yang merasa dirugikan melaporkan kepada polisi,” tukas Efendi.

Kami menahan terdakwa selama 20 hari sebelum perkara tersebut di limpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Sigli,” kata Kepala Kejaksaan (Kajari) Pidie, Efendi SH MH, kepada Serambinews.com, Rabu (3/5/2017).

Lanjutnya, Kasatpol PP Pijay dilaporkan warga dengan dugaan penipuan. Di mana Asiah telah mengambil uang dari beberapa warga dengan perjanjian akan memberikan proyek.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Pidie resmi menahan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Kasatpol PP dan WH) Pidie Jaya (Pijay), Asiah, dengan dijebloskan ke Rumah Tahanan (Rutan) wanita di Gampong Tibang, Kecamatan Pidie, Rabu (3/5/2017).

Asiah ditahan Jaksa setelah berkas dari pihak polisi dinyatakan lengkap dalam kasus dugaan penipuan. Di mana Kasatpol PP Pijay dilaporkan dengan tuduhan mengambil uang pada warga dengan janji akan memberikan proyek.

 
PT Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s