Survei YLKI, 84,1% Masyarakat Pilih Transportasi Online

(YLKI) merilis hasil survei terbaru terkait layanan transportasi online | PT Solid Gold Berjangka

 

PT Solid Gold Berjangka

Pada pertanyaan mengapa alasan responden memilih atau menggunakan transportasi online, secara umum mereka beralasan karena murah (84,1%), cepat (81,9%), nyaman (78,8%), dan terakhir alasan aman sebanyak 61,4%.

Adapun moda transportasi yang dipilih konsumen, sebanyak 55% menggunakan transportasi online jenis mobil dan motor, sedangkan yang menggunakan motor saja sebanyak 21%, dan menggunakan mobil saja sebanyak 24%.

Survei dilakukan pada 5-16 April 2017, dengan melibatkan 4.668 responden yang terdiri dari 55% responden laki-laki dan 45% perempuan. Jika dilihat dari usia responden, responden paling banyak berusia 26-35 tahun atau sekira 37% dari jumlah responden, kemudian usia 36-45 tahun atau sebesar 23,6%, dan usia 17-25 tahun sebanyak 23,1%. Dengan demikian, responden survei didominasi oleh usia produktif.

Berdasarkan informasi yang diterima Okezone dari YLKI, Jumat (12/5/2017), survei ini dilakukan untuk merespons dinamika dan eksistensi transportasi berbasis aplikasi di beberapa kota besar di Indonesia. YLKI pun telah melakukan survei secara online terhadap pengguna jasa transportasi online.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) merilis hasil survei terbaru terkait layanan transportasi online. Dari 4.668 responden, 84,1% memilih layanan tranportasi online karena tarifnya murah.

Ini Keluhan Pengguna Transportasi Online di Indonesia | PT Solid Gold Berjangka

Bila aspek efisiensi jadi penyebabnya, jadi tarif batas bawah tak layak diaplikasikan, ” ucap Tulus.

Tulus menyampaikan kalau fenomena transportasi on-line nampak karna buruknya sarana transportasi umum. Jadi, pemerintah mustahil untuk melarang transportasi on-line.

” Kehadiran transportasi on-line tak dapat dielakan, terlebih dilarang. Fenomena ini berlangsung karna masih tetap buruknya service angkutan umum di kota-kota besar Indonesia, termasuk juga Kota Jakarta, ” kata Tulus.

Service transportasi on-line belum memiliki standard yang pasti. Oleh karenanya menekan untuk ada standard service minimum, terutama untuk taksi on-line. Standard service minimum begitu mendesak, untuk menanggung service yang terarah untuk customer, ” ucap Tulus.

YLKI juga merekomendasikan pemerintah membahas kebijakan batas bawah serta atas transportasi on-line. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mesti dapat menunjukkan apakah tarif transportasi on-line itu karna faktr efisiensi atau aspek banting harga.

” Jawaban cukup 21, 8 %, kurang baik 0, 4 % serta menjawab begitu jelek 0, 1 %, ” tutur Tulus.

Supaya transportasi on-line dapat memuaskan pelanggan, YLKI merekomendasikan untuk bikin standard service. Begitu dapat di ketahui apakah customer terpuaskan atau tak.

” Survey dikerjakan pada 5-16 April 2017, dengan melibatkan 4. 668 responden. Saat di tanyakan apakah customer pernah dikecewakan oleh servicenya ; sejumlah 41 % responden mengakui pernah dikecewakan, serta demikian sebaliknya 59 % responden tak pernah dikecewakan, ” tutur Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Kekal, dalam keterangannya, Jum’at (12/5/2017).

Walau pernah dikecewakan, orang-orang mengakui cukup senang pada service transportasi on-line. Ada 77, 7 responden yang menjawab service transportasi on-line sangatlah baik.

Yayasan Instansi Customer Indonesia (YLKI) lakukan survey kenikmatan orang-orang pada service transportasi on-line. Akhirnya, sekitaran 41 % customer mengakui pernah dikecewakan oleh transportasi on-line.

 

Survey Mengejutkan Soal Transportasi Online, 41 Responden Mengaku Kecewa! | PT Solid Gold Berjangka

Dengan keluhan tersebut menandakan tidak adanya standar pelayanan yang diberikan oleh operator transortasi berbasis online ini. Dampaknya sendiri dirasakan oleh penumpang transportasi ini dengan merasa tidak nyaman ketika menggunakan jasa lat transportasi ini.

Sementara itu terkait Transportasi Online sendiri sudah diatur oleh pemerintah. Namun dengan adanya survey tersebut menunjukan mayoritas responden sekitar 63 persen tidak setuju jika transportasi tersebut diatur oleh pemerintah.

Mereka para responden banyak yang tidak menyetujui terkait dengan investasi regulasi dan pentarifan. Survei ini dilakukan terhadap pengguna jasa transportasi online mulai tangggal 5 hingga 16 April 2017 lau dan melibatkan sekitar 6.668 responden.

Kemduian ada lagi keluhan terhadap Transportasi Online ini yakni sulit mendapatkan pengemudi sebanyak 21 persen dan pengemudi membatakan pesanan secara tiba-tiba sebesar 16,22 persen. Tak hanya pengemudi transportasi ini saja yang dikeluhkan banyak juga responden yang mengeluhkan aplikasi dari penyedia layanan online ini.

Sebanyak 13,11 persen pengguna mengeluhkan aplikasi map rusak atau error. Kemudian pengemudi mengambil order namun tidak datang sebesar 6,34 persen, kondisi kendaaran kurang baik sebesar 6,04 persen, pengemudi mengendarai kendaraan dengan ugal-ugalan sebesar 4,61 persen dan pengemudi merokok saat berkendara sebesar 0,75 persen.

Bentuknya berupa keluhan dan banyak ungkapan kekecewaan dari responden terhadap pelayanan transportasi online’ ujar Tulus Abadi pada Jumat, 12 Mei 2017.

Diketahui jika ada sekitar 13 keluhan yang disampaikan oleh pengguna transportasi online ini. Diantaranya yakni sebanyak 1.401 responden atau sekitar 22,3 persen mengeluhkan pembatalan order yang dilakukan oleh driver transportasi online.

Tulus menjelaskan jika berbagai bentuk kekecewaan pernah disampaikan oleh sejumlah responden. Kekecewaan tersebut meliputi keluhan dan kekecewaan yang beragam lainnya terhadap transportasi berbasis online itu.

Kali ini Transportasi Online tengah buming dan menjadi favorit oleh masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka jika ternnyata sejumlah responden mengaku kecewa terhadap pelayanan yang diberikan oleh transportasi yang dapat dipesan dengan media online ini.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abdi ikut menjelaskan terkait hal ini. Dia mengatakan jika sebanyak 41 pesen responden mengaku pernah dikecewakan oleh pelayanan yang diberikan oleh Transportasi Online.

 
Solid Gold

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s