PNS Dapat Gaji ke-13 dan 14

(PNS) di Kota Bandar Lampung akan mendapat gaji ke-13 dan ke-14 | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka

 

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandar Lampung Trisno Andreas menambahkan, biasanya gaji ke-13 yang didahulukan.

Namun karena kondisinya mau Lebaran, maka didahulukan membayar gaji ke-14 atau THR.
“Kalau gaji ke-13 itu menyesuaikan masuknya anak sekolah. Namun kalau gaji ke-14 atau THR pasti sebelum Lebaran. Karena Lebaran duluan, maka yang dibayarkan duluan untuk gaji ke-14 atau THR,” ungkapnya.

Sekretaris Kota Bandar Lampung Badri Tamam mengatakan, dana untuk pembayaran gaji ke-13 dan 14 ini berasal dari dana alokasi umum (DAU) dan lainnya. “Gaji ke-14 atau THR akan didahulukan pembayarannya, karena untuk kebutuhan Lebaran,” ujar dia.

Pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Bandar Lampung akan mendapat gaji ke-13 dan ke-14 dalam waktu dekat ini. Gaji ke-14 merupakan tunjangan hari raya (THR) yang nilainya sebesar gaji pokok. Gaji ke-14 ini rencananya dibayarkan satu minggu setelah PNS menerima gaji bulanan.

Gaji PNS Tak Naik, Tapi Dapat THR Tahun Ini | PT Solid Gold Berjangka

Penyebabnya beragam, mulai dari kenaikan pangkat yang ikut mengerek gaji pokok, jumlah pegawai di beberapa kementerian dan lembaga yang bertambah, sampai dengan peningkatan remunerasi dan peningkatan tunjangan kinerja bagi seluruh aparatur negara di setiap instansi pemerintah.

“Karena beberapa kementerian dan lembaga baru saja menerima remunerasi atau tunjangan kinerja baru yang lebih tinggi. Maka secara total, dana yang diperlukan meningkat,” tuturnya.

Lebih lanjut Askolani mengatakan, dengan adanya pembayaran THR dan gaji ke-13 juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Dimana konsumsi rumah tangga kerap meningkat di momen-momen tersebut.

Sementara itu Direktur Jenderal Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono, juga mengatakan kebutuhan anggaran untuk gaji ke-13 dan THR berada di atas alokasi yang disediakan pemerintah tahun lalu.

Walau tak merinci berapa besaran pastinya, namun Askolani mengatakan perbedaan anggaran THR dan gaji ke-13 tahun ini dengan tahun lalu tidak terlalu signifikan. Ditambah, jumlah PNS tahun ini sama dengan tahun lalu.

“Tahun ini kan enggak ada kenaikan gaji pokok. Dia (dana anggaran) bisa naik kalau ada kenaikan gaji pokok, kan tahun ini enggak. Jumlah PNS sama jadi kemungkinan (anggaran) enggak jauh beda,” terangnya.

Kementerian Keuangan menyatakan porsi anggaran untuk gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) lebih tinggi dari realisasi pembayaran tahun lalu sebesar Rp 17,9 triliun.

“Mungkin tidak begitu naik. Iya (ada kenaikan tetapi tidak banyak),” kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Alokasi Anggaran THR dan Gaji ke-13 PNS Membengkak | PT Solid Gold Berjangka

 

“Untuk gaji ke-13 termasuk di dalamnya adalah remunerasi dan tunjangan kinerja dari kementerian lembaga. Karena beberapa kementerian lembaga baru saja menerima remunerasi dan tukin baru yang lebih tinggi, maka secara total dana yang diperlukan akan meningkat,” kata Marwanto.

Sementara itu, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani menilai, kenaikan THR dan gaji ke-13 diyakini bisa berimbas terhadap konsumsi rumah tangga. Artinya, pertumbuhan ekonomi juga akan ikut terdongkrak.

Marwanto mengungkapkan, pembengkakan kebutuhan dana untuk THR dan gaji ke-13 disebabkan antara lain adanya kenaikan pangkat sehingga gaji pokoknya ikut mengalami kenaikan. Selain itu, kenaikan alokasi untuk THR dan gaji ke-13 lantaran adanya kenaikan gaji berkala dari pegawai dan kenaikan jumlah pegawai di beberapa kementerian dan lembaga.

Sementara kebutuhan dana untuk tahun 2017 diperkirakan akan diatas anggaran tahun lalu tersebut,” ujar Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto, di Jakarta, Selasa (30/5).

Marwanto menjelaskan bahwa saat ini pemerintah sedang melakukan finalisasi atas Peraturan Pemerintah (PP) sebagai dasar hukum kebijakan penyaluran THR dan gaji ke-13. Sementara untuk tata cara pencairannya, termasuk urutan pencairan antara THR dan gaji ke-13 termasuk nominalnya akan diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) setelah PP diterbitkan.

Alokasi anggaran untuk penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Lebaran tahun ini bakal lebih besar dibanding tahun lalu. Pemerintah mencatat, realiasi pencairan THR dan gaji ke-13 periode 2016 lalu mencapai Rp 17,9 triliun. Rinciannya, Rp 6,5 triliun untuk gaji PNS ke-13, Rp 6,2 triliun untuk gaji pensiunan ke-13, dan Rp 5,2 triliun untuk THR PNS.

 

Solid Gold

About Tia Ratna

24 yrs old Executive Secretary Benetta Ramelet, hailing from Lakefield enjoys watching movies like Death at a Funeral and Netball. Took a trip to Archaeological Site of Cyrene and drives a McLaren M16C.
This entry was posted in PT Solid Gold Berjangka and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s