Awas Penipuan Bermodus Transfer, Cek Rekeningnya di Portal Ini

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan portal http://www.cekrekening.id | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

 

PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

Selain masyarakat umum, pemerintah meminta agar para penyelenggara telekomunikasi juga mendorong kewaspadaan kepada pengguna layanannya akan penipuan melalui SMS.

Penyelenggara telekomunikasi agar melaporakan kepada Kominfo apabila ada indikasi operasional SMS oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan merugikan masyarakat secara materiel.

Kedua, masyarakat bisa melaporkan nomor rekening, berikut modus penipuannya untuk dilakukan verifikasi. Pelaporan ini juga juga dapat dilakukan oleh aparat penegak hukum, bank serta pengelola situs e-commerce.

Saat Bisnis.com mencoba melakukan pengecekan nomor rekening di portal tersebut, ada informasi track record nomor rekening.

Portal http://www.cekrekening.id, bermanbermanfaat karena pertama, masyarakat dapat mengecek rekening ke portal tersebut apabila menerima SMS permintaan transfer atau pembayaran uang dari pihak lain yang tidak berkaitan dan tidak bertanggung jawab.

Dengan demikian, masyarakat mendapatkan penguatan informasi mengenai nomor rekening yang berindikasi tindakan penipuan.

Dalam keterangan resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika disebutkan modus pemberian rekening untuk mentransfer atau membayar uang biasa disebar melalui short messaging services (SMS) atau kanal komunikasi lain yang dikirimkan kepada masyarakat luas.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan portal http://www.cekrekening.id yang bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi rekening bank yang diduga terindikasi tindak pidana,” tulis pihak Kominfo seperti dikutip pada Senin (8/5/2017).

Maraknya penipuan dengan modus permintaan untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening tertentu membuat pemerintah menyediakan portal pengecekan.

OJK Terima Aduan 12.190 SMS Palsu | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

 

Untuk membentuk Satgas Waspada Investasi ini, kami mengadakan MoU dengan berbagai pihak, di antaranya Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepolisian, Kementerian Komunikasi dan Informatika,” pungkas dia.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional VI Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) Bambang Kiswono mengatakan, pihaknya juga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi.

“Kita juga meminta kepada masyarakat yang menerima sms untuk tidak mudahpercaya dan sebaiknya melaporkan ke OJK untuk menghindari terjadinya penipuan,” ujar Aryo.

Melalui kerja sama dengan Kementerian Kominfo diharapkan mampu menekan praktek penipuan melalui layanan pesan singkat tersebut. Pihaknya juga meminta masyarakat untuk segera mengadukan sms palsu melalui surat elektronik di konsumen@ojk.go.id atau melalui nomor 1-500-655.

Penipuan melalui SMS cukup beragam, seperti pengumuman bahwa masyarakat memenangkan undian berhadiah baik berupa uang tunai atau mendapatkankendaraan padahal yang bersangkutan tidak pernah mengikuti kuis atau undian.

“Untuk informasi aduan yang masuk ke OJK sudah mencapai 12.190 sms penipuan. Kami sudah menjalin kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memblokir nomor seluler yang digunakan untuk menyebarkan pesan yang terindikasi penipuan itu,” katanya dikutip dari Antara, Senin 8 Mei 2017.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerima 12.190 aduan masyarakat terkait modus penipuan melalui layanan pesan singkat atau SMS.

Staf Edukasi Perlindungan Konsumen OJK Sulampua, Aryo mengatakan, pihaknya telah melakukan kerja sama Kementerian Kominfo untuk mengatasi atau meminimalisir maraknya praktek penipuan melalui layanan pesan singkat tersebut.

Modus Penipuan Jual Mobil dengan Gadai BPKB Terjadi di Tangerang | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

Pelaku sudah melancarkan aksinya sejak tahun 2016. Korbannya bukan hanya masyarakat yang membeli di showroomnya. Tetapi juga pihak Bank BPR yang kreditnya macet,” kata dia.

Akibat perbuatannya ini, MA dijerat dengan pasal 378 dan 372 KUHP. MA diamankan di Mapolres Metro Tangerang Kota guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Barang bukti berupa belasan kendaraan roda empat berbagai merk juga disita kepolisian.

Erwin mengatakan, setelah pembayaran dilakukan, MA tidak langsung memberikan BPKB kepada si pembeli dengan berbagai dalih. Sehingga, pembeli tersebut yakin surat-surat akan disiapkan di kemudian hari. “Kecuali kunci kontak dan STNK yang diberikan ke korban,” ujarnya.

Namun, hingga hari yang dijanjikan MA tiba, korban justru mendapat janji di hari lain. Setelah datang di hari yang sudah dijanjikan kembali itu, korban menemukan showroom yang berada Jalan Jendral Sudirman No. 13, Kota Tangerang, itu sudah tutup.

Selain dua hal itu, WA juga melakukan penampungan kendaraan yang bermasalah. Kemudian, MA menjualnya kembali kepada masyarakat. Ia menjual kendaraan-kendaraan itu tanpa BPKB. “Saat melakukan transaksi dan terjadi kesepakatan harga, pihak pembeli langsung melakukan pembayaran baik tunai atau transfer,” kata Erwin.

Dari situ kemudian terjadi kredit macet. Meski begitu, MA tetap menjual mobil yang BPKB-nya digadai ke Bank BPR itu,” ungkap Erwin.

Menurutnya, MA melakukan penipuan dengan modus menggadaikan belasan BPKB ke Bank BPR yang ada di wilayah Kota Tangerang. Dari hasil gadai tersebut, MA mendapatkan uang sebesar kurang lebih Rp 1 miliar.

“Seorang lelaki berinisial MA, 27 tahun, kami tangkap di wilayah Kunciran, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, setelah lama menjadi buron,” ujar Wakapolres Metro Tangerang Kota AKBP Erwin Kurniawan, Senin (8/5).

Polres Metro Tangerang Kota mengamankan pelaku penipuan puluhan kendaraan bermotor beroda empat atau mobil. Untuk itu, polisi mengimbau kepada para masyarakat agar lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi jual beli mobil. Apalagi di saat menjelang bulan puasa seperti saat ini.

 

 

Solid Gold Berjangka

About Tia Ratna

24 yrs old Executive Secretary Benetta Ramelet, hailing from Lakefield enjoys watching movies like Death at a Funeral and Netball. Took a trip to Archaeological Site of Cyrene and drives a McLaren M16C.
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s