Tak Terhempas Sentimen Global, Rupiah Menguat

Hasil pemilu Prancis direspons negatif sebagian pasar keuangan dunia | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka
Dia menilai, pemilu Prancis tidak terkait langsung dengan Indonesia, Karena itu dampaknya tidak terpengaruh pada pasar keuangan domestik.

“Faktanya, pedagangan (pasar keuangan) berada di sisi kanan perdagangan. Untuk mencegah gejolak yang terjadi dari kebijakan Trump (Presiden AS) dan dampak Brexit (Britan Exit),” ujarnya menambahkan.

Bank Indonesia menyebut, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir April 2017, meningkat di kisaran US$123,2 miliar. Posisi tersebut, sedikit lebih tinggi dibandingkan posisi akhir Maret 2017 lalu, yang berada di angka US$121,8 miliar.
“Kenaikan cadangan devisa menunjukkan bahwa bank sentral puas dengan valuasi rupiah saat ini, dan tidak menggunakan cadangan untuk memperkuat catatan lokal,” ujar Jameel dalam catatan paginya, Selasa 9 Mei 2017.

Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, Selasa 9 Mei 2017, di perdagangan antarbank rupiah dibanderol Rp13.317 per dolar AS. Menguat dari nilai tukar kemarin yang dibanderol Rp13.324 per dolar AS.

VP Corporate Development & Market Research Forextime Jameel Ahmad mengatakan, meningkatnya cadangan devisa pada April menandakan, Bank Indonesia tidak perlu melakukan intervensi untuk menjaga nilai rupiah tetap pada jalurnya.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini diperdagangkan menguat dibandingkan kemarin. Rupiah dinilai tidak terpengaruh sentimen pasar keuangan global yang sebagian merespons negatif hasil pemilu di Prancis.

Rupiah bergerak melemah ke Rp13.311 | PT Solid Gold Berjangka

Ekonom Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih menambahkan bahwa posisi cadangan devisa yang naik itu maka Bank Indonesia akan mempunyai amunisi yang sangat cukup untuk menjaga stabilitas rupiah dan mestinya juga bisa membantu penguatan nilai tukar rupiah dari posisi saat ini.

Di sisi lain, lanjut dia, potensi penguatan rupiah juga akan terbantu dengan naiknya harga minyak mentah dunia. Terpantau, harga minyak mentah dunia jenis WTI crude pada Selasa (9/5) pagi ini naik 0,09 persen ke posisi 46,47 dolar AS per barel, dan Brent crude menguat 0,10 persen ke level 49,39 dolar AS per barel.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada triwulan I-2017 tumbuh sebesar 5,01 persen, atau tumbuh lebih baik secara tahunan (yoy) dari triwulan I-2016 yang tumbuh 4,92 persen dan secara triwulanan (qtq) dari triwulan IV-2016 yang tumbuh 4,94 persen.

“Sentimen dari dalam negeri itu akan menjaga fluktuasi mata uang rupiah bergerak di kisaran stabil sesuai dengan fundamentalnya,” katanya.

Kendati demikian, menurut dia, penurunan nilai tukar domestik itu dinilai masih temporer mengingat sejumlah data ekonomi yang telah dirilis mencatatkan pertumbuhan seperti cadangan devisa Indonesia dan pertumbuhan ekonomi nasional triwulan I 2017.

Bank Indonesia mencatat, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir April 2017 sebesar 123,2 miliar dolar AS, lebih tinggi dibandingkan dengan posisi akhir Maret 2017 lalu yang sebesar 121,8 miliar dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Selasa pagi, bergerak melemah sebesar 16 poin menjadi Rp13.311, dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.295 per dolar AS.

“Nilai tukar rupiah melemah, sebagian investor cenderung melakukan aksi ambil untung menyusul penguatan pada hari sebelumnya,” kata Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Selasa.

Spot Melemah 43 Poin di sesi | PT Solid Gold Berjangka

Peningkatan tersebut terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa, antara lain berasal dari penerimaan pajak dan devisa ekspor migas bagian pemerintah serta hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas. Penerimaan devisa tersebut melampaui kebutuhan devisa untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan SBBI valas jatuh tempo,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Tirta Segara dalam siaran pers, seperti dilansir Bisnis.com.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

Won Korea Selatan memimpin penguatan kurs Asia sebesar 0,76%, diikuti oleh rupiah dengan 0,26%, dan rupee India yang naik 0,22%.

Sementara itu, Bank Indonesia merilis data cadangan devisa Indonesia per akhir April 2017 yang mencapai US$123,2 miliar, lebih tinggi dibandingkan dengan posisi akhir Maret 2017 yang mencapai US$121,8 miliar.

Meski demikian, nilai tukar euro sore ini terpantau melemah 0,47% ke US$1,0946, setelah pada perdagangan akhir pekan lalu ditutup dengan kenaikan 0,12% di posisi US$1,0998.

Nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar AS pada perdagangan hari ini bersama dengan mayoritas mata uang lainnya di Asia.

Rupiah berhasil ditutup rebound pada perdagangan kemarin mengakhiri pelemahan pada dua hari perdagangan berturut-turut sebelumnya.

Di sisi lain, indeks dolar AS yang mengukur kekuatan kurs dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama sore ini terpantau naik 0,26% atau 0,254 poin ke 98,902 pada pukul 16.26 WIB.

Sebelumnya indeks dolar dibuka turun 0,13% atau 0,132 poin di level 98,516, setelah pada perdagangan akhir pekan lalu ditutup melemah 0,15% di posisi 98,648 seiring penguatan euro.

Pergerakan nilai tukar rupiah berakhir rebound pada perdagangan kemarin Senin (8/5/2017).

Rupiah ditutup menguat 0,26% atau 35 poin ke Rp13.295 per dolar AS, setelah dibuka dengan pelemahan tipis 0,02% atau 3 poin di posisi 13.333.

Sepanjang perdagangan kemarin, rupiah bergerak di kisaran Rp13.292 – Rp13.338 per dolar AS.

 
Solid Gold

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s