Ahok Masuk Bui, IHSG Berpotensi Terkoreksi

(IHSG) berpotensi kembali terkoreksi | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka

Analis Asjaya Indosurya William Surya Wijaya menilai, IHSG akan menguat pada perdagangan hari ini ditopang oleh data cadangan devisa yang masih stabil. Selain itu, mulai membaiknya harga sejumlah komoditas dalam jangka pendek juga menambah stamina bagi IHSG.

Sementara, investor asing yang terus tercatat beli bersih diyakini dapat mendorong indeks. William memperkirakan, IHSG akan berada dalam rentang support 5.640 dan resisten 5.767.

Disamping itu, sentimen negatif lainnya datang dari beberapa saham perbankan yang sudah berada di area overbought dan mengalami koreksi. Antara lain, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

“Sentimen itu juga yang menjadi pemberat indeks,” tuturnya.

Sementara itu, data ekonomi berupa indeks penjualan ritel Maret juga akan memengaruhi pergerakan indeks. Dengan demikian, Riska memprediksi, IHSG bergerak dalam rentang support 5.656 dan resisten 5.721.

Kondisi yang tidak kondusif memicu kekhawatiran pasar, khususnya investor asing untuk melakukan transaksi di pasar modal. Tak heran, arus dana asing (capital inflow) turun signifikan menjadi cuma Rp677,53 miliar pada perdagangan kemarin jika dibandingkan hari sebelumnya yang tembus Rp1,64 triliun.

“Pasar itu yang terpenting kondisi yang kondusif supaya tidak menimbulkan kekhawatiran,” imbuh Riska.

Analis Oso Securities Riska Afriani mengatakan, putusan yang dijatuhkan pada Ahok tersebut membuat kondisi pasar kurang kondusif karena rentan terjadi aksi protes yang dilakukan oleh para pendukungnya dari berbagai penjuru.

“Pendukung Ahok itu kan banyak, sehingga bisa saja ada aksi protes lagi dari pendukungnya. Waktu kemarin Ahok tak terpilih saja banyak sekali karangan bunga yang memenuhi kantor Ahok,” papar Riska kepada CNNIndonesia.com, dikutip Rabu (10/5).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi kembali terkoreksi pada perdagangan hari ini, Rabu (9/5). Pasalnya, pelaku pasar bersikap wait and see terkait vonis yang telah diberikan kepada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Fundamental Ekonomi Positif, IHSG Menguat di Awal Perdagangan | PT Solid Gold Berjangka

Hari ini IHSG berptoensi menguat,” tulisnya dalam riset, Rabu (10/5/2017).

Sejalan dengan IHSG, indeks Bisnis27 menguat 0,44% atau 2,22 poin ke 505,05 pada pukul 09.24 WIB, setelah dibuka melemah 0,08% di posisi 502,41.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terpantau menguat 4 poin atau 0,03% Rp 13.348 per doalr AS pada pukul 09.20 WIB setelah dibuka stagnan pada level Rp13.352 per dolar AS.

Selain itu, katanya, penguatan ditambah oleh posisi fundamental perekonomian yang terlansir stabil bahkan terus terjadi perbaikan dalam hal ini rilis data CADEV yang sudah terlansir, sehingga minat investasi masih cukup tinggi kedalam pasar modal Indonesia, selain daripada itu mulai stabilnya harga komoditas dalam jangka pendek turut memberikan dampak positif terhadap pola gerak IHSG.

Analis Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya mengatakan support IHSG masih dapat dipertahankan dengan kuat, potensi naik masih terlihat besar ditunjang oleh capital inflow yang masih terus berlangsung

Tujuh dari sembilan indeks sektoral IHSG bergerak positif, dengan dorongan utama dari sektor finansial yang menguat 0,58%, diikuti sektor infrastruktur yang naik 0,51%.

Adapun dua sektor lain melemah, didorong sektor aneka industri yang turun 0,28%.

Pada perdagangan Selasa (9/5), IHSG ditutup melemah tipis 0,19% atau 10,81 poin di level 5.697,06.

Sebanyak 131 saham bergerak menguat, 80 saham bergerak melemah, dan 333 saham stagnan dari 543 saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pagi ini.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak menguat pada awal perdagangan hari ini, Rabu (10/5/2017).

IHSG hari ini dibuka dengan penguatan 0,02% atau 0,9 poin di level 5.697,96 dan lanjut menguat 0,34% atau 19,52 poin di level 5.716,57 pada pukul 09.24 WIB.

IHSG Rabu dibuka menguat 0,90 poin | PT Solid Gold Berjangka

Di sisi lain, lanjut dia, lembaga Dana Moneter Internasional (IMF) yang merevisi naik proyeksi pertumbuhan Tiongkok dan Jepang pada tahun 2017 menyusul berlanjutnya dukungan kebijakan dan kuatnya sejumlah indikator seperti indeks aktivitas sektor manufaktur juga akan berimplikasi positif bagi pasar saham Asia.

Bursa regional, di antaranya indeks bursa Nikkei naik 58,88 poin (0,30 persen) ke 19.901,88, indeks Hang Seng menguat 147,27 poin (0,59 persen) ke 25.036,30, dan Straits Times menguat 12,99 poin (0,40 persen) posisi 3.249,97.

Ia mengatakan bahwa harapan kenaikan peringkat Indonesia menjadi level layak investasi (investment grade) juga masih tetap terjaga, situasi itu akan menjaga fluktuasi IHSG bergerak dalam kisaran yang stabil.

Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere menambahkan bahwa cadangan devisa Indonesia yang diproyeksikan terus meningkat hingga akhir tahun juga turut membuka peluang bagi IHSG untuk bergerak terus menguat.

“Investor asing yang masih melakukan aksi beli menjadi salah satu faktor yang menopang IHSG, kondisi itu menunjukan sentimen dari dalam negeri tidak sampai mempengaruhi penilaian investor asing untuk berinvestasi di Indonesia,” kata Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan bahwa faktor fundamental ekonomi dalam negeri yang kondusif merupakan salah satu faktor utama bagi investor dalam menempatkan dananya di dalam negeri.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, dibuka menguat sebesar 0,90 poin seiring dengan investor asing yang masih melakukan aksi beli.

IHSG BEI dibuka 0,90 poin atau 0,02 persen menjadi 5.697,95 poin. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak menguat 0,22 poin (0,02 persen) menjadi 947,05 poin.

 

 

Solid Gold

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s