Jokowi Klaim Harga Komoditas di Indonesia Timur Turun Hingga 25 Persen

Penurunan harga komoditas merupakan dampak dari pembangunan infrastruktur | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka
Menurut dia, potensi perekonomian di sektor kelautan dan perikanan mencapai 1,33 triliun dollar Amerika atau sekitar Rp 19 ribu triliun. Potensi besar inipun harus dimanfaatkan dengan pengelolaan dan berbagai terobosan yang lebih baik.

“Ini potensi besar. Tapi kalau pengelolalaannya kita hanya rutinintas, monoton, tidak melakukan terobosan, jangan harap angka ini bisa kita dapatkan. 10 persen saja sudah bagus, apalagi masuk ke 19 ribu sampai 20 ribu. Ini pekerjaan besar, potensinya ada. Tetapi perhatian kita ke sini belum,” ujar Jokowi mengingatkan.

“Karena tanpa itu kita akan sulit mengejar ketertinggalan di bidang transportasi laut kita. Kemungkinan, Kuala Tanjung akan kerja sama dengan Pelindo, Roterdam Port, dan Dubai Port,” kata Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi juga meminta agar industri kemaritiman seperti galangan kapal, komponen perkapalan, industri jasa pelayaran, dll menjadi fokus dan perhatian utama yang harus dikerjakan pemerintah.

Terkait pembangunan pelabuhan di sejumlah wilayah lainnya, Jokowi mengatakan akan segera menyelesaikan pengembangan pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara pada tahun ini. Ia mengingatkan, agar nantinya pelabuhan ini tak dikelola sendiri dan dapat bekerja sama dengan pelabuhan besar lainnya yang memiliki jaringan internasional.

Sudah bisa kita lihat, dua minggu lalu misalnya di Tanjung Priok, kapal besar sudah merapat di Tanjung Priok. Kapal yang mempunyai kapasitas lebih dari 10 ribu Teus. Sudah hadir ini, berpuluh-puluh tahun, saya kira belum pernah terjadi,” kata Jokowi.

Dengan adanya kapal-kapal besar yang langsung merapat di pelabuhan-pelabuhan Indonesia ini akan mengurangi biaya logistik dan juga transportasi. Jokowi pun mengingatkan, agar semakin banyak kapal berukuran besar yang merapat ke pelabuhan-pelabuhan di Indonesia, maka juga diperlukan konsolidasi antar pelabuhan yang lebih baik.

“Tetapi nantinya apabila rute dan trayek semakin banyak, kita meyakini bahwa turunnya harga akan semakin lebih baik lagi,” kata dia.

Presiden menyampaikan, saat ini pemerintah terus berupaya mengejar ketertinggalannya dengan bangsa lain serta membangkitkan potensi kelautan. Dengan adanya pembangunan infrastruktur tersebut, Jokowi mengatakan sejumlah kapal besar pun saat ini telah mulai berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok.

Jokowi mengatakan, penurunan harga komoditas tersebut merupakan dampak dari pembangunan infrastruktur dan berbagai terobosan yang dilakukan pemerintah. “Di Indonesia bagian Timur sudah dirasakan masyarakat turunnya harga 20 hingga 25 persen, itu penurunan yang cukup tinggi,” kata Jokowi saat meresmikan pembukaan Rapat Koordinasi Nasional bidang Kemaritiman 2017 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (4/5).

Jokowi optimistis, apabila nantinya pembangunan infrastruktur baik pelabuhan dan infrastruktur lainnya telah selesai, maka rute perjalanan distribusi barang semakin cepat dan banyak. Sehingga akan berdampak terhadap penurunan harga berbagai barang dan komoditas.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan harga berbagai barang komoditas di wilayah Indonesia bagian Timur saat ini sudah mulai menurun. Menurut dia, bahkan penurunan harga barang komoditas tersebut mencapai hingga 25 persen.

Jokowi Klaim Tol Laut Bikin Harga Barang Turun 25% | PT Solid Gold Berjangka

 

Selain itu, Jokowi juga mengatakan pelabuhan-pelabuhan besar tidak boleh dikelola sendiri oleh PT Pelindo. Dia mencontohkan Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara, yang ditargetkan selesai akhir tahun 2017 ini.

Dengan mencari mitra yang lebih dulu berkembang, menurut Jokowi ini sebagai langkah untuk mengejar ketertinggalan yang dialami pelabuhan-pelabuhan di Indonesia saat ini.

“Kemungkinan, Kuala Tanjung akan kerja sama dengan Pelindo, Roterdam Port, dan Dubai Port. Gabungan itu akan jadi kekuatan itu,” jelas Jokowi.

Sudah hadir ini berpuluh-puluh tahun, saya kira belum pernah terjadi. Dan dua minggu lalu kapal tersebut merapat. Artinya, nanti juga akan ada penurunan biaya logistik, biaya transportasi karena kita sudah tidak usah transit ke negara lain. Langsung masuk ke negara tujuan,” jelas Jokowi.

Kalau nanti semua pelabuhan bisa terkoneksi, lanjut dia, akan banyak lagi kapal-kapal yang masuk. Dengan begitu, komoditas bisa langsung ke tempat tujuan tanpa harus melalui negara lain.

Menurut Jokowi, hal ini tidak terlepas dari upaya perbaikan infrastruktur pelabuhan. Ia mencontohkan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, yang beberapa minggu lalu telah disinggahi kapal besar dengan kapasitas di atas 10 ribu teus, yang bisa membuat harga bisa turun karena memangkas biaya transit.

“Penurunan yang cukup tinggi tapi nantinya jika rute dan trayek makin banyak kita yakin turunnya harga akan lebih baik lagi,” jelas Presiden Jokowi, saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Kemaritiman, di TMII Jakarta Timur, Kamis 4 Mei 2017.

