Mudik 2017, PT KAI Siapkan Tambahan Tiket

Mudik 2017, PT KAI Siapkan Tambahan Tiket | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka

 

“Sehingga, sejauh ini kami baru menjual tiket bagi kursi yang sudah tersedia saja. Tiket bisa didapatkan secara daring dan gerai penjualan tiket mulai 90 hari sebelum tanggal keberangkatan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, KAI sendiri memprediksi adanya 228.158 penumpang pada masa mudik lebaran tahun ini. Angka tersebut meningkat 4,96 persen dibanding realisasi tahun sebelumnya sebesar 217.364 penumpang.

Dengan adanya hal ini, maka bagi yang belum mendapatkan tiket bisa membeli tiket di kereta tambahan ini. Kami yakin jumlahnya akan bertambah,” paparnya.

Meski demikian, Edi belum tahu kapan tiket-tiket tambahan itu dilepas ke masyarakat. Tentu saja, seluruh tiket ini dijual setelah seluruh kiriman dari INKA diterima KAI.

Yang pasti, seluruh rangkaian tambahan ini sudah bisa dipakai dalam mengantisipasi operasi lebaran yang dimulai tanggal 15 Juni hingga 11 Juli mendatang. Adapun menurutnya, puncak arus mudik akan terjadi pada 23 Juni mendatang, sementara arus balik akan terjadi 2 Juli nanti.

Sementara itu, sebanyak dua rangkaian akan diperbantukan bagi kereta Gaya Baru Malam Selatan yang melaju dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Gubeng Surabaya dengan tambahan kapasitas 2.304 tempat duduk.

Di samping itu, dua rangkaian akan diperbantukan bagi kereta Madiun dengan tambahan kapasitas 1.536 kursi. Adapun, satu rangkaian sisanya akan diperbantukan bagi Kereta Tawangjaya dengan relasi Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Semarang Poncol dengan tambahan kapasitas 1.536 kursi.

“Kami saat ini sedang menunggu train set lagi yang selesai dari INKA bulan Mei dan Juni akan datang, sehingga kami akan jual tiket kalau kereta baru ini sudah tersedia. Nantinya, enam train set ini memiliki kapasitas sebanyak 8.448 tambahan kursi per harinya,” ujar Edi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Selasa (30/5).

Menurutnya, keenam rangkaian kereta ini akan melayani empat relasi. Rangkaian pertama akan diperbantukan bagi kereta Bogowonto dengan relasi Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Lempuyangan dengan kapasitas 1.536 tempat duduk.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) menyatakan bakal terdapat tambahan tiket baru untuk menampung pemudik yang menggunakan kereta api. Tambahan tiket ini rencananya dilepas perusahaan mendekati Idul Fitri.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menuturkan, penambahan tiket disebabkan tambahan enam set kereta yang akan dikirim oleh PT Industri Kereta Api (Persero) (INKA). Rencananya, keenam rangkaian kereta ini dikirim bulan Mei hingga pertengahan Juni mendatang.

Penjualan Tiket KA Jelang Lebaran Sudah Mencapai 20 Persen | PT Solid Gold Berjangka

 

Sejak 1 Mei kemarin pemesanan tiket melalui website KAI dan KAI Access (aplikasi Smartphone) bisa dilakukan 6 jam sebelum keberangkatan. Padahal sebelumnya, melalui web KAI maksimum H-2 keberangkatan dan KAI Access 10 jam sebelum keberangkatan.”

Akan tetapi, disarankan kepada para calon penumpang yang hendak memesan tiket melalui web KAI dan KAI Access agar segera melakukan pembayaran setelah mendapat kode booking.

“Sejak 17 Mei kemarin, rentang waktu pembayarannya semakin singkat. Jika sebelumnya ada rentang 3 jam, kini hanya 1 jam,” tandas Ilud.

Bahkan kami juga memiliki layanan pencetakan tiket boarding yang sudah bisa dilakukan 7 hari (7×24 jam) sebelum keberangkatan agar nantinya tidak ada antrean untuk pencetakan tiket boarding,” lanjutnya.

Selain itu, Ilud juga menjelaskan, PT KAI terus berupaya memberikan kemudahan dan peningkatan layanan bagi para calon penumpang mudik lebaran tahun ini.

“Sampai saat ini transaksi​ pemesanan sudah mencapai 20% dari 6.848 kursi per harinya,” kata Ilud kepada Analisadaily.com, Senin (29/5).

PT KAI Divre l Sumut, lanjut M. Ilud, mengimbau masyarakat yang hendak menggunakan jasa angkutan kereta api saat mudik lebaran agar segera melakukan pemesanan tiket, baik secara internal maupun eksternal.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumut sudah membuka pemesanan tiket untuk hari raya Idul Fitri 1438 H sejak dua bulan lalu.

Meski sudah dibuka selama dua bulan, namun transaksi penjualan dan pemesanan tiket lebaran masih bisa dilakukan hingga saat ini.

Menurut Manajer Humas Divre I Sumut, M. Ilud Siregar, hingga kini transaksi pemesanan tiket untuk lebaran sudah mencapai 20%.

Tiket KA di Sumut untuk Mudik Lebaran Mulai Meningkat | PT Solid Gold Berjangka

 

Selain itu, Ilud juga mengingatkan masyarakat agar mencetak tiket keberangkatan dilakukan 7 hari sebelum keberangkatan. “Sebaiknya untuk mencetak tiket boarding pass, dan menghindari antrian, lebih baik dilakukan 7 hari sebelum keberangkatan,” tandas Ilud.

Lanjut Ilud menjelaskan untuk penumpang yang sedang mengandung diperbolehkan menggunkan KA jarak jauh tetapi pada masa kehamilan 14 bulan.

“Ini merupakan aturan khusus, agar berjalan lanar para penumpang ibu hamil yang berpergian selalu melampirkan surat keterangan dari dokter dan didampingi oleh satu orang pendamping,” tuturnya.

Pada layanan penjualan tiket di wilayah Divre I SU terutama KA Sri Bilah, Putri Deli dan Siantar Ekpress sebanyak 6.848 seat per harinya. Pemesanan penjualan tiket di H-1 sudah mulai tinggi rata-rata mencapai 20 persen,” kata Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Divre I Medan, M Ilud Siregar, Senin (29/5/2017)

Hari raya idul fitri masih sebulan lagi tetapi untuk pemesanan tiket Kereta Api (KA) di Sumatera Utara, untuk mudik mulai mengalami peningkatan.

Terhitung hingga saat ini, transaksi pemesanan penjualan tiket rata-rata naik dari 5 persen hingga 20 persen, teritung dari H-1.

 

 

Solid Gold Berjangka

 

 

Advertisements
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s