Memahami “Consumer Behaviour” Sebagai Kunci Menuju Literasi Keuangan

Konsumer kini sangat mudah untuk membeli banyak produk secara online | PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta

PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta
Kedua, harus ada sinergi yang baik antara stakeholder untuk mendorong literasi keuangan konsumen. Ketiga, optimalisasi penggunaan teknologi keuangan atau financial technology (fintech) untuk menyampaikan program ke konsumen.

Keempat, memperbaiki infrastruktur untuk program literasi keuangan. Kelima, adanya pengawasan dari semua pihak agar program literasi keuangan berjalan baik. Keenam, adanya monitoring program agar program terus berjalan dengan baik.

“Penggunaan fintech akan menambahkan nilai ke ke akses keuangan dan meningkatkan independensi keuangan,” kata dia.

Lantas apa yang akan dilakukan agar literasi keuangan, inklusi keuangan serta proteksi konsumen dapat berlangsung dengan baik di industri keuangan?

Muliaman memaparkan, menurut OJK, harus ada beberapa hal yang dilakukan agar target literasi keuangan tersebut dapat dijalankan dengan baik. Pertama, kebijakan top down dari regulator harus disokong oleh semua lembaga keuangan.

Menurut dia, kurangnya literasi keuangan akan membawa dampak pada consumer behaviour yang buruk. Hal ini membawa konsumen pada paparan kejahatan keuangan seperti investasi bodong, sebab mereka tidak terproteksi. Oleh sebab itu, perlu edukasi pada konsumen agar mereka bisa memilih lembaga dan jasa keuangan yang baik pula.

“Juga perlu regulasi yang baik untuk melindungi konsumen. Dengan memahami consumer behaviour maka akan jadi kunci bagi semua pihak untuk lebih dapat memproteksi mereka,” kata Muliaman.

Hal ini membawa dampak pada lembaga keuangan untuk mengiringi kecepatan demand konsumer yang terus berkembang seiring perkembangan teknologi.

Hal itu dipaparkan oleh Ketua Dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad pada pidato pembukaannya di Seminar Internasional Changing Consumer Behaviour Through Financial Literacy, Financial Inclusion and Consumer Protection di Nusa Dua, Bali, Kamis (4/5/2017).

Dengan berkembangnya teknologi maka keuntungannya yaki konsumer kini sangat mudah untuk membeli banyak produk secara online.

Kominfo Blokir 200 Situs Investasi Bodong | PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta

Menurutnya , sekarang ini merupakan eranya digital, oleh karena itu pihaknya melakukan penindakan terhadap perusahaan investasi ilegal melalui pemblokiran situsnya.

Hal tersebut guna menghindari kerugian yang lebih besar kepada masyarakat. “Karena tugas dari kami kan dalam urusan onlinen-nya kalau ada yang merugikan ya kami blokir,” kata Semuel Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelumnya telah memastikan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memblokir situs.

Hal tersebut dilakukan sebagai komitmen OJK untuk terus berusaha mengurangi dampak kerugian masyarakat yang ditimbulkan akibat investasi bodong.

“Kalau situs yang melanggar ada 1.391 itu bisa dari perdagangan dan segala macamnya. Kalau yang investasinya aja itu ada 200 situs,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis, (4/5/2017).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menutup atau memblok situs-situs internet yang menawarkan investasi ilegal alias bodong. Pasalnya, investasi bodong tersebut kebanyakan masuk lewat dunia maya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani, mengatakan bahwa pihaknya telah memblokir sekira 1.391 situs yang terindikasi melakukan kejahatan menggunakan situs internet. Sedangkan untuk situs investasi ilegal yang telah diblokir ada sekira 200 situs.

 

Pablo Putra Benua Suami Rey Utami Disebut OJK Punya Investasi Bodong | PT Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta

 

Karena kasus inilah, Rey Utami menjadi bulan-bulanan netizen karena gaya hidupnya yang mewah.

Seperti salah satunya video ketika Rey diwawancara di acara Rumpi Trans TV, yang diunggah ulang oleh akun @lambenyinyir.

Ia memamerkan gigi putihnya setelah melakukan veneer gigi.

Pablo juga dituduh menipu beberapa orang terkait investasi di perusahaannya.

Sejak saat itu, kabar pasangan ini belum lagi terdengar, bahkan akun Instagram keduanya sampai dilock.

Padahal sebelumnya orang-orang bisa bebas melihat foto dan video yang diunggah Pablo maupun Rey.

Kisah cinta Rey Utami dengan seorang pengusaha kaya, Pablo Putera Benua, sempat menyita perhatian publik.

Pasangan ini menikah hanya beberapa hari setelah bertemu di sebuah aplikasi cari pasangan di smartphone, Tinder atau tepatnya bulan Juli 2016 silam.

Pablo adalah seorang pengusaha muda sukses yang mempunyai bisnis di bidang jual beli.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan milik Pablo, PT Inti Benua Indonesia, masuk ke dalam perusahaan investasi bodong.

 

 
PT Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in PT. Solid Gold Berjangka Cabang Jakarta and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s