Langgar Harga Eceran Tertinggi, Toko Modern akan Disanksi

Kementerian Perdagangan akan memberikan teguran toko modern yang menjadi anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) | PT Solid Gold Berjangka Cabang Makassar

PT Solid Gold Berjangka Cabang Makassar

Menurut Manager On Duty (MOD) Grocery Hypermart Solo Grand Mall, Suparman, stok minyak goreng kemasan sederhana yang dijual dengan HET RP11 ribu per liter masih kosong sejak dua minggu terakhir ini.

Suparman mengatakan stok kosong tersebut karena tidak adanya pasokan dari distributor. HET Rp11 ribu untuk minyak goreng itu, penjualan mengalami lonjakan yang cukup tajam, sehingga sampai kehabisan stok.

Kami HET sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah melalui surat edaran, diperlakukan sejak 10 April, sehingga masyarakat dapat menikmati bersama menghadapi puasa harga tetap stabil, dan tidak terjadi lonjakan-lonjakan,” kata Eva.

Selain itu, Kemendag juga sudah meminta Bulog untuk mengeluarkan stok gula pasirnya ke pasar-pasar tradisional dengan harga HET Rp12.500/kg menjelang Ramadhan ini.

Kemendag saat ini masih memberikan toleransi, karena masih dalam masa transisi, dan belum ada satu bulan aturan tersebut diperlakukan, tetapi jika diberikan waktu satu bulan tidak ada perubahan akan ada sanksinya.

di Hypermart, harga ketiga komoditas terpantau sesuai HET. Namun stok minyak goreng kemasan sederhana mengalami kekosongan sejak dua minggu lalu. Pihak manajemen beralasan karena minimnya pasokan.

Kemendag saat ini masih memberikan toleransi, karena masih dalam masa transisi, dan belum ada satu bulan aturan tersebut diperlakukan, tetapi jika diberikan waktu satu bulan tidak ada perubahan akan ada sanksinya.

di Hypermart, harga ketiga komoditas terpantau sesuai HET. Namun stok minyak goreng kemasan sederhana mengalami kekosongan sejak dua minggu lalu. Pihak manajemen beralasan karena minimnya pasokan.

Ia mengatakan dari hasil pantauan di tiga toko ritail modern, menemukan masih ada minyak goreng dalam kemasan yang harganya melebihi HET. Ada toko yang menjual sesuai HET, tetapi stok barang sedang kosong, sehingga hanya tersedia minyak goreng premium.

Kendati demikian, Eva Yuliana mengimbau terkait penemuan ritail modern yang masih menjual harga di atas HET, agar mereka segera mengubah harga jual sesuai dengan ketentuan.

Menurut dia, dari hasil sidak di pasar-pasar tradisional di Kota Solo tidak menemukan harga pangan seperti gula pasir, minyak goreng yang melebihi HET. Harga di pasar tradisional semua sudah sesuai ketentuan, dan begitu juga untuk stok semua aman menjalang Ramadhan ini.

Rombongan staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan tersebut di Kota Solo awalnya mengunjungi Pasat Gede, Pasar Tanggul, kemudian dilanjutkan Hypermart Solo Grand Mall, dan terakhir di Lottemart Tipes.

Eva melakukan sidak harga pangan dari pemerintah tidak hanya khusus memasuki pada Ramadhan saja tetapi dilakukan secara terus menerus sehingga harga dapat stabil.

Ia mengatakan HET untuk gula pasir dengan harga Rp12.500 per kilogram, minyak goreng Rp11.000 per liter, dan daging sapi beku dan sapi maksimal Rp80 ribu/kg.

Kementerian Perdagangan akan memberikan teguran toko modern yang menjadi anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) jika menjual beberapa barang kebutuhan pokok melanggar harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

“Kami bersama Aprindo, ritail modern, dan distributor telah memberlakukan HET pangan yakni gula pasir, minyak goreng, daging sapi beku dan kerbau per 10 April 2017,” kata Eva Yuliana, Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Kementerian Perdagangan (Kemendag), usai melakukan sidak di sejumlah pasar tradisional dan toko modern di Kota Solo, Minggu (7/5/2017).

