Awas! Modus Penipuan SMS 99733 Incar pelanggan XL

Berbagai penipuan untuk mendapatkan pulsa gratis terus berevolusi | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

 

“Jika anda menerima SMS mencurigakan dari nomor tertentu yang berisi kode rahasia/transaksi pembayaran dan merasa tidak pernah melakukan transaksi tersebut, dimohon untuk mengabaikan SMS tersebut,” tulis Tri Wahyuningsih General Manager Corporate Communication XL Axiata, melalui keterangan resminya.

“Jika anda dihubungi seseorang untuk diminta mengirimkan atau menyebarkan kode verifikasi/kode rahasia yang anda terima dari XL, dimohon untuk mengabaikan agar tidak terjadi penyalahgunaan akun,” tambahnya.

Ayu, sapaan akrabnya, menginggatkan pelanggan yang mengalami modus penipuan tersebut, dimohon untuk bisa melaporkan langsung kepada pihak yang berwajib untuk penanganan lebih lanjut karena penipuan merupakan tindak pidana kriminal.

Modusnya adalah penipu belanja game online atau barang lainnya kemudian penipu akan memasukkan nomor telepon orang lain secara acak untuk pembayaran debit. Situs akan secara otomatis mengirimkan SMS berisi kode rahasia yang harus diisi ke nomor ponsel. Itulah alasan penipu akan menelepon korbannya.

Jika korban tidak berhati-hati dan meneruskan pesan kepada penipu, maka pulsa akan terpotong secara otomatis oleh apapun yang dibeli penipu. Menurut pengguna yang diberi informasi oleh XL Center ini, masyarakat wajib mewaspadai pesan dari 99737, MyXL dan codapay.

Menanggapi hal ini pihak XL Axuata meminta pelanggannya untuk berhati-hati, karena hal itu bisa dipastikan adalah salah satu modus penipuan terbaru.

Penelpon tersebut berkelit bahwa call center XL telah memberikan nomor pengguna kepada dirinya untuk meminta dia meneruskan pesan yang isinya adalah kode rahasia. Kode ini biasanya memang akan dikirim pada pengguna setelah membeli game atau layanan lainnya dengan cara pemotongan pulsa.

Beruntung, pengguna XL ini sempat melakukan pengecekan pada call center XL sebelum meneruskan kode rahasia tersebut. Menurut dia, XL center memberikan keterangan bahwa telepon tersebut adalah penipuan yang saat ini tengah marak.

Berbagai penipuan untuk mendapatkan pulsa gratis terus berevolusi. Jika dulunya ‘mama minta pulsa’ sempat marak, kini gaya baru telah dikeluhkan oleh salah seorang pengguna kartu XL Axiata yang membagikan pengalamannya di Facebook.

Postingan viral itu menjelaskan bahwa dia tiba-tiba menerima telepon masuk yang menanyakan SMS dari 99733. Telepon dari nomor tidak dikenal tersebut meminta pengguna ini untuk meneruskan pesan dari 99737 kepada dirinya dengan dalih bahwa XL melakukan kesalahan dalam memasukkan nomonya dalam pembelian game online.

Hati-Hati! Ada Modus Baru Penipuan ‘Salah Kirim Kode’ | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

 

Jika Anda dihubungi seseorang untuk diminta mengirimkan atau menyebarkan kode verifikasi/kode rahasia yang Anda terima dari XL, dimohon untuk mengabaikan agar tidak terjadi penyalahgunaan akun,” paparnya lebih lanjut.
Kemudian ia melanjutkan, bilamana merasa ragu atas SMS mencurigakan itu, maka pelanggan bisa langsung menghubungi customer service XL untuk mengecek kebenaran atas informasi tersebut, melalui akun twitter @myXLCare atau 817 dari nomor XL.
“Bagi Anda yang mengalami modus penipuan tersebut, dimohon untuk bisa melaporkan langsung kepada pihak yang berwajib untuk penanganan lebih lanjut, karena penipuan merupakan tindak pidana kriminal,” tegasnya.
Menyikapi hal tersebut, XL langsung mengimbau kepada pelanggannya agar senantiasa berhati-hati dan tidak serta-merta langsung menyerahkan kode rahasia yang diminta.
“Jika menerima SMS mencurigakan dari nomor tertentu yang berisi kode rahasia/transaksi pembayaran dan merasa tidak pernah melakukan transaksi tersebut, dimohon untuk mengabaikan SMS tersebut,” ujar General Manager Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, Rabu (31/5/2017).
Beragam modus penipuan dilakukan untuk mengelabui para pelanggan belanja online. Salah satunya dengan cara menelepon korban dan meminta memverifikasi ulang kode rahasia ketika transaksi online.
Modus penipuan baru ini dilakukan dengan cara menelpon korban, lalu menanyakan apakah telah menerima SMS dari nomor 99733. Telepon dari orang tak dikenal itu meminta korban untuk meneruskan kode rahasia/transaksi pembayaran dengan dalih bahwa operator XL telah salah mengirimkan kode.
Tak hanya SMS dari 99737, pengirim yang mengatasnamakan MyXL dan codapay pun harus diwaspadai oleh masyarakat karena itu bagian dari penipuan.

‘Minta kode transaksi’ jadi modus baru penipuan lewat sms & telpon | PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang

 

 

Seperti cerita calon korban, korban sudah benar untuk mengkonfirmasi ke XL selaku pihak operator. Jika ini terjadi pada Anda, janganlah terburu mempercayai sms aneh atau telepon aneh. Mengabaikannya adalah cara terbaik.

Pasalnya, sebenarnya kejadian yang jadi modus tersebut hampir tak akan terjadi. Hal ini dikarenakan kode verifikasi dari sebuah transaksi akan dikirim ke nomor pelaku transaksi, tak mungkin ke orang lain. Hal ini pun dilakukan oleh sistem, bukan manusia yang mungkin akan ada aspek human error.

Jika Anda memberikan kode verifikasi tersebut, tagihan akan dibebankan kepada Anda, di mana pulsa Anda akan terpotong secara sia-sia.

Umumnya kode transaksi atau verifikasi yang merupakan hal privasi tak akan salah kirim. Namun justru itu modusnya, di mana pelaku akan menyebut bahwa nomornya mirip dengan nomor korban hingga pihak operator bisa salah.

Bermula dari broadcast salah seorang korban yang banyak tersebar di grup WhatsApp maupun Facebook, kini ramai modus penipuan berupa pelaku meminta ‘kode rahasia’ yang diklaim salah kirim ke nomor korban.

Berbagai modus penipuan lewat sms seakan telah banyak dihiraukan oleh masyarakat. Namun kali ini ada sebuah modus penipuan baru yang bisa dibilang ‘mulus,’ dan membuat korbannya seakan-akan tak merasa ini sebuah penipuan.

 

 

 

PT Solid Gold Berjangka

 

 

 

About Tia Ratna

24 yrs old Executive Secretary Benetta Ramelet, hailing from Lakefield enjoys watching movies like Death at a Funeral and Netball. Took a trip to Archaeological Site of Cyrene and drives a McLaren M16C.
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka Cabang Palembang and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s