Presiden Joko Widodo mengklaim dengan mulai berjalannya program tol laut di beberapa wilayah di Kawasan Indonesia Timur telah membuat harga barang kebutuhan masyarakat mengalami penurunan. Kebijakan itu telah menurunkan harga antara 20-25 persen dari harga semula.

Pemerintah Siap Tiru Pengelolaan Dana Sawit ke Komoditas Lain | PT Solid Gold Berjangka

 

Pada 2015 – 2017 dampak positif BPDP Kelapa Sawit bagi Indonesia dan khususnya Industri kelapa sawit domestik, mulai terlihat. Harga komoditas CPO yang pada pertengahan 2015 yang sempat mencapai US$437 per ton berdasarkan indeks harga KPB pada pertengahan 2015, meningkat menjadi US$620 per ton pada Maret 2017 atau meningkat sekitar 42 persen dari titik terendah harga CPO.

“Saya yakin dengan menjaga tujuan dan semangat pembentukan BPDP Kelapa Sawit pada masa ini dan masa akan datang, kita akan mampu memiliki industri yang lebih efisien dan memberikan nilai tambah nasional,” kata Darmin.

“BPDP merupakan skema industri membantu industri, di mana perusahaan yang melakukan ekspor wajib menyetorkan pungutan ekspor yang dapat digunakan untuk membantu penyerapan biodiesel agar tidak memberatkan APBN. Dengan membentuk demand baru melalui program mandatory biodiesel yang dibantu dukungan BPDP Kelapa Sawit, pemerintah berhasil menstabilkan harga CPO dan Tandan Buah Segar pada akhir 2015-2016 yang dinikmati seluruh pemangku kepentingan,” ungkapnya.

Darmin mengatakan dengan banyaknya nilai tambah yang dihasilkan BPDP Kelapa Sawit untuk Indonesia, khususnya industri kelapa sawit, maka keberlangsungan BPDP Kelapa Sawit sangat penting dilakukan.Beberapa program utama BPDP Kelapa Sawit adalah: Biodiesel, Peremajaan, Promosi, Peningkatan SDM, Research & Development, Dana Cadangan.

Agar komoditas ini tetap menjadi komoditas strategis, pemerintah Indonesia telah berupaya mengurangi oversupply kelapa sawit yang menyebabkan harga komoditas minyak kelapa sawit (CPO) dan turunannya menurun secara signifikan pada 2014-2015,” ujar Darmin.

Menurutnya, untuk mendorong program biodiesel, pemerintah pun membentuk Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit, yaitu badan yang memberikan insentif dalam mendorong penyerapan Biodisel pada pasar PSO dan Non-PSO.

Oleh karena itu, ia berharap koleganya di Kementerian Perdagangan dan Kementerian Luar Negeri tidak hanya melakukan protes secara diplomatis dan politis, melainkan bisa memberikan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Jangan hanya protes secara diplomasi dan politis, tapi juga harus argumen bahwa itu tidak berdasar dan itu hanya perang dagang. Tapi harus ada justifikasi ilmiah,” paparnya.

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan kelapa sawit adalah salah satu komoditas yang menjadi produk unggulan nasional Indonesia, meski perkembangannya juga tak lepas dari perdebatan.

Menurutnya minyak zaitun dan minyak yang berasal dari bijih bunga matahari sangat populer dan banyak diproduksi di Eropa. Jika produk sawit masuk ke Eropa, maka dua jenis minyak yang sangat populer di benua tersebut akan tergerus. Sehingga keluarlah Resolusi Parlemen Uni Eropa yang menyebut produk sawit sebagai penyebab deforestasi.

“Sawit di Eropa masih kontroversial. Tapi kalau saya boleh jujur sebagian besar itu peran bisnis. Karena minyak sawit tentunya mengancam keeradaan minyak zaitun atau biji bunga matahari yang populer di Eropa,” tukas Bambang.

Terkait hambatan utama bisnis kelapa sawit dan produk turunannya berupa kampanye hitam dari Uni Eropa, bekas Menteri Keuangan tersebut memastikan hal tersebut merupakan persaingan bisnis semata. Pasalnya produk sawit Indonesia dianggap akan mengancam bisnis minyak zaitun mereka yang sudah berlangsung sejak lama.

“Keluarnya resolusi Parlemen Uni Eropa yang menyatakan produk sawit penyebab deforestasi, menciptakan pelanggaran HAM, dan tidak mendukung keberlanjutan hanyalah dorongan dari pelaku bisnis di Eropa. Sebab, produk sawit Indonesia dianggap mengancam keberadaan bisnis minyak zaitun,” ujar Bambang.

“Karena ada begitu banyak keluarga dan petani yang bergantung pada hasil komoditas apakah itu karet, kakao, kopi, dan seterusnya. Tentunya setiap komoditas punya karakteristik masing-masing,” ujar Bambang dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (3/5).

Bambang mengharapkan mekanisme BPDP Kelapa Sawit bisa menjadi referensi utama dalam memperbaiki hasil sekaligus nasib para petani di bidang perkebunan selain kelapa sawit.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang P.S. Brodjonegoro berharap pengelolaan dana perkebunan sawit oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) dapat ditiru dan diaplikasikan pada komoditas lain.

Menurut Bambang kelapa sawit merupakan salah satu contoh komoditas pertanian yang bisa dijadikan contoh oleh komoditas lain sehingga dapat berkembang baik hingga saat ini.

Menteri yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berharap Kementerian Pertanian bisa memberikan perhatian kepada komoditas lain yang belum berkembang sepesat sawit.

 

Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s