532 Pesawat Disiapkan untuk Mudik Lebaran 2017

Kementerian Perhubungan menyiapkan 532 pesawat terbang untuk melayani pemudik pada lebaran 2017 | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka
Dia menambahkan, pemesanan tiket pesawat diprediksi mulai meningkat pekan depan. Sebanyak 5 juta bangku diperkirakan akan dipesan selama masa mudik dan balik nanti.

“Seminggu lagi saya yakin sudah ada kenaikan pemumpang mudik lebaran. Kami prediksi 5 juta bangku, selama seminggu sebelum dan setelah lebaran,” pungkasnya.

Jumlah pesawat yang disediakan itu sudah termasuk pesawat tambahan. Suku cadang juga disiapkan untuk mengatasi jika ada pesawat yang rusak.

“Dari 532 pesawat, itu sudah 105 persen. Maskapai juga selalu menyiapkan yang luang yang siap digunakan sewaktu-waktu,” imbuh Dia.

Kementerian Perhubungan menyiapkan 532 pesawat terbang untuk melayani pemudik pada lebaran 2017 nanti. Persiapan itu sudah dilakukan sejak sebulan lalu.

“Ini mulai sejak 1 bulan yang lalu, untuk angkutan lebaran kita siapkan 35 bandara, tujuh di antaranya internasional airport. Khusus lebaran ada 532 pesawat terbang yang disediakan,” kata Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso, di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (28/5/2017).

SAMBUT LEBARAN, KEMENHUB SIAPKAN 532 PESAWAT | PT Solid Gold Berjangka

 

Pihak manajemen diminta menambah jam operasi bandar, penghentian sementara terkait pelapisan (overlay) bandara dari H-10 sampai H+15, penggunaan pesawat dengan tipe yang lebih besar untuk penerbangan berjadwal sebagai pengganti penerbangan tambahan, pemberian sanksi kepada maskapai yang mengenakan tarif dinatas batas atas sesuai Peraturan Menteri 14 Tahun 2016.

Selain itu, pemberian takjil gratis untuk berbuka puasa oleh penyelenggara bandara dan maskapai, memberikan jaminan ketersediaan kursi untuk penerbangan H-3 sampai dengan H+3 bagi pengguna jasa angkutan udara, maskapai wajib mengembalikan slot yang tidak digunakan kepada pengelola slot dan maskapai agar menggunakan slot yang kosong di malam hari.

Usai rampcheck (kesiapan kelaikan) pesawat dan buka puasa bersama di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (28/5), Dirjen mengatakan, untuk penerbangan luar negeri kapasitas reguler, 886.075 kursi dengan prakiraan penerbangan tambahan 44.304 kursi (lima persen) jadi total kapasitas 930.379 kursi sejak H-7 sampai H+7 masa Angkutan Lebaran 2017.

Maskapai yang telah mengajukan penerbangan tambahan, kata Agus, di antaranya Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Indonesia AirAsia Extra, Malaysia Airline, Singapore Airlines, Silk Air, Jetstar Asia Airways dan Cathay Pacific. “Puncak arus mudik sendiri, lanjut dia, yaitu diperkirakan 23-24 Juni 2017, sementara untuk arus balik, yaitu 30 Juni, 1 dan 2 Juli 2017,” kata Agus.

Dirjen Perhubungab Udara Kemenhub Agus Santoso menyebutkan, total pesawat yang dioperasikan untuk masa Angkutan Lebaran 2017 sebanyak 532 pesawat di 35 bandara, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional. Jumlah tersebut nantinya setara dengan kapasitas penerbangan domestik maksimal hingga 5,78 juta kursi dengan prakiraan penerbangan tambahan 275.256 kursi (lima persen) dari kapasitas reguler yaitu 5,5 juta kursi sejak H-7 sampai H+7 masa Angkutan Lebaran 2017.

Kemenhub Lakukan Ramp Check di Soekarno-Hatta | PT Solid Gold Berjangka

 

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar pemeriksaan kelaikan (ramp check) dilakukan secara rutin. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan keamanan angkutan transportasi, terutama pada masa mudik.

“Keselamatan ataupun keamanan itu sangat penting sehingga kami minta, baik stasiun kereta api, bandara, maupun pelabuhan, bisa melakukan standar pengamanan yang lebih lugas, salah satunya dengan melakukan ramp check,” ujar Budi di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2017).

ADC atau Arodrome Controll merupakan kontrol yang berada di tower. APP atau Approach Controll merupakan kontrol sesudah maupun sebelum ADC.

Setelah sekitar 20 menit memeriksa tower, petugas bergeser ke Terminal 1. Hingga pukul 16.15 WIB, Dirjen Perhubungan udara beserta petugas lainnya masih berada di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta.

Ramp check di Bandara Soekarno-Hatta dimulai pada Minggu (28/5/2017) sekitar pukul 15.30 WIB. Tempat pertama yang dicek adalah tower. Di lokasi ini petugas memeriksa bagian tower di antara APP dan ADC.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan ramp check atau uji kelaikan pada sejumlah fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta. Ramp check tersebut dipimpin langsung Dirjen Perhubungan Udara, Agus Susanto.

 

 

Solid Gold Berjangka

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s