Sikap Bos Freeport Berubah, Tak Mau Tuntut Indonesia ke Arbitrase

Freeport bisa kembali ke rezim Kontrak Karya | PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta

PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta
Ada empat hal yang harus dibahas dalam perundingan, yang pertama tentang stabilitas investasi yang terkait ketentuan fiskal baik pusat maupun daerah, kedua divestasi 51 persen saham, kelangsungan operasi setelah 2021, dan pembangunan​ smelter.

Richard mengatakan dalam perundingan pihaknya menekankan soal stabilitas investasi karena ingin terus melanjutkan operasi di tambang Graseber, Tembagapura, Timika, Papua.

“Kami ingin mendapatkan kepastian untuk bisa menggelontorkan dana yang cukup besar untuk mengembangkan underground resources (sumber daya bawah tanah),” ujarnya.

Hari ini, Richard ditemani Executive Vice President Tony Wenas dan Juru Bicara Perusahaan Riza Pratama, bertemu dengan Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar beserta pejabat pemerintah lainnya.

Pertemuan yang berlangsung selama hampir 2 jam sejak pukul 15.30 WIB, tersebut merupakan pertemuan perundingan formal pertama antara tim perundingan dari Freeport dan pemerintah.

Sementara pembangunan smelter Freeport hingga saat ini belum mencapai syarat tersebut. Belum ada angka pasti soal progres pembangunan smelter Freeport . Dalam PMK, jika pembangunan kurang dari 30 persen, maka tarif bea keluar harus 7,5 persen.

PT Freeport Indonesia kini memang sudah bisa melakukan aktivitas ekspor lagi setelah diberikan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) oleh Kementerian ESDM.

Tak seperti perusahaan tambang lainnya, Freeport bisa kembali ke rezim Kontrak Karya jika hingga Oktober mendatang merasa tak cocok dengan IUPK.

Tak hanya itu, kebijakan khusus juga diberikan pemerintah kepada Freeport, yakni tarif bea keluar sebesar 5 persen. Padahal, dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK), tarif bea keluar 5 diberikan kepada perusahaan yang sudah membangun smelter lebih dari 30 persen.

Sikap CEO Freeport McMoRan Inc. Richard C. Adkerson kini sudah berubah. Tak seperti saat menggelar konferensi pers pada 20 Februari lalu, tak lama setelah pemerintah Indonesia melarang ekspor konsentrat, Richard kini tak menebar ancaman menggugat pemerintah ke Badan Arbitrase Internasional.

“Kami sebenarnya tidak pernah menginginkan ini dibawa ke arbitrasi. Kami mencari win-win solution, solusi yang adil kepada kedua belah pihak secara objektif,” kata Richard dalam konferensi pers di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (4/5).

Jonan Berharap Perundingan dengan Freeport Capai Kesepakatan Dalam Waktu Lebih Cepat | PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta

 

Terkait rencana PT FI yang sebelumnya pernah akan membawa masalah ini ke arbitrase internasional, Adkerson menambahkan bahwa pihaknya tidak ingin hal ini berlanjut ke arbitrase dan berharap antara Pemerintah dan Freeport mencapai kata sepakat.

“Kami tidak pernah berharap hal ini berlanjut ke arbitrase. Sepanjang terdapat kemajuan yang mengarah pada resolusi kedua belah pihak yang dapat kita sepakati bersama, maka tidak ada arbitrase,” lanjutnya.

Freeport sangat menyambut baik pertemuan ini, kita memiliki pekerjaan dan isu yang harus didiskusikan. Freeport berharap kedepan ada pertemuan yang mengarah kepada pencapaian win-win solution,” ujar Adkerson.

Sementara itu, CEO Freeport McMoRan Inc, Richard C Adkerson yang hadir pada pertemuan tersebut menyampaikan bahwa PT FI menyambut baik pertemuan ini dan berharap dapat menghasilkan solusi terbaik untuk kedua belah pihak.

Pak Menteri memberikan penegasan, penekanan, bahwa keempat substansi pembahasan ini harus dilaksanakan secara satu paket. Itu yang menjadi catatan kami, bekal kami di Tim Perundingan untuk melaksanakan berdasarkan pedoman maupun arahan dari Pak Menteri,” ungkap Teguh.