Pantau Harga, Staf Menteri Blusukan ke Pasar Tradisional | PT Solid Gold Berjangka Cabang Makassar

 

“Pemerintah bekerja sama lintas kementerian perdagangan dan pertanian berkoordinasi dengan semua stakeholder mencari solusi agar harga bawang putih stabil,” kata dia.

Selain Pasar Gede, Eva juga mengunjungi Pasar Tanggul. Selanjutnya, Eva meninjau sejumlah ritel modern di Solo. Hal serupa juga telah dilaksanakan di Klaten, Sabtu (6/5) kemarin. Rencananya, peninjauan akan dilanjutkan ke daerah-daerah lain di sekitar Solo.

“Kami sangat lega di sini sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah,” kata dia.

Terkait harga bawang putih, Eva menerangkan pemerintah akan segera berkoordinasi untuk mengendalikan harga komoditas pertanian itu. Bawang putih memang bukan termasuk komoditas yang diatur harganya. Namun pemerintah tetap menaruh perhatian khusus karena ketergantungan masyarakat terhadapnya cukup tinggi.

Di Solo, Eva memantau harga bahan pokok di Pasar Gede dan sejumlah toko ritel modern. Selain harga bawang putih yang relatif tinggi, Eva tidak menemukan hal yang layak menjadi perhatian. Harga barang yang diatur HET-nya dijual sesuai aturan.

“Pemerintah mengupayakan agar harga-harga barang pokok stabil. Per 10 April lalu pemerintah sudah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk bahan-bahan pokok khususnya gula, minyak goreng, dan daging beku,” kata Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana di sela kunjungannya di Pasar Gede, Minggu (7/5).

Menjelang Ramadan, pemerintah memantau ketat pergerakan harga bahan pokok. Pemantauan dilakukan langsung oleh Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan di berbagai daerah termasuk Solo.

Kemendag Temukan Gula dan Minyak Goreng dengan Harga di Atas Batas | PT Solid Gold Berjangka Cabang Makassar

 

Dalam sidak tersebut, Eva dan Kepala Dinas Perdagangan Surakarta, Subagiyo, menemukan harga gula pasir masih dijual Rp 13.500 per kg. Atria juga tidak menyediakan minyak goreng kemasan sederhana. Harga minyak goreng paling murah dijual Rp 13.450 per liter.

“Pak Menteri Perdagangan berharap agar dengan HET ini tidak hanya masyarakat yang diuntungkan. Pelaku usaha juga tetap untung. Tidak ada yang dirugikan,” pungkasnya.

Tak selarasnya kebijakan pemerintah dengan toko ritel modern yang bukan anggota Aprindo, terlihat dalam penerapan aturan harga eceran tertinggi (HET) untuk tiga komoditas.

Sejak 10 April 2017, Kemendag menetapkan HET gula pasir semua merek Rp 12.500 per kg, minyak goreng kemasan sederhana Rp 11.000 per liter, dan daging beku Rp 80.000 per kg.

“Bagi toko ritel, kita imbau segera ikut dalam Aprindo agar selaras dengan kebijakan pemerintah. Juga demi kelancaran bisnis ritel yang dijalankan,” kata Eva.

Dengan menjadi anggota Aprindo, kata dia, pengusaha ritel akan mendapatkan berbagai manfaat. “Antara lain mereka bisa mendapatkan informasi barang yang lebih murah,” ungkapnya.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengimbau agar seluruh toko ritel modern bergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Dengan demikian, pemerintah akan lebih mudah memantau distribusi barang kebutuhan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana, saat melakukan sidak toko Atria di Solo, Minggu (7/5/2017). Atria merupakan salah satu toko ritel modern yang belum bergabung dalam Aprindo.

 

 

Solid Gold

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka Cabang Makassar and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s