“Pak Menteri menyampaikan bahwa ada empat hal yang harus dibahas didalam perundingan bersama dengan Freeport. Pertama, mengenai stabilitas investasi, itu hal-hal yang berkaitan dengan ketentuan-ketentuan fiskal, perpajakan baik pusat maupun daerah. Selanjutnya yang kedua, mengenai divestasi, yang ketiga mengenai kelangsungan operasi setelah 2021, kemudian yang keempat adalah pembangunan smelter.

Selain berharap waktu perundingan dapat diselesaikan lebih cepat, Menteri juga meminta perundingan kedua belah pihak membahas empat hal secara keseluruhan dalam satu paket.

Tim perunding memiliki waktu hingga lima bulan kedepan untuk mencapai kesepakatan bersama.
Namun, Menteri ESDM berharap kesepakatan dapat dicapai dalam waktu lebih cepat.

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan berharap pertemuan-pertemuan kedepan akan berjalan semakin produktif guna membahas empat hal, yakni stabilitas investasi, divestasi, kelangsungan operasi setelah 2021 dan pembangunan smelter.

Hadir dalam pertemuan sebagai anggota Tim Pemerintah dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, BKPM, Kejaksaan Agung, dan Perwakilan dari Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kabupaten Mimika serta wakil dari masyarakat adat Kamoro dan Amungme.

Pertemuan besar dilakukan Tim Perundingan Pemerintah dengan PT Freeport Indonesia (PT FI) yang bertujuan mencapai kesepakatan bersama.

CEO Freeport Bertemu Pemerintah RI untuk Negosiasi Nasib Bisnis Tambangnya, Ini Hasilnya | PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta

Tahap dua atau tahap panjang negosiasi Freeport dan Pemerintah RI akan berlangsung mulai dari April ini hingga bulan oktober 2017 mendatang, dengan empat poin negosiasi.

Yakni, stabilitas investasi, terkait ketentuan fiskal baik pusat maupun daerah, kemudian divestasi, ketiga tentang kelangsungan operasi setelah 2021 dan pembangunan smelter.

Upaya penyelesaian permasalahan di pengadilan internasional arbitrase kini pun diakui Richard Adkerson tidak lagi diinginkan dengan adanya negosiasi lanjutan dengan pemerintah.

“Kita tak pernah menginginkan ini dibawa ke arbitrase. Kita mencari solusi agar tak sampai dibawa ke arbitrase,” ucap Richard Adkerson.

Mereka mendeskripsikan isu-isu yang kita diskusikan, dan untuk freeport. Kuncinya adalah kepastian untuk tetap dapat beroperasi sehingga kita dapat memiliki kepercayaan diri untuk berinvesatsi dalam jumlah yang sangat besar, serta mengembangkan sumber daya bawah tanah.

Itu melibatkan sekitar USD 15 juta investasi,” ucap Richard Adkerson.

Kita melakukan diskusi dan kita melakukan ini dalam hal yang bagus dalam win-win situasion, sesuai dengan tujuan dan objektif, kita melihat bakground organisasi dan melanjutkan ini dengan menempuh win win solution,” ucap Richard Adkerson di Gedung Sarula, Kementerian ESDM, Kamis (4/5/2017).

Richard Adkerson menegaskan, yang dinantikan Freeport adalah adanya kepastian, sehingga mampu berinvestasi lebih banyak di Indonesia.

CEO PT Freeport McMoRan Inc. Richard Adkerson hadir pada negosiasi lanjutan terkait dengan status bisnis tambang mereka di Indonesia dengan Pemerintah RI di Gedung Kementerian ESDM, Kamis (4/5/2017).

Usai negosiasi yang berlangsung selama dua jam, Richard memaparkan diskusi dengan Pemerintah RI berlangsung dengan baik dalam situasi yang saling menguntungkan.

 

 

Solid Gold

 

About Tia Ratna

24 yrs old Executive Secretary Benetta Ramelet, hailing from Lakefield enjoys watching movies like Death at a Funeral and Netball. Took a trip to Archaeological Site of Cyrene and drives a McLaren M16C.
This entry was posted in PT. Